PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK KOMERSIAL DAN LAMA WAKTU FERMENTASI YANG BERBEDA PADA LIMBAH SURIMI SEBAGAI ALTERNATIF TEPUNG IKAN

Authors

  • Alfiyatur Rohmah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Marita Ika Joesidawati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Perdana Ixbal Spanton Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Probiotik Komersial, Fermentasi, Nutrisi, Itoyori

Abstract

Faktor yang menentukan keberhasilan para pembudidaya ikan adalah penyediaan pakan, namun penyediaan pakan sering menjadi kendala karena biaya yang tinggi. Salah satu alternatif pemecahan masalah adalah dengan cara membuat sendiri pakan ikan dengan bahan baku yang mudah diperoleh, murah, bergizi tinggi berupa tepung ikan sebagai bahan dasar pembuatan pakan ikan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian dosis probiotik komersial dan lama waktu fermentasi yang berbeda pada limbah padat surimi jenis Itoyori, dan untuk mengetahui kandungan nutrisi pada limbah padat surimi jenis Itoyori yang telah mengalami perlakuan penambahan dosis probiotik dan lama waktu fermentasi yang berbeda. Diharapkan hasil penelitian limbah padat surimi jenis Itoyori sebagai pengganti alternatif tepung ikan. Penelitian menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Kelompok (RAK). Perlakuan terdiri atas penambahan probiotik komersial sebanyak 0%, 6%, 9%, dan 12% serta lama waktu fermentasi 3 hari, 7 hari, 14 hari dengan masing-masing perlakuan dilengkapi 3 kali ulangan. Parameter yang diamati adalah kandungan nutrisi dengan kondisi anaerob. Uji BNT dengan selang kepercayaan 95%. Hasil penelitian menunjukkan kenaikan pada kadar protein dari 56,09% menjadi 69,96%, kenaikan lemak dari 4,50% menjadi 5,17%, kenaikan kadar abu dari 9,22% menjadi 10,05%, dan penurunan kadar air dari 11,45% menjadi 9,61% dan hasil dari limbah padat surimi yang sudah difermentasi dapat dijadikan sebagai alternatif tepung ikan dengan hasil terbaik diperoleh pada pemberian dosis 9% dan waktu fermentasi selama 7 hari dengan nilai protein 69,96%, lemak 5,17%, kadar air 9,61%, dan kadar abu 10,04%.

References

Abun. 2006. Efek Pengolahan Secara Kimia dan Biologi Terhadap Kandungan Gizi dan Nilai Energi Metabolis Limbah Ikan Tuna Pada Ayam Broiler. Jurnal Bionatura. 3 (VII) : 282
Abun, D. Rusmana, D. Saefulhadjar. 2004. Pengaruh Cara Pengolahan Limbah Ikan Tuna (Thunus atlanticus) Terhadap Kandungan Gizi dan Nilai Energi Metabo-lisme Pada Ayam Pedaging. Laporan Penelitian. Universitas Padjadjaran. Ban-dung.
Agustono, H. Setyono., M. Lamid., T. Nurhayati., A. Al Arief., W. P. Lokapinasari. 2011. Petunjuk Praktikum Nutrisi Ikan. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Uni-versitas Airlangga. Surabaya.
Akhirany, N. 2011. Silase ikan untuk pakan ternak. UPTD-PSP3 Dinas Peternakan Provinsi SulawesiSelatan, Makassar.
Atanpaim. 2010. Fishmeal Montly Price. http://www.indexmundi.com, diakses 15 Juni 2017.
Ferdiaz, S. 1992. Mikrobiologi Pangan I. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Marera, M. 2014. Pemanfaatan Limbah Padat Surimi Beku Ikan Swanggi (Priacanthus Macracanthus) Secara Biologi Terhadap Kandungan Nutrisi Sebagai Alternatif Bahan Pakan Ikan. Skripsi. Fakultas Perikanan Dan Kelautan. Universitas Air-langga Surabaya. Surabaya.
Muis. A., C. Khairani., Sukarjo, dan Y. P. Rahardjo. 2008. Petunjuk Tehnik Teknologi Pendukung Pengembangan Agribisnis di Desa PAMI. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian. Sulawesi Ten-gah.
Kurniawati, F. 2012. Peningkatan Kecernaan Kulit Ubi Kayu Manihot Utilissima Setelah Perendaman NaOH, Fermentasi Kapang, dan Fermentasi Bakteri se-bagai Bahan Baku Pakan Ikan Nila Oreochromis Niloticus. Skripsi. Budidaya Perairan. Fakultas Perikanan. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Rachmasari, N. 2011. Pengaruh Fermentasi Dengan Kapang Aspergillus niger dan Bak-teri Bacillus cereus Terhadap Kandungan Protein Kasar dan Serat Kasar Pada Limbah Nangka Sebagai Alternatif Bahan Pakan Ikan. (skripsi). Universitas Air-langga.

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Alfiyatur Rohmah, Marita Ika Joesidawati, & Perdana Ixbal Spanton. (2017). PENGARUH PEMBERIAN PROBIOTIK KOMERSIAL DAN LAMA WAKTU FERMENTASI YANG BERBEDA PADA LIMBAH SURIMI SEBAGAI ALTERNATIF TEPUNG IKAN. Prosiding SNasPPM, 2(1), 225–230. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/112