PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PRAKTIKUM IPA SMP POKOK BAHASAN MACAM-MACAM PENCEMARAN LINGKUNGAN
Keywords:
Pengembangan; Bahan Ajar; Praktikum; Hasil BelajarAbstract
Bahan ajar merupakan salah satu komponen dalam sistem pembelajaran yang memegang peranan penting.Berdasarkan hasil observasi, bahan ajar yang selama ini digunakan pada materi macam-macam pencemaran lingkungan adalah berupa LKS. Ditinjau dari segi isi, materi yang terkandung dalam bahan ajar yang ada kurang lengkap karena dalam bahan ajar tersebut hanya dijelaskan secara teoritis dan contoh konkrit secara umum sehingga materi dalam bahan ajar yang ada kurang menarik untuk dipelajari, meskipun terdapat rangkuman dan latihan soal dalam bahan ajar yang ada hal ini juga belum memenuhi tuntutan dalam kurikulum 2013. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diperlukan suatu bahan ajar yang dapat memenuhi tuntutan dalam kurikulum 2013 salah satunya yaitu bahan ajar berbasis praktikum.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis praktikum pokok bahasan macam-macam pencemaran lingkungan untuk siswa SMP.Model pengembangan yang dipakai adalah Model ADDIE(Analisis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukan bahan ajar valid dan efektif digunakan dengan skor rata-rata ahli materi 33,67, skor ahli media dari aspek penyajian 47, aspek bahasa 44, aspek kepraktisan 20 dan skor ahli desain 43. Setelah dilakukan validasi oleh berbagai ahli kemudian dilakukan perbaikan tampilan dan isi bahan ajar sesuai dengan komentar dan saran ahli. Setelah dilakukan perbaikan bahan ajar diuji cobakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dari hasil perhitungan rumus N gain diperoleh N gain klasikal 0,60 (sedang). Hasil aktivitas siwa mengalami peningkatan pada kegiatan ke dua dengan rata-rata presentase 35% siswa tergolong sangat aktif, 45%, sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis praktikum pokok bahasan macam-macam pencemaran lingkungan valid dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
References
Amri Sofan dan Khoirul Ahmadi Iif. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta : PT. Prestasi pustakarya
Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Bryce, T.G.K., J. McCall, J. Mac Gregor, I. J. Robertson, & R. A. J. Weston. 2017. Techniques for Assesing Process Skills in Practical Science : Teacher’s Giude. Oxford : Heinemann Educational Books.
Depdiknas. 2007. Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu SMP/Mts. Jakarta : Pusat Kurikulum Balitbang
Hake, R.R. 2020. Analyzing chage/gain Scores. Woodland Hills: Dept of Physics, Indiana Universiy.
Muriati, St. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Biologi Sel Pada Program Studi Pendidikan Biologi UIN ALAUDDIN Makasar. Jurnal Florea Vol.1 No.2
Muslikha, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran AIR Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi pendidikan sejarah. UNNES.
Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : Diva Press
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta : Diva Press
Salirawati, D. 2011. Materi Pelatihan Kepala Laboratorium Kimia bagi Guru-Guru Kimia Kabupaten Kulon Progo. Disampaikan di Laboratorium FMIPA UNY Yogyakarta, 1 Oktober 2011
Sardiman, A.M. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Rajagrafindo Persada
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta
Suryabrata, S. 2013. Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Jakarta : Dirjen Dikti Depdikbud
Utami, N.P. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Auditory Intellectually (AIR) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII F pada Mata Pelajaran TIK Di SMP Negeri 2 Singaraja. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha