ANALISIS UJI VALIDITAS MEDIA PADA PENGEMBANGAN MEDIA METBOOK UNTUK PEMBELAJARAN GEOMETRI ANAK USIA 3-4 TAHUN

Authors

  • Hanum Istichomi Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Sandra Aristia Ekayati UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN

Keywords:

geometri, anak usia dini, media pembelajaran, metbook

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil uji validitas media Metbook (Geometry Magnetic Book) sebagai alat penunjang media pembelajaran. Penelitian dan pengembangan media Metbook memakai model pengembangan Borg and Gall sebagai acuan langkah untuk mengembangkan media Metbook. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini salah satunya adalah angket yang bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan produk sebelum diuji cobakan terhadap anak. Hasil uji validasi ahli media memiliki jumlah skor rata-rata 4,3 dan nilai kelayakan 92,3%. Dari hasil validasi tersebut maka kelayakan dan kevalidan media Metbook tergolong dalam klasifikasi sangat layak dan sangat valid serta bisa digunakan menjadi media penunjang pembelajaran geometri pada anak usia 3-4 tahun.

References

P. Predikasari and I. S. A. Ekayati, “DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN TEKSTUR ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 667–670, 2021.

R. D. Permata, “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2020.

I. A. S. Ekayati and N. L. Rokhmah, “PENGEMBANGAN MEDIA BAJU ARITMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN ARITMATIKA PADA ANAK USIA DINI,” GCEJ (Golden Child. Educ. Journal), vol. 2, no. 1, pp. 14–19, 2021.

I. F. A. A. S. EKAYATI and D. FITRIANI, “MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS DALAM ANALISIS BERAGAM RASA MELALUI MEDIA BAHAN ALAM.”

D. Fitriani and I. A. S. Ekayati, “DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENGENALAN MACAM-MACAM PROFESI ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 499–502, 2021.

D. I. Efendi and I. A. S. Ekayati, “Rekognisi Miskonsepsi Anak Usia Dini Pada Konsep Gizi Untuk Tumbuh Kembang Anak.”

R. Nugrahani and R. D. Permata, “VALIDASI MEDIA BUKU LIFT THE FLAP UNTUK PEMBELAJARAN MENGENAL ANGKA PADA ANAK USIA DINI,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 691–696, 2021.

E. D. Afriyanti and R. D. Permata, “PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN ABJAD UNTUK MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 680–685, 2021.

R. A. Pagamanda, “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI PERMAINAN DAKON GEOMETRI,” MAp (Mathematics Appl. J., vol. 4, no. 1, pp. 26–32, 2022.

N. Istiqomah, “UJI KELAYAKAN AHLI MATERI PADA PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK DIKONSEP GEOMETRI ANAK USIA DINI,” Thufuli J. Ilm. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 19–28, 2020.

A. K. Sulyandari, “Pengembangan Pembelajaran Mengenal Bilangan Melalui Tangga Manik-manik Montessori di Kelas A TK Anggrek Karangploso Malang,” Al-Hikmah Indones. J. Early Child. Islam. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 113–126, 2019.

M. N. Hapsari, B. S. Ilhami, and Y. Agustina, “Dekak-Dekak Geometri, Media Pembelajaran Untuk Mengenalkan Bentuk Geometri Pada Anak Kelompok A,” J. Golden Age, vol. 3, no. 01, pp. 30–36, 2019.

P. Anggraini and M. A. Ningrum, “Pengembangan media roda putar untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun,” PAUD Teratai, vol. 7, no. 3, pp. 1–6, 2018.

L. Zurlita, S. N. Fauzia, S. M. Rizka, and R. Nessa, “PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA DINI,” J. Ilm. Mhs. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 2, 2022.

H. Baharun, “Pengembangan media pembelajaran pai berbasis lingkungan melalui model assure,” Cendekia J. Kependidikan Dan Kemasyarakatan, vol. 14, no. 2, pp. 231–246, 2016.

A. A. R. Asmawi, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH ENTREPRISE RESOURSE PLANING BERBASIS LECTORA INSPIRE DI JURUSAN JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.” Universitas Negeri Makassar, 2020.

Additional Files

Published

2022-11-03

How to Cite

Istichomi, H., & Aristia Ekayati, I. S. (2022). ANALISIS UJI VALIDITAS MEDIA PADA PENGEMBANGAN MEDIA METBOOK UNTUK PEMBELAJARAN GEOMETRI ANAK USIA 3-4 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 1017–1021. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1195