PENGARUH MEDIA PERMAIAN POHON ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Erna Lathifatul Usro Universitas PGRI Ronggolawe
  • Allan Firman jaya Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media, Pohon Angka, Berhitung Permulaan

Abstract

Permasalahan yang terdapat pada penelitian ini merupakan kurangnya media pembelajaran yang interaktif saat pembelajaran karena terlihat pada saat observasi yang dilalukan terdapat anak yang masih kurang dalam berhitung, anak bingung mencocokkan lambang bilangan dengan angka, anak masih ragu untuk membilang sesuai dengan urutan angka 1-20 dengan benar, keterbatasan media pembelajaran yang mudah membuat anak merasa bosan dalam berhitung permulaan sehingga pasrtisipasi anak masih tergolong sangat rendah. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk (1). Merancang media pembelajaran pohon angka untuk meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak TK kelompok B, (2). Memahami tingkat kelayakan pada pengguna media pembelajaran pohon angka dari ahli media pembelajaran dan ahli materi, serta mendapat respon pengguna produk yaitu guru kelompok B. Pada penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media pembelajaran sebagai validator. Subyek pada penelitian ini adalah guru kelompok B.. Hasil yang sudah diujicobakan terhadap ahli materi mendapatkan persentase skor 82,50% yang termasuk dalam kategori sangat baik dengan keterangan sangat layak. Hasil yang didapatkan pada ahli media pembelajaran mendapatkan persentase skor 90,00% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil respon pengguna produk yaitu dari 6 orang guru kelompok B dengan persentase skor 88,50%  dengan keterangan sangat baik. Jadi penggunaan media pembelajaran pohon angka berdampak terhadap kemampuan berhitung permulaan anak, penelitian ini dapat menambah wawasan guru mengenai media pembelajaran pohon angka yang dapat digunakan disekolah.

References

R. lMarta, l“Penanganan lKognitif lDown lSyndrome lmelalui lMetode lPuzzle lpada lAnak lUsia lDini,” lJ. lObs. l lJ. lPendidik. lAnak lUsia lDini, lvol. l1, lno. l1, lpp. l32–41, lJun. l2017, ldoi: l10.31004/OBSESI.V1I1.29.

T. lAriyanti, l“Pentingnya Lpendidikan Lanak Lusia Ldini Lbagi Ltumbuh Lkembang Lanak Lthe Limportance Lof Lchildhood Leducation Lfor Lchild Ldevelopment,” lDin. lJ. lIlm. lPendidik. lDasar, lvol. l8, lno. l1, l2016, ldoi: l10.30595/DINAMIKA.V8I1.943.

H. lBasri, l“Kemampuan lKognitif lDalam lMeningkatkan lEfektivitas lPembelajaran lIlmu lSosial lBagi lSiswa lSekolah lDasar,” lJ. lPenelit. lPendidik., lvol. l18, lno. l1, lpp. l1–9, l2018, ldoi: l10.17509/jpp.v18i1.11054.

L. lRozalina, l“Pengembangan Laspek Lkognitif Lanak Lusia Ldini Ldengan Lmenggunakan Lpermainan Loutdoor Ldi Lpaud Lharapan Lananda Lkota Lbengkulu,” lskripsi, lJan. l2019.

K. lSudarsana, l“Membentuk Lkarakter Lanak Lsebagai Lgenerasi Lpenerus Lbangsa Lmelalui Lpendidikan Lanak Lusia Ldini,” lPurwadita l lJ. lAgama ldan lBudaya, lvol. l1, lno. l1, lFeb. l2018, ldoi: l10.55115/PURWADITA.V1I1.8.

S. lDarnis, l“Aplikasi Lmontessori Ldalam Lpembelajaran Lmembaca, Lmenulis Ldan Lberhitung Ltingkat Lpermulaan Lbagi Lanak Lusia Ldini,” lJ. lCaksana l lPendidik. lAnak lUsia lDini, lvol. l1, lno. l01, lSep. l2018, ldoi: l10.31326/JCPAUD.V1I01.3.

S. lEli, l“Pengaruh Lbermain Lkereta Langka Lterhadap Lkemampuan Lberhitung Lpada Lanak Ldi Ltk Lbabatan Lseluma,” lskripsi, lFeb. l2020.

