PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PARASITOLOGI
Keywords:
Parasitologi, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Berfikir KritisAbstract
Penelitian ini di latar belakangi rendahnya hasil belajar mahasiswa dan kemampuan berfikir kritis mahasiswa yang rendah dalam mata kuliah parasitologi. Mata kuliah parasitologi memiliki banyak kelemahan yaitu mata kuliah yang sarat akan hafalan, sehingga kemungkinan akan timbul rasa bosandan tidak aktifnya mahasiswa dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis mahasiswa. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi semester VI tahun akademik 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan menggunakan analysis data kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak dua kelas yaitu satu kelas Eksperimen yakni Angkatan 2014 A dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learningdan kelas control yakni Angkatan 2014 B dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Data pada penelitian ini didapatkan melalui beberapa cara pengumpulan data, yaitu penyebaran tes hasil belajar biologi yang dianalisis dengan menggunakan uji t dengan independen sample test, serta observasi mahasiswa pada saat pembelajaran untuk mengetahui kemampuan berfikir kritis. didasarkan pada perhitungan t-tabel, Namun rata –rata hasil belajar kelas eksperimen memperoleh 83,00 dan kelas kontrol 76,20 maka skor hasil belajar kelas kontrol lebih rendah daripada kelas eksperimen. berdasarkan data pengamatan kemampuan berfikir kritis kelas eksperimen dalam kategori kritis dan sangat kritis. Namun, pengamatan kemampuan berfikir kritis ini hanya digunakan pada kelas eksperimen karena pada kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ceramah dengan sintaks yang berbeda. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan metode konvensional (ceramah) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan biologi pada mata kuliah parasitologi.
References
Dwijananti, P. & Yulianti, D. 2010. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 6 (10) 108-114
Doppelt, Y. 2003. Implementation And Assestment Of Project Based Learning In A Flexible Environment. International Journal Of Tecnology And Design Education. 13. 255-272.
Fong Ma, A.K., Toole, J.O. dan Kepple, M.. 2008. An Investigation of Student Teachers attitudes to the Use of Media Triggered Problem Based Learning. Australasian Journal of Educational Techonology, 24(3): 311-325
Ibrahim, M. 2007. Kecakapan Hidup: Ketrampilan berpikir kritis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Ibrahim, M. & Nur, M. 2000. Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Rusyana. A. 2017. Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis, Berpikir Kritis, Dan Berpikir Kreatif Terhadap Pemahaman Konsep Zoologi Invertebrata. Jurnal Wahana Pendidikan, 4(1), 113-121.
Saefudin, A. A. 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidāyah, 4(1), 37-48.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Trianto, 2010. Mendisain Model Pembelajaran Inovatif Progesif. Jakarta: Bumi Aksara
Yassin, S. F. M., Rahman S, Yamat, H.. 2010. Interdisciplinary Integration Through ProblemBased Learning with ICT in Pre-Service Teacher Education. Proceedings of EABR & ETLC Conferenc, Dublin, Ireland, 377-385