PERANCANGAN SISTEM HUMAN RESOURCE INFORMATION SYSTEM PADA STASIUN METEOROLOGI SULTAN MAHMUD BADARUDIN II BMKG KOTA PALEMBANG

Authors

  • Izzani Ahlunnadzar Izzani Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Fenando Fenando Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

Keywords:

Human Resource Information System, perancangan sistem, prototype, sistem informasi

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi merupakan ilmu yang berkembang pesat dari awal kemunculannya, yang menjadi solusi untuk mengelola organisasi supaya lebih baik. Persaingan di era digital yang amat ketat menjadi sebuah prospek penting bagi penerapan teknologi informasi dan komunikasi pada sebuah organisasi yang berjalan di perusahaan dan  perguruan tinggi. Sumber daya manusia jika dipadukan dengan teknologi yang dimana menciptakan kemudahan untuk memanajemen organisasi perusahaan dan perguruan tinggi yaitu sebuah sistem  bernama Human Resource Information System (HRIS). Didalam sebuah database menyimpan sebuah informasi yang amat penting sehingga sangat efesien dalam pengerjaannya. Penelitian yang dilakukan membahas sebuah aplikasi untuk mempermudah pekerjaan atau aktivitas pada bagian HRD pada proses manajemen data, absensi, cuti yang saling terintegrasi serta pengarsipan barang dan alat yaitu Human Resource Informasi System. Penelitian ini menggunakan metode prototype, metode prototype bisa memudahkan pengguna dan user membuat gambaran awal untuk menentukan pembuatan sebuah prangkat lunak yang akan dibuat. Dalam kegiatan organisasi HRIS  dinilai sebagai sebuah kesempatan bagi sumber daya manusia yang professional untuk beruhubangan  dengan manajemen puncak agar lebih berpartisipasi dalam memajukan perusahaan. Dari permasalahan yang ada di Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II BMKG Kota Palembang kesimpulannya yaitu dari perancangan sistem informasi Human Rescource Information Sistem bisa membantu pelaksaan kegiatan di Stasiun Meteorologi Sultan Mahmud Badaruddin II BMKG Kota Palembang, menjadi lebih terstruktur dan efesien dalam pengelolaan data. Yang dimana sistem ini dirancang menggunakan metode prototype serta alat bantu starUML rancangan dari  use case diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Menghasilkan sebuah perancangan desain sistem dan desain antarmuka (interface) terdiri dari Perancangan halama utama pegawai,menu utama admin dan submenu yang ada ditampilan admin.

References

S. KURNIASIH, “Audit Sistem Informasi Human Resource Information System (Hris) Pada Bagian Human Resource (Hr) Menggunakan Framework Cobit 5 Domain Dss01,” Nuansa Inform., vol. 15, no. 2, pp. 53–63, 2021, doi: 10.25134/nuansa.v15i2.4136.

F. Fenando, “Implementasi E-Commerce Berbasis Web pada Toko Denia Donuts Menggunakan Metode Prototype,” JUSIFO (Jurnal Sist. Informasi), vol. 6, no. 2, pp. 66–77, 2020, doi: 10.19109/jusifo.v6i2.6532.

F. Mubarok, H. Harliana, and I. Hadijah, “Perbandingan Antara Metode RUP dan Prototype Dalam Aplikasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 114, 2015, doi: 10.24076/citec.2015v2i2.42.

D. M. A. Lesmana, “Pemanfaatan Aplikasi Mobile Android Sebagai Media Pembelajaran Dan Latihan Bahasa Inggris Untuk Sekolah Dasar,” Digilib.Esaunggul.Ac.Id, [Online]. Available: https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Undergraduate-12332-jurnal.Image.Marked.pdf.

H. Kusniyati and N. S. Pangondian Sitanggang, “Aplikasi Edukasi Budaya Toba Samosir Berbasis Android,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, 2016, doi: 10.15408/jti.v9i1.5573.

Lisnawanty, “Uce Case Diagram; Activity Diagram; Sequence Diagram; Deployment Diagram,” pp. 8–16, 2014, [Online]. Available: https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/215571/File_10-Bab-II-Landasan-Teori.pdf.

M. S. Mayasari, “Prototipe Aplikasi Simpan Pinjam Pada Koperasi Darma Karya Pangkalpinang Babel,” vol. 08, pp. 68–73, 2019.

7) Marakas dan O’Brien (2017, “Bab Ii Landasan Teori,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 8–24, 2018.

T. Praktikum, “Sequence Diagram.”

P. S. Informatika and B. E. Cinderatama, “Naskah publikasi aplikasi pencarian lokasi fasilitas umum di kota yogyakarta,” 2020.

I. Zufria, “Pemodelan Berbasis UML ( Unified Modeling Language ) dengan Strategi Teknik Orientasi Objek User Centered Design ( UCD ) dalam Sistem Administrasi Pendidikan Pemodelan Berbasis UML ( Unified Modeling Language ) dengan,” no. January 2013, 2016.

P. Sulistyorini, “Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose,” vol. XIV, no. 1, pp. 23–29, 2009.

S. Sitompul, S. Manurung, A. P. Silalahi, B. Rumahorbo, and V. Silalahi, “Sistem Informasi Reservasi Pada Monako Park Sibiru – Biru Berbasis Web,” vol. 2, no. 1, pp. 61–67, 2022.

T. Sasongko, “Perancangan Website ‘ Rinner ’ Dengan Metode User Centered Design,” pp. 1–24, 2022.

I. N. Arifin, H. Tolle, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi dan Perancangan User Interface untuk Meningkatkan User Experience menggunakan Metode Human-Centered Design dan Heuristic Evaluation pada Aplikasi Ezyschool,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Vol., vol. 3, no. 2, pp. 1725–1732, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Izzani, I. A., & Fenando, F. (2022). PERANCANGAN SISTEM HUMAN RESOURCE INFORMATION SYSTEM PADA STASIUN METEOROLOGI SULTAN MAHMUD BADARUDIN II BMKG KOTA PALEMBANG. Prosiding SNasPPM, 7(1), 111–118. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1204