D. lSuryana, lPendidikan lAnak lUsia lDini lStimulasi l& lAspek lPerkembangan lAnak. lJakarta: lPrenadamedia lGroup, l2018.

A. lSusanto, lPerkembangan lAnak lUsia ldini. lJakarta: lKencana, l2011.

K. lA. lFebiola, l“Peningkatan lKemampuan lBerhitung lPermulaan lAnak lUsia lDini lMelalui lPengembangan lMedia lPembelajaran lPohon lAngka,” lJ. lIlm. lPendidik. lProfesi lGuru, lvol. l3, lno. l2, lpp. l238–248, lOct. l2020, ldoi: l10.23887/JIPPG.V3I2.28263.

E. lSafitri, l“Upaya lMeningkatkan lKemampuan lBerhitung lMelalui lPermainan lCongklak lDi lTaman lKanak-Kanak lNurul lIman lBandar lLampung.,” lJ. lPAUD lUniv. lLampung., lvol. l6, lno. l6, l2016.

M. lSholihah, lM. lAfifulloh, land lY. lF. lLismanda, l“Penerapan lMetode lBermain lFlashcard lUntuk lMeningkatkan lKemampuan lBerhitung lAnak lKelompok lB ldi lRA lAl lAmin lPakis lMalang,” lJ. lIlm. lPendidik. lIslam lAnak lUsia lDini, lvol. l1, lno. l2, l2019.

D. lU. lAmaris, lR. lRakimahwati, land lS. lMarlina, l“Pengaruh lMedia lBusy lBook lTerhadap lKemampuan lBerhitung lAnak lUsia lDini lDi lTaman lKanak-Kanak lFadhilah lAmal l3 lPadang,” lJ. lUsia lDini, lvol. l4, lno. l2, lpp. l8–17, lDec. l2018, ldoi: l10.24114/JUD.V4I2.12099.

A. lLiyana land lM. lKurniawan, l“Speaking lPyramid lsebagai lMedia lPembelajaran lKosa lKata lBahasa lInggris lAnak lUsia l5-6 lTahun,” lJ. lObs. l lJ. lPendidik. lAnak lUsia lDini, lvol. l3, lno. l1, lpp. l225–232, lApr. l2019, ldoi: l10.31004/OBSESI.V3I1.178.

N. lOktriyani, l“Peningkatan Lkemampuan Lberhitung Lanak Lusia Ldini Lmelalui Lpermainan Llingkaran Langka Ldi Ltaman Lkanak-Kanak Lqatrinnada Lkecamatan Lkoto Ltangah Lpadang,” lPAUD lLect. lJ. lPendidik. lAnak lUsia lDini, lvol. l1, lno. l1, lpp. l82–96, lOct. l2017, ldoi: l10.31849/PAUDLECTURA.V1I1.510.

T. lTafonao, l“Peranan lMedia lPembelajaran lDalam lMeningkatkan lMinat lBelajar lMahasiswa.,” lJ. lKomun. lPendidik., lvol. l2(2), l103, l2018.

Z. lAqib, lMode-Model lMedia lPembelajaran ldan lStrategi lPembelajaran lKonteksual l(Inovatif). lBandung: lYrama lWidya, l2013.

A. lAsyhari, lA. lAsyhari, land lH. lSilvia, l“Pengembangan lMedia lPembelajaran lBerupa lBuletin ldalam lBentuk lBuku lSaku luntuk lPembelajran lIPA lTerpadu,” lJ. lIlm. lPendidik. lFis. lAl-Biruni, lvol. l5, lno. l1, lpp. l1–13, lApr. l2016, ldoi: l10.24042/jipfalbiruni.v5i1.100.

M. lDesidaria lNoge, lM. lMeo, lE. lT. lNgura, lS. lT. lKeguruan, lI. lPendidikan, land lC. lBakti, l“Pengembangan Lmedia Lpohon Langka Luntuk Laspek Lkemampuan Lberbahasa Lpada Lanak Lusia l5-6 Ltahun Ldi Ltkk Lnegeri Lbunga Lbangsa Ltude Lkecamatan Ljerebuu Lkabupaten Lngada,” Lj. Ledukasi Lanak Lusia Ldini, lvol. lVolume l5 ln, l2019.

