STUDI TENTANG KUALITAS PERAIRAN PANTAI DAN SUMUR BOR TERHADAP KUALITAS PERAIRAN TAMBAK UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei)

Authors

  • Mink Aflah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Marita Ika Joesidawati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Raka Nur Sukma Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kualitas Air, Sedayu Lawas, Air Bor, Air Tambak, Air Laut

Abstract

Kualitas air sangat berpengaruh terhadap biota yang dibudidayakan air tawar mutlak didalam budidaya udang vannamei (Litopenaeus vannamei) sebagai contoh wilayah pantai dengan salinitas 350/00. Pertumbuhan udang vannamei (Litopenaeus vannamei) suplai yang di dekat pantai kepada tinggi rendahnya produktivitas udang vannamei. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui variasi dan kosentrasi paremeter kualitas perairan pantai dan sumur bor terhadap kualitas perairan tambak di sedayu lawas.Metode penelitian menggunakan metode deskripif kuantitatif dengan cara mendiskripsikan hasil pengambilan sampel secara langsung di lapangan. Adapun air sampel yang diambil adalah di tambak, laut, dan sumur bor, sedangkan parameter kualitas air yang dianalisa adalahNO2, NO3, PO4, DO, Salinitas, pH, Suhu, dan Redoks. Lokasi pengambilan sampel di perairan desa Sedayu Lawas, Lamongan, Jawa Timur. Analisa data menggunakan uji statistik independent sample T tes. Hasil penelitian menunjukkan. (1)Kualitas perairan pantai dan sumur bor memiliki variasi yang sama dengan kualitas tambak adalah DO, Salinitas, Suhu, NO2 Dan PO4., sedangkan yang tidak memiliki variasi yang sama dengan kualitas perairan tambak NO3, Redoks Dan PO4. (2) Kualitas perairan pantai dan sumur bor memiliki konsentrasi yang sama dengan kualitas perairan tambak pH, Salinitas, Suhu, NO2, NO3, PO4 dan Redoks, sedangkan yang tidak tidak memiliki konsentrasi yang sama dengan kualitas perairan tambak DO, Sedangkan di sumur pH dan Salinitas

References

Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya. 2012. Budidaya Udang Vaname Semi Intensif. Departemen Kelautan dan Perikanan. Jakarta.
Effendi, H. 2003. Telaah kualitas air bagi pengelola sumberdaya dan lingkungan Perairan . Kanisius 258 hal.
Kordi M.G dan Tanjung A.B. 2007. Pengelolaan Kualitas Air dalam Budidaya Perairan. Jakarta : Rineka Cipta.
Supangat. 2007. Statistika dalam Kajian Deskriftif, Inferensi dan Non parametrik. Edisi Pertama. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Syukur, A. 2002. Kualitas Air dan Struktur Komunitas Fitoplankton di waduk Uwai. Skripsi. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau.

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Mink Aflah, Marita Ika Joesidawati, & Raka Nur Sukma. (2017). STUDI TENTANG KUALITAS PERAIRAN PANTAI DAN SUMUR BOR TERHADAP KUALITAS PERAIRAN TAMBAK UDANG VANNAMEI (Litopenaeus vannamei). Prosiding SNasPPM, 2(1), 215–220. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/110