MODEL PENGEMASAN DAN PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL IKAN ASAP DI DESA SIMOREJO KECAMATAN WIDANG KABUPATEN TUBAN

Authors

  • suwarsih suwarsih Universitas PGRI Ronggolawe
  • Miftachul Munir Universitas PGRI Ronggolawe
  • Marita Ika Joesidawati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Nuruddin Zanky Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pengemasan, Pemasaran Online, Ikan Asap

Abstract

Tujuan kegiatan ini yaitu agar dapat memberikan penyuluhan dan pendampingan tentang bagaimana cara meningkatkan nilai jual ikan asap dan memberikan pendampingan pemasaran online dan model pengemasan yang aman, praktis dan higiens pada usaha ikan asap sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Tuban. Sedangkan Waktunya dimulai bulan Maret sampai Agustus 2022 bertempat di Desa Simorejo Kecamatan widang kabupaten Tuban. Metodologinya menggunakan : model  pengemasan dan pemasaran online untuk meningkatan nilai jual ikan asap yang dimulai dari tahapan awal yaitu : menganalisis situasi kelompok mitra dan pencarian informasi  memberikan penyuluhan. Kegiatan ini dilakukan  dengan cara pemberian kuesioner bagi anggota Poklahsar Mina Agro. Hasil yang telah dilakukan pada program kegiatan ini adalah : Bersama Kelompok Pedagang Ikan Asap (POKLAHSAR) Mina Agro tentang  pembuatan desain kemasan, pendampingan pemasaran online pada mitra usaha ikan asap. Pendampingan tentang bagaimana pemasaran online  untuk meningkatkan nilai jual pada usaha ikan asap. Kegiatan ini memberikan manfaat bagi mitra dengan hasil 100% kemudian 90% mitra akan berusaha mencoba  dalam  peningkatan manajemen usaha dengan pembuatan ikan asap yang sehat dan higiens serta produk ikan asap yang dihasilkan akan dipasarkan secara online. Saran dari kegiatan ini : Agar masyarakat mengerti manfaat pengemasan ikan asap  yang aman, praktis dan higiens dan pemasaran online pada usaha ikan asap serta dapat meningkatkan nilai jual ikan asap sehingga dapat meningkatkan perekonomiannya.

References

T. Anggraini, “Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran Online dan Offline Pada Toko Alea Pasar Tradisional Modern (PTM) Kota Bengkulu Ditinjau Dari Ekonomi Islam.” IAIN Bengkulu, 2017.

K. Nisa, A. Laili, S. Qolbiyatul, dan M. Suyanto, “Strategi pemasaran online dan offline,” J. abdikarya J. karya Pengabdi. dosen dan Mhs., vol. 1, no. 1, 2018.

N. Annisa, “Strategi Komunikasi Pemasaran Online (Studi Kasus pada Pemasaran Online di ‘REALInc Store’).” Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2014.

D. Kurniawati dan N. Arifin, “Strategi pemasaran melalui media sosial dan minat beli mahasiswa,” J. SIMBOLIKA Res. Learn. Commun. Study, vol. 1, no. 2, 2015.

I. Syafira, “Pemanfaatan media sosial sebagai media pemasaran online pada Busana Muslim Siva di Sidoaarjo.” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2020.

M. Suyanto, Marketing strategy top brand Indonesia. Penerbit Andi, 2007.

D. Puntoadi, Menciptakan Penjualan via Social Media. Elex Media Komputindo, 2011.

R. A. A. Asse, “Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar),” KAREBA J. Ilmu Komun., hal. 219–231, 2018.

N. Rizky dan S. D. Setiawati, “Penggunaan media sosial Instagram Haloa Cafe sebagai komunikasi pemasaran online,” J. Ilmu Komun., vol. 10, no. 2, hal. 177–190, 2020.

O. J. Imanuel, “Analisis keputusan pembelian konsumen melalui media online (E-marketing),” J. Ekon. Univ. Esa Unggul, vol. 4, no. 2, hal. 17909, 2013.

