PENGARUH MEDIA PIN NUMBERS TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI DI TK BHAYANGKARI
Keywords:
pin numbers, berhitungAbstract
Matematika merupakan pembelajaran berhitung yang tergolong sulit menurut Anak. Belajar berhitung anak usia dini juga membutuhkan alat pembelajaran yang sangat unik bagi anak. Alat pembelajaran sudah menjadi wajib di butuhkan pendidik untuk memikat daya tarik anak. Penelitian ini di buat untuk mengetahui sebagaimana Pengaruh Media Pin Numbers Terhadap Kemampuan Berhitung anak di TK Bhayangkari. Penelitian yang ini menggunakan sebuah metode Eksperimen Penelitian pretest dan posttest. Peneliti menggunakan pengumpulan pada data-data dipergunakan adalah melalui observasi dan menganalisis data mempergunakan yaitu simple paired t-test. Penelitian ini terbukti adanya sebuah Pengaruh yang sangat signifikan dalam kemampuan berhitung anak. Dari segi hasil pretest dan nilai posttest hasilnya sangat meningkat secara signifikan. Dari uji pretest yang didapatkan hasilnya 57,25 dan uji posttest didapatkan hasilnya 75,00. Sehingga hasil yang sudah didapatkan menunjukkan bahwa media Pin Numbers sangat berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan berhitung Anak Usia Dini. Dari media Pin Numbers ini semoga bisa menjadikan kemampuan berhitung dalam diri anak TK Bhayangkari menjadi lebih berkembang
References
Susanto, A. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyani, M. 2016. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.
El-Khuluqo, I. 2015. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Pendidikan Taman Kehidupan Anak).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: IKAPI.
Mufarizzuddin. 2017. “Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1, No. 1, p. 62-71.
Rozi, Nova. 2012. “Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Permainan Berhitung Menggunakan Papan Telur di TK Aisyiyah 7 Duri”. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. Vol. 1, No. 1, p. 1-10.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Elfiadi. 2016.”Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.7. Hal 53
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Hartini, P. (2012). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Media Permainan Memancing Angka Di
Taman Kanak-Kanak Fathimah Bukareh Agama. Jurnal Pesona PAUD
Imrayanti. 2012. Peningkatan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan kotak mate-matika di
Taman Kanak-Kanak Padang. Padang.
Mutia, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Surya, M. 2015. Strategi Kognitif Dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.