ANALISIS KINERJA SISTEM ANTRIAN SEKTOR PERBANKAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN PEMBATASAN JUMLAH NASABAH

  • Novi Ariyani Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Lilik Muzdalifah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
Keywords: Sistem Antrian, Model Antrian, Teori Antrian, Pandemi, Covid-19, Nasabah

Abstract

Dilihat dari fenomena yang terjadi saat ini tentang penyakit virus yaitu Covid-19. Dimana  Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona. Karena kondisi saat ini yaitu pandemi Covid-19, beberapa sektor usaha terdampak wabah pandemi virus corona  (Covid-19), salah satunya adalah sektor perbankan. Oleh karena itu, Bank saat ini perlu adanya strategi untuk mencegah terlalu banyak penularan yang saat ini marak terjadi dengan mengubah model sistem antrian yang ada. Pada penelitian ini akan menginovasi penelitian terdahulu, yaitu penelitian dari Sri Indriyanti Suhartina dengan mencoba mengganti model sistem antrian menjadi (M/M/c):(GD/N/∞) yaitu populasi terbatas dengan pelayanan majemuk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini data sekunder. Data ini berupa data jumlah kedatangan nasabah, waktu awal pelayanan nasabah, dan waktu selesai pelayanan nasabah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi literatur dan studi kepustakaan. Dengan teknik analisa data yang dilakukan yaitu melakukan perhitungan steady state, melakukan uji kecocokan distribusi, menentukan model antrian, melakukan perhitungan kinerja sistem, melakukan simulasi model antrian optimal, pengambilan keputusan dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari menghitung steady state yaitu 0,89 < 1, maka keadaan tersebut sudah dikatakan steady state. Diperoleh uji kecocokan distribusinya yaitu kedatangan nasabah berdistribusi Poisson dan pelayanan nasabah berdistribusi Exponential.

References

A. Mahsyar, “Masalah Pelayanan Publik Di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik,” J. Ilmu Pemerintah., vol. I, no. 2, pp. 81–90, 2011.

H. S. Wereh, P. A. Mekel, and O. Nelwan, “Analisis Sistem Antrian Pada Pt. Sinar Pasifik Internusa Manado,” J. EMBA, vol. 2, no. 2, pp. 1371–1380, 2014,

Z. Arifin, “Analisis Penanganan Keluhan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Semen Gresik,” 2013. Skripsi Tidak Diterbitkan. Gresik: Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Gresik.

C. H. Santoso, H. Tannady, and C. Dino, “Analisis Kemacetan di Jalan Tol Lingkar Dalam Kota Jakarta (Gerbang Tol Cililitan),” J. Tek. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 14, pp. 163–174, 2015,

S. I. Suhartina, “Analisis Sistem Antrian dalam Mengoptimalkan Pelayanan (Studi Kasus: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Veteran Selatan),” 2018. Skripsi Tidak Diterbitkan. Makassar: Program Sarjana UIN ALAUDDIN.

A. M. Yusuf, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media, 2016.

A. Z. Arifin, “Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Bang Control Dan Ensamble Kalman Filter,” Technol. Sci. Eng. J., vol. 1, no. 2, 2017.

N. Ariyani and A. Z. Arifin, “PREDIKSI TINGKAT PENGANGGURAN DI KABUPATEN TUBAN TAHUN 2020 MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINEAR SEDERHANA,” MathVisioN, vol. 3, no. 1, pp. 6–13, 2021.

A. Z. Arifin, “Optimasi Pada Misil Menggunakan Bang-Singular-Bang Control,” Zeta-Math J., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2017.

Published
2021-08-28
How to Cite
Ariyani, N., & Muzdalifah, L. (2021). ANALISIS KINERJA SISTEM ANTRIAN SEKTOR PERBANKAN DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN PEMBATASAN JUMLAH NASABAH. Prosiding SNasPPM, 6(1), 621-626. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1025