A. lN. lRahayu, lP. lI. lLestari, lI. lMade, land lE. lCahaya, l“Implementasi Lalat Lpermainan Ledukatif Lpohon Langka Ldalam Lmeningkatkan Lkemampuan Lmengenal Lkonsep Ldan Llambang Lbilangan,” Lmedia Ledukasi l Lj. Lilmu Lpendidik., lvol. l3, lno. l1, lSep. l2019, lAccessed: lSep. l17, l2022. l[Online]. lAvailable: lhttps://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/730

D. lP. lBudiartini, lI. lN. lJampel, land lN. lM. lAsril, l“Penerapan Lmetode Lpemberian Ltugas Lberbantuan Lmedia Lpohon Langka Luntuk Lmeningkatkan Lkemampuan Lmengenal Llambang Lbilangan Lanak,” lJ. lPendidik. lAnak lUsia lDini lUndiksha, lvol. l2, lno. l1, lJul. l2014, ldoi: l10.23887/PAUD.V2I1.3529.

N. l(Nurrahmadani) lNurrahmadani, lA. l(Anizar) lAhmad, land lY. l(Yuhasriati) lYuhasriati, l“Memperkenalkan lBilangan luntuk lAnak lUsia lDini ldengan lMenggunakan lMedia lPohon lAngka ldi lTk lDarurrahman lKota lBanda lAceh,” lJ. lIlm. lMhs. lPendidik. lAnak lUsia lDini lUnsyiah, lvol. l2, lno. l2, lp. l459136, l2017, lAccessed: lSep. l17, l2022. l[Online]. lAvailable: lhttps://www.neliti.com/publications/459136/

B. lPribadi, lMedia ldan lTeknologi ldalam lPembelajaran. lJakarta: lKencana, l2017.

S. lArikunto, lDasar-Dasar lEvaluasi lPendidikan. lJakarta: lBumi lAksara, l2013.

S. lArikunto, lDasar-Dasar lEvaluasi lPendidikan. lJakarta: lBumi lAksara, l2015.

Sugiyono, lPenelitian lPendidikan l(Pendekatan lKuantitatif, lKualitatif ldan lR&D). lBandung: lAlphabeta.

D. lYuliani, lP. lA. lAntara, lM. lMagta, land lJ. lPgpaud, l“Pengaruh l Lvideo Lpembelajaran Lterhadap Lkemampuan Lberhitung Lpermulaan Lanak Lkelompok Lb Ldi Ltaman Lkanak-Kanak,” lJ. lPendidik. lAnak lUsia lDini lUndiksha, lvol. l5, lno. l1, lpp. l96–105, lJul. l2017, ldoi: l10.23887/PAUD.V5I1.11309.

Y. lAfsari land lA. lM., l“Peningkatan lKemampuan lBerhitung lAnak lUsia lDini lMelalui lPermainan lPohon lAngka lDi lRA lMuslim lKecamatan lBandung lKulon lKota lBnadung.,” lJ. lEduc., lvol. l01(04), l66, l2019, l[Online]. lAvailable: lhttp://jonedu.org/indeks.php/joe/article/view/223/189.

S. lH. lAmirdyasari, l“Peningkatan lKemampuan lBerhitung lPermulaan lAnak lKelompok lB lMelalui lBermain lMedia lPohon lHitung lDi lTK lTaman lIndria lKecamatan lBangorejo lKabupaten lBanyuwangi lTahun lPelajaran l2016/2017.,” lSkripsi, l53., l2017, l[Online]. lAvailable: lhttps://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/82484/SHINTA%25HARDIK lNA%2520AMIRDYASARI.pdf?sequence=1 l%0A

M. lMarfuah, l“Improving lStudents’ lCommunications lSkills lThrough lCooperative lLearning lModels lType lJigsaw,” lJ. lPendidik. lIlmu lSos., lvol. l26, lno. l2, lp. l148, l2017, ldoi: l10.17509/jpis.v26i2.8313.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Usro, E. L., & jaya, A. F. (2022). PENGARUH MEDIA PERMAIAN POHON ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 91–99. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1197