PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS KELAS X DI SMK GUS DUR DESA GUNUNGANYAR KECAMATAN SOKO
Keywords:
Model Pembelajaran, Make a Match, Aktivitas, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bentuknya adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) bertujuan meningkatkan aktivitas dan tingkat prestasi belajar murid. Murid kelas X SMK Gus Dur Desa Gununganyar Kecamatan Soko yang menjadi objek penelitian berjumlah 35 siswa yaitu 15 putra dan 20 putri. Metode yang dipakai yaitu penelitian tindakan kelas diikuti metode penghimpunan data dengan menyebarkan lembar observasi saat pembelajaran dan penilaian tiap siklus. Berdasarkan hasil evaluasi dan pembahasan catatan, nilai rata-rata pada siklus I adalah 73,28 dengan persen ketercapaian mencapai 71,42% dan nilai rata-rata 87,57 saat siklus II mencapai persen ketercapaian 100%. Peningkatan kegiatan menimba ilmu dan mutu belajar saat mata pelajaran ekonomi dan bisnis pada pemakaian model belajar mengajar kooperatif metode Make a Match ditandai melalui peningkatan kegiatan belajar dan mutu kelas dari kategori rendah saat pelaksanaan pra penelitian jadi kategori tinggi di siklus kedua. Fakta-fakta hasil pengamatan menunjukkan bahwa keaktifan dan minat para siswa meningkat dalam pelajaran pengantar ekonomi dan bisnis melalui proses belajar secara kelompok. Sejalan dengan kemajuan yang telah diuraikan kesimpulannya yaitu model belajar mengajar kooperatif Make a Match mampu meningkatkan aktivitas belajar dan mutu belajar murid SMK Gus Dur kelas 10, Desa Gununganyar, Kecamatan Soko.
References
B. Alma, Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2010.
A. N.F., “Keefektifan Model Kooperatif Tipe Make A Match dan Model CPS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar,” J. Pendidik. Mat. dan Sains, vol. 2, no. 1, pp. 10–18, 2016.
S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Rev. VI Ce. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.
S. Arikunto, Suhardjono, and Supardi, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
M. N. Falisna, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Murid Pada Mata pelajaran Ekonomi Kelas X Mia 2 Sma Negeri 9 Makassar,” Makasar, 2013.
Gendon, Bentuk Badan Usaha. Jakarta, 2013.
Haeranti, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Pada Standar Kompetensi Memahami Kebijakan Pemerintah Dalam Bidang Ekonomi Di Kelas X.1 SMA Negeri 1 Mallusetasi Kab. Barru,” Makassar, 2012.
P. Julaiha, “Bentuk - Bentuk Badan Usaha,” wordpress.id, 2012. http://putrijulaiha.wordpress.com/2012/04/14/bentuk-bentuk badan usaha.
K. P. Wibowo and M. Marzuki, “Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media Untuk Meningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPS,” Harmon. Sos. J. Pendidik. IPS, vol. 2, no. 2, pp. 158–169, 2015, doi: 10.21831/hsjpi.v2i2.7667.
N. Jannah, “Penerapan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Make a Match Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xa Di SMA Negeri 12 Makassar,” Makassar, 2013.
M. Sumarti and J. Soeprihanto, Pengantar bisnis : dasar-dasar ekonomi perusahaan. Yogyakarta: Liberty, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D, no. April. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sugiyono, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2014.
M. Christi, “Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Untuk Meningkatkan Keaktifan, Motivasi, Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Depok Sleman Tahun Ajaran 2018/2019,” 2018.
A. Susanto, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, 2016. doi: 6027985119.
S. Tampubolon, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2014.
Widianti, S. Hartini, and L. S. Aisah, “Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Tipe Think Pair Share,” Emasains, vol. VII, no. 2, pp. 155–161, 2018, doi: 10.5281/zenodo.2548085.
N. Widiantono and N. Harjono, “Penerapan Model Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 7, no. 3, p. 199, 2017, doi: 10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p199-213.
N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.