G. S. Lakutomo, “Analisis Pemasaran Terhadap Bisnis Online (E-Commerce) Dalam Jaringan Sosial Internet.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2014.

N. A. Putri, “Desain Strategi Pemasaran Online Pada Fullus Fashion Melalui Evaluasi Benchmarking,” PERFORMA J. Manajeman dan Start-up Bisnis, vol. 1, no. 1, hal. 1–10, 2016.

T. Aprilya, “Strategi Komunikasi Pemasaran Nadyasfashop Melalui Instagram Dalam Meningkatkan Kepercayaan Customer Di Samarinda,” EJournal Ilmu Komun., vol. 5, no. 1, hal. 13–23, 2017.

D. Arista dan S. R. T. Astuti, “Analisis pengaruh iklan, kepercayaan merek, dan citra merek terhadap minat beli konsumen,” J. Ilm. Aset, vol. 13, no. 1, hal. 37–45, 2011.

F. Yusuf, “Optimalisasi program branding dan aktivasi merek di era digital,” J. Komun., vol. 7, no. 1, 2016.

H. D. Fadly dan S. Sutama, “Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19,” J. Ecoment Glob. Kaji. Bisnis dan Manaj., vol. 5, no. 2, hal. 213–222, 2020.

S. D. Anggraini and A. Z. Arifin, “MUTU ORGANOLEPTIK IKAN ASAP HASIL PENGASAPAN DENGAN ALAT ASAP EFHILINK MENGGUNAKAN SUMBER BAHAN BAKAR BERBEDA,” Prosiding SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 614–620, 2021.

M. I. Joesidawati and S. Suwarsih, “Measurement of Indonesian Marine Health Index to Assess The Health of The Coastal Ecosystem of Tuban, East Java,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2022, vol. 1036, no. 1, p. 12046.

M. I. Joesidawati and A. A. Prasetia, “Komunitas Moluska Di Area Reboisasi Mangrove Tudung Musuh Tasikmadu Palang, Tuban,” Pena Akuatika J. Ilm. Perikan. dan Kelaut., vol. 21, no. 1, pp. 29–42, 2022.

M. I. Joesidawati and A. W. Nurrudin, “Optimization Model of Mariculture in Tuban District,” in 2nd International Conference on Business and Management of Technology (ICONBMT 2020), 2021, pp. 335–341.

M. I. Joesidawati and Suwarsih, “Causes of Coastal Erosion and Environmental Damage on the Sowan Beach of Tuban District,” Int. J. Appl. Eng. Res., vol. 14, no. 12, pp. 2950–2957, 2019, [Online]. Available: https://www.ripublication.com/ijaer19/ijaerv14n12_22.pdf.

M. I. Joesidawati, Suntoyo, Wahyudi, and K. Sambodho, “Sea Level Rise-Impacted Tuban Coastal Vulnerability Model,” Int. J. Ocean. Oceanogr. , vol. 13, no. 1, pp. 129–146, 2019, [Online]. Available: https://www.ripublication.com/ijoo19/ijoov13n1_11.pdf.

M. I. Joesidawati, “DAMPAK DAN ESTIMASI KERUGIAN AKIBAT KENAIKAN MUKA LAUT DI KAWASAN PESISIR KABUPATEN TUBAN JAWA TIMUR,” J. Harpodon Borneo, vol. 6, no. 2, 2013.

M. I. Joesidawati, “Indication Of Sea Water Intrusion As One Of The Impact Of Sea Level Rise (Case Study Of Tuban Regency),” Aquasains, vol. 6, no. 1, pp. 563–572, 2017.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

suwarsih, suwarsih, Munir, M., Joesidawati, M. I., & Zanky, N. (2022). MODEL PENGEMASAN DAN PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN NILAI JUAL IKAN ASAP DI DESA SIMOREJO KECAMATAN WIDANG KABUPATEN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 67–73. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1188