PELATIHAN PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU DI ERA MILENIAL
Keywords:
sistem pembelajaran, pembelajaran online, daringAbstract
Pelatihan pengembangan sistem pembelajaran online merupakan salah satu bentuk cara untuk meningkatkan pengetahuan guru dalam menggunakan dan mengelolah proses pembelajaran secara online. Hal ini dilakukan dengan harapan semua guru yang mengajar mengetahui cara dan dapat mengelola sistem pembelajaran diera milenial yang segalanya dapat dilakukan secara digital atau jarak jauh. Peningkatan pengetahuan guru dalam penggunaan dan pengolahan sistem pembelajaran secara online merupakan tujuan utama yang hendak dicapai dalam kegiatan ini. Pelatihan ini dirancang dan dilakukan dengan model PTK disertai dengan praktik secara langsung membuat sistem pembelajaran secara online. Hasil yang didapatkan menunjukkan bahwa dengan dilakukan pelatihan ini, guru dapat mengembangkan serta membuat sistem pembelajaran online secara mandiri sesuai dengan mata pelajaran yang diampuhnya. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi bahwa terdapat peningkatan kemampuan sebesar 91,54% setelah dilakukanya pelatihan.
References
Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Gora, W& Sunarto. (2010). Pakematik strategi pembelajaran inovatif berbasis TIK. Jakarta: Kelompok Gramedia, Anggota IKAPI.
Iskandar, A., Sudirman, A., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., Wahyuni, D., Kurniawan, M. A., Mardiana, N., Jamaludin, J., & Simarmata, J. 2020. Aplikasi Pembelajaran Berbasis TIK. Yayasan Kita Menulis.
Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: ANDI.
Karwati, E dan Priansa, D. (2014). Manajemen kelas. Bandung: Alfabeta.
Munadi, Y. (2010). Media pembelajaran; sebuah pendekatan baru. Jakarta: Referensi (Gaung Persada Press Group).
Simanihuruk, L., Simarmata, J., Sudirman, A., Hasibuan, M. S., Safitri, M., Sulaiman, O. K., Ramadhani, R., & Sahir, S. H. 2019. E-Learning: Implementasi, Strategi & Inovasinya. Yayasan Kita Menulis.
Trianto. (2010). Mengembangkan model pembelajaran tematik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
K. Oktafianto et al., “Pengembangan Desain Pembelajaran Basic Mathematic dengan Metode Estafet Kartu,” Abdimas Univers., vol. 1, no. 2, pp. 24–26, 2019.
L. Muzdalifah and A. Z. Arifin, “PELATIHAN MAPLE BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMK KABUPATEN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 1, no. 1, pp. 146–151, 2017.
A. Z. Arifin, “PELATIHAN PEMBUATAN UJIAN BERBASIS COMPUTER BASE TEST (CBT) BAGI GURU SMA/MA DIKABUPATEN TUBAN,” Pros. SNasPPM, vol. 4, no. 1, pp. 281–283, 2019.
Wahono, Romi Satria. (2006). Aspek dan Kriteria Penilaian Media Pembelajaran. Diakses dari http://romisatriawahono.net/2006/06/21/aspek-dan-kriteria-penilaian-media-pembelajaran/ pada 28 Juli 2021, jam 19.00 WIB.
Tiro, A. 2004. Dasar-Dasar Statistik. UNM.