PENGARUH PERBEDAAN JENIS SURIMI DENGAN METODE PEMBEKUAN CONTACT PLATE FREEZER (CPF) TERHADAP MUTU SURIMI

Authors

  • Maya Febri Jayanti Universitas PGRI Ronggolawe
  • Jumiati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Raka Nur Sukma Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Surimi, Kintokidae, Himeji, Total Volatile Base, Total Plate Count, Mutu

Abstract

Surimi merupakan salah satu jenis produk perikanan yang telah dikenal di dunia dan sangat potensial untuk dikembangkan. Pembuatan surimi dapat menggunakan jenis ikan air tawar maupun ikan air laut. Menilai mutu surimi yaitu berdasarkan sifat sensoris atau organoleptik (kenampakan, bau, warna, tekstur), sifat fisik (uji lipat, uji gigit dan kekuatan gel), dan kimiawinya (kandungan bakteri atau mikroba), juga ikut menentukan sifat mutu surimi. Penelitian dilakukan untuk mengetahui pengaruh perbedaan jenis surimi dengan metode pembekuan Contact Plate Freezer (CPF) terhadap mutu produk surimi, ditinjau dari faktor organoleptik (kenampakan, bau, warna, tekstur) dan kimiawinya (TVB, TPC). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 2 perlakuan masing-masing 10 kali ulangan dengan lama penyimpanan 1 hari dan 30 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara perlakuan jenis surimi kintokidae dan surimi himeji tidak berpengaruh nyata dengan metode Contact Plate Freezer (CPF) terhadap mutu yang ditinjau dari sifat sensori/organoleptik yang meliputi kenampakan, bau, warna, tekstur dan kimiawinya meliputi TPC dan TVB dengan hasil TVB lama penyimpanan surimi hari ke-1 menunjukan thitung (0.824)

References

Adawyah, Rabiatul. 2008. Pengolahan dan Pengawetan Ikan. Edisi Pertama. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Amalia, Z.I.Z. 2002.[Skripsi] Studi pembuatan Kamaboko Ikan Nila Merah (Oreo-chromis sp) dengan Berbagai Pencucian dan Jenis Bahan Pengikat. Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Anonymous, 2010. Pengolahan Surimi. www://sedap-sekejap.com/artikel
/edisi2/files/ tekno.htm. Akses tanggal 1 April 2017.
Djazuli, N., M. Wahyuni, D. Monintja, dan A. Purbayanto. 2009. Modifikasi Teknologi Pengolahan Surimi dalam Pemanfaatan ”By-Catch” Pukat Udang di Laut Arafuru. (Jurnal Teknologi Pengolahan Surimi). XII (1). 17-30.
Junianto. 2003. Teknik Penanganan Ikan. Jakarta: Penebar Swadaya.
Kanoni, S., 2005, Kimia dan Teknologi Pengolahan Ikan, PAU Pangan dan Gizi, Uni-versitas Gadjah Mada.
Murniyati, A.S dan Sunarman. 2000. Pendinginan, Pembekuan dan Pengawetan Ikan. Kanisius. Yogyakarta.
Rachman, R. 2010. Kebijakan Perikanan Budidaya. http://rizarahman. staff.umm.ac.id/files/2010/01/kebijakan-perikananbudidaya.pdf. Diakses pada tanggal 14 Maret 2017.
Soekarto, S.T. 1990. Penilaian Organoleptik untuk Industri Pangan dan Hasil Per-tanian. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.
Standardisasi Nasional Indonesia [SNI] SNI-01-2332.3-2006. Total Plate Count (TPC). Jakarta: Dewan Standardisasi Nasional.
Sugiono. 2009. Metode Penelitian Bisnis. Alfa beta. Bandung.
Wicaksana, F.C, Agustini, W.T, dan Rianingsih, L. 2014. Pengaruh Penambahan Bahan Pengikat Terhadap Karakteristik Fisik Surimi Ikan Patin (Pangasius hy-pophthalmus). Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro. Semarang. III (3).1-8.

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Maya Febri Jayanti, Jumiati, & Raka Nur Sukma. (2017). PENGARUH PERBEDAAN JENIS SURIMI DENGAN METODE PEMBEKUAN CONTACT PLATE FREEZER (CPF) TERHADAP MUTU SURIMI. Prosiding SNasPPM, 2(1), 205–208. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/108