PENERAPAN TEKNIK JARIMATIKA BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN PULOGEDE I

Authors

  • Nurul Noviatin Universitas PGRI Ronggolawe
  • Sri Cacik Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

TEKNIK JARIMATIKA, Hasil belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perkalian melalui penerapan teknik jarimatika berbantuan video animasi pada siswa kelas III SD Negeri Pulogede I. Subjek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas III SD Negeri Pulogede I semester II tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 9 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing- masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data penelitian yaitu tes, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, dan lembar respon siswa. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan indikator keberhasilan ketuntasan klasikal sebesar 80%. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) dalam penerapan teknik jarimatika terdapat peningkatan aktivitas guru dan juga siswa disetiap siklusnya, ini bisa dibuktikan untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai persentase 81,25% (baik), sedangkan pada siklus II aktivitas guru mencapai persentase 90,62% (sangat baik). Aktivitas siswa pada siklus I mencapai persentase 72,50% (baik), sedangkan pada siklus II mencapai persentase 90% (sangat baik); 2) terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Terbukti dengan nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 77,56 dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 97,78 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 66,67% pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II sehingga pada siklus II dinyatakan berhasil karena sudah mencapai indikator keberhasilan.

References

W. Wuryandani, B. Maftuh, . S., and D. Budimansyah, “Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar,” J. Cakrawala Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 286–295, 2014, doi: 10.21831/cp.v2i2.2168.

F. Fadli, S. Safruddin, A. S. Ahmad, S. Sumbara, and R. Baharuddin, “Faktor yang Mempengaruhi Kecemasan pada Tenaga Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Covid-19,” J. Pendidik. Keperawatan Indones., vol. 6, no. 1, pp. 57–65, 2020, doi: 10.17509/jpki.v6i1.24546.

S. Hidayatullah, U. Khouroh, I. Windhyastiti, R. G. Patalo, and A. Waris, “Implementasi Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone And McLean Terhadap Sistem Pembelajaran Berbasis Aplikasi Zoom Di Saat Pandemi Covid-19,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 44–52, 2020, doi: 10.26905/jtmi.v6i1.4165.

U. Maria, A. Rusilowati, and W. Hardyanto, “Interactive Multimedia Development in The Learning Process of Indonesian Culture Introduction Theme for 5-6 Year Old Children,” J. Prim. Educ., vol. 8, no. 3, pp. 344–353, 2019.

J. Ormrod, “Psi_Pendidikan_Membantu_SIswa.pdf.” 2008.

J. Kurikulum, D. A. N. Teknologi, F. I. Pendidikan, and U. N. Semarang, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion,” EKUIVALEN - Pendidik. Mat., p. 63, 2016.

A. Johari, S. Hasan, and M. Rakhman, “Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 1, no. 1, p. 8, 2016, doi: 10.17509/jmee.v1i1.3731.

dkk Prasetyono, Dwi Sunar, Pintar Jarimatika, Diva press. Yogyakarta, 2009.

Arikunto, . Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

R. Rahmatullah, I. Inanna, and M. Hasan, “Penelitian Tindakan Kelas,” Cv. Tahta Media Gr., no. 229, p. 124, 2022.

I. Suryani, H. Bakiyah, and M. Isnaeni, “Strategi Public Relations PT Honda Megatama Kapuk Dalam Customer Relations,” Ejournal.Bsi.Ac.Id, vol. 9, no. 9, pp. 1–9, 2018.

H. Hasanah, “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial),” At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, p. 21, 2017, doi: 10.21580/at.v8i1.1163.

H. Putri, D. Susiani, N. S. Wandani, and F. A. Putri, “Instrumen Penilaian Hasil Pembelajaran Kognitif pada Tes Uraian dan Tes Objektif,” vol. 4, no. 2, pp. 139–148, 2022.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Noviatin, N., & Cacik, S. (2022). PENERAPAN TEKNIK JARIMATIKA BERBANTUAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN PULOGEDE I. Prosiding SNasPPM, 7(1), 86–90. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1193