ANALISA KANDUNGAN FORMALIN PADA IKAN LAYANG (Decapterussp) DENGAN METODE TEST KIT

Authors

  • Ifan Afdholi AR Universitas PGRI Ronggolawe
  • Miftachul Munir Universitas PGRI Ronggolawe
  • Yuyun Suprapti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Formalin, Ikan Layang (Decapterussp)

Abstract

Ikan sebagai bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan mengandung asam amino esensial yang diperlukan o0leh tubuh, di samping itu nilai biologisnya mencapai 90%, dengan jaringan pengikat sedikit sehingga mudah dicerna. Maksud dantujuan pelaksanaan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kandungan Formalin pada ikan layang(Decapterussp).Waktu pelaksanaan Penelitian dilaksanakan pada bulan mei 2017 di TPI Brondong Pasar Pambon Kabupaten Lamongan dan Laboratorium Universitas Muhammadiah Malang. Materi utama yang digunakan dalam penelitian tentang Analisa kandungan formalin pada ikan Layang (Decapterussp). Dalam penelitian ini jenis bahan yang digunakan antara lain adalah ikan layang (Decapterussp). Alat yang digunakan antara lain aquades, kertas saring, correz 1, correz 2, cawan petri, botol sample, color cart, regent Fo1/Fo2, tabung gelas sedangkan untuk bahannya adalah Ikan layang (Decapterussp). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode experimental.Pengujian kandungan formalin terhadap ikan layang (Decapterussp) dikecamatan Brondong Kabupaten Lamongan, yang di gunakan penelitian ini meliputi 3 kali perlakuan dengan 3 ulangan menggunakan RAL (Rancangan Acak Lengkap)percobaan kemudian dapat pengetahui selama penelitian yang di lakukan. Hasil tersebut juga dilakukan uji pembanding dengan penambahan formalin pada sampel. Formalin berkonsentrasi rendah (0,037 ppm) dengan sampel ditetesi pereaksi Schiff mengalami perubahan dari warna bening menjadi merah muda. Hal ini menunjukan sampel ikan dari berbagai pasar tradisional (Nelayan A dan Supliyer B dan Bakul ikan di Pasar C) di Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan tidak mengandung formalin A nelayansedangkan B dan C Positif mengandung formalin.

References

Adawyah, rabiatul. 2008. Pengolahan dan Pengawetan Ikan. Edisi Pertama. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Marzuki. 2008. Metodologi Riset. Yogyakarta : Prasetya Widi Pratama.
Surakhmad, Winarno. 2009. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, Teknik. Ban-dung: Transito.
Kusumawasi dan trisharyanti, 2004. Korelasi Kandungan Fenolik Dan Aktivitas Anti-oksidan Daun Jambu Mete. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Barus. T. A. 2007 Pengantar Limnologi studi tentang ekosistem AirDaratan. Medan : Usus Press.

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Ifan Afdholi AR, Miftachul Munir, & Yuyun Suprapti. (2017). ANALISA KANDUNGAN FORMALIN PADA IKAN LAYANG (Decapterussp) DENGAN METODE TEST KIT. Prosiding SNasPPM, 2(1), 193–196. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/106