PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH BAGI MAHASISWA CALON GURU BIOLOGI MELALUI PEMANFAATAN POTENSI LOKAL KABUPATEN TUBAN
Keywords:
pendampingan, artikel ilmiah, potensi lokal, calon guru, MikrobiologisAbstract
Di era pengetahuan seperti sekarang ini, mahasiswa calon guru biologi tidak cukup dibekali pengetahuan biologi dan keterampilan mengajar. Mahasiswa perlu dibekali dengan keterampilan menulis artikel ilmiah. Menulis artikel ilmiah penting bagi mahasiswa, agar mereka terbiasa mencari, menemukan, dan menggunakan informasi-informasi terkait keilmuan biologi yang melimpah dan mudah diakses melalui internet. Di sisi lain Potensi lokal Kabupaten Tuban yang beranekaragam dapat dijadikan sebagai objek penelitian sebagai bahan dalam menulis artikel ilmiah. Mengingat pentingnya keterampilan menulis artikel ilmiah maka perlu dilakukan pendampingan terhadap mahasiswa Pendidikan Biologi semester akhir. Adapun tujuan dari kegiatan pengadian ini adalah untuk melakukan pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi mahasiswa calon guru melalui pemanfaatan potensi lokal Kabupataen Tuban. Metode yang digunakan dalam pendampingan ini meliputi: 1) ceramah, untuk memberikan pengetahuan tentang cara menulis artikel ilmiah; 2) praktek, untuk memberikan pengalaman langsung dan melatih keterampilan menulis artikel ilmiah; 3) menyebarkan angket, untuk mengetahui respon peserta terhadap kegiatan pendampingan penulisan artikel ilmiah. Hasil yang diperoleh dari kegiatan pendampingan ini meliputi:1) meningkatnya pemahaman mahasiswa calon guru biologi dalam menulis artikel ilmiah; 2) meningkatnya keterampilan mahasiswa calon guru biologi dalam menulis artikel ilmiah; 3) meningkatnya keterampilan mahasiswa menggunakan teknologi digital dalam pencarian informasi berbasis internet; 4) meningkatkannya pengetahuan mahasiswa tentang e-resources untuk mendapatkan informasi yang diperlukan; dan dihasilkannya artikel ilmiah untuk disubmit pada jurnal nasional terakreditasi.
References
I. Imaniah, “A Critical Review Of English Essay Writing In Studies Of Critical Thinking, Reading Habits, And Sentence Structure Mastery,” Indones. EFL J., vol. 8, no. 1, pp. 53–62, 2022.
S. Pujiono, “Academic Writing Using Critical Thinking Approach of Student PBSI FBS Universitas Negeri Yogyakarta,” AKSIS J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 4, no. 2, pp. 421–431, 2020.
E. van Laar, A. J. A. M. van Deursen, J. A. G. M. van Dijk, and J. de Haan, “The relation between 21st-century skills and digital skills: A systematic literature review,” Comput. Human Behav., vol. 72, pp. 577–588, 2017, doi: 10.1016/j.chb.2017.03.010.
J. Voogt, O. Erstad, C. Dede, and P. Mishra, “Challenges to learning and schooling in the digital networked world of the 21st century,” J. Comput. Assist. Learn., vol. 29, no. 5, pp. 403–413, 2013, doi: 10.1111/jcal.12029.
R. E. H. Wertz et al., “Work in progress: Critical thinking and information literacy: Assessing student performance,” in 2013 ASEE Annual Conference & Exposition, 2013, pp. 23–1377.
M. Tahira and G. Haider, “The Role Of Critical Thinking In Academic Writing: An Investigation Of EFL Students’ Perceptions And Writing Experiences,” Int. Online J. Prim. Educ., vol. 8, no. 1, pp. 1–30, 2019.
A. A. Al Mubarak, “An investigation of academic writing problems level faced by undergraduate students at Al Imam Al Mahdi University-Sudan,” English Rev. J. English Educ., vol. 5, no. 2, pp. 175–188, 2017.
Y. Lin, “Critical Thinking and Writing,” in Developing Critical Thinking in EFL Classes, Springer, 2018, pp. 19–23.
S. Pramonojati, D. N. Carella, W. D. Fitriyah, and I. Y. K. Sari, “Students’ critical thinking in writing background of research,” in International Conference on English Language Teaching (ICONELT 2019), 2020, pp. 304–308.
N. S. Stephenson and N. P. Sadler-McKnight, “Developing critical thinking skills using the science writing heuristic in the chemistry laboratory,” Chem. Educ. Res. Pract., vol. 17, no. 1, pp. 72–79, 2016.
N. H. Rahmat, “Thinking about thinking in writing,” Eur. J. Lit. Lang. Linguist. Stud., vol. 3, no. 4, 2020.
S. A. Meo, “Anatomy and physiology of a scientific paper,” Saudi J. Biol. Sci., vol. 25, no. 7, pp. 1278–1283, 2018, doi: 10.1016/j.sjbs.2018.01.004.
M. J. Grant, “What makes a good title?,” Health Information & Libraries Journal, vol. 30, no. 4. Wiley Online Library, pp. 259–260, 2013.
D. Goodman et al., “Explanation and elaboration of the SQUIRE (Standards for Quality Improvement Reporting Excellence) Guidelines, V. 2.0: examples of SQUIRE elements in the healthcare improvement literature,” BMJ Qual. Saf., vol. 25, no. 12, pp. e7–e7, 2016.
S. F. Gambescia, “A brief on writing a successful abstract,” Educ. Heal., vol. 26, no. 2, p. 122, 2013.
J. W. L. Cals and D. Kotz, “Effective writing and publishing scientific papers, part III: introduction,” J. Clin. Epidemiol., vol. 66, no. 7, p. 702, 2013.
J. C. Wang, J. R. Chapman, and K. Wiechert, “‘How to Write a Scientific Paper’: TiWang, Jeffrey C., Jens R. Chapman, and Karsten Wiechert. 2017. ‘“How to Write a Scientific Paper”: Tips and Highlights from the Global Spine Congress Members-Only Session.’ Global Spine Journal 7(5):393.ps and Highligh,” Global Spine Journal, vol. 7, no. 5. SAGE Publications Sage CA: Los Angeles, CA, p. 393, 2017.
F. Ecarnot, M.-F. Seronde, R. Chopard, F. Schiele, and N. Meneveau, “Writing a scientific article: A step-by-step guide for beginners.,” Eur. Geriatr. Med., vol. 6, no. 6, pp. 573–579, 2015.
M. Destiara, “Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Potensi Lokal pada Materi Pisces Terhadap Hasil Belajar,” Bioeduca J. Biol. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 73–78, 2020.
H. Fitriyani, Y. H. Adisendjaja, and B. Supriatno, “Local potential of mangrove Pangkal Babu Kuala Tungkal Jambi Province as a source of learning biology,” in Journal of Physics: Conference Series, 2021, vol. 1806, no. 1, p. 12152.
S. Sengupta, D. Shukla, P. Ramulu, S. Natarajan, and J. Biswas, “Publish or perish: The art of scientific writing,” Indian J. Ophthalmol., vol. 62, no. 11, p. 1089, 2014.
S. B. Bavdekar and S. Save, “Choosing the right journal for a scientific paper,” J. Assoc. Physicians India, vol. 63, no. 6, pp. 56–58, 2015.
D. J. Ortinau, “Writing and publishing important scientific articles: A reviewer’s perspective,” J. Bus. Res., vol. 64, no. 2, pp. 150–156, 2011.
V. Joseph and N. Khan, “Digital Literacy Tools to Enhance English Reading and Writing Skills: A Detailed Literature,” 2020.
S. N. Apriyanti and R. Rahman, “Gadget-Based Digital Literacy in Learning Writing Skills for Elementary School Students,” in International Conference on Elementary Education, 2021, vol. 3, no. 1, pp. 186–193.
S. Meekings, “Utilizing Digital Literacy in the Creative Writing Classroom,” J. Creat. Writ. Stud., vol. 6, no. 1, p. 11, 2021.