PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KENDURUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Authors

  • Lilik Mawartiningsih Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick, Hasil Belajar

Abstract

Biologi masih dianggap mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Dalam pembelajaran Biologi kebanyakan peserta didik lebih pasif menerima yang telah diajarkan oleh guru, sehingga peserta didik kurang memahami konsep dan ketrampilan yang telah dipelajari. Dengan demikian guru harus pandai memilih model pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi, supaya guru tidak mendominasi pada saat pembelajaran berlangsung. Selain itu supaya siswa lebih aktif dan tidak hanya sebagai pendengar saja sehingga hasil belajar siswa belum mnecapai ketuntaan belajar yang diinginkan.Rumusan masalah: apakah ada pengaruh model pembelajaran Taliking Stick terhadap hasil belajar siswa?,bagaimana pengaruhnya model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Talking Stick dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model Talking Stick terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen dimana data yang diperoreh dianalisis menggunakan Uji t dengan SPSS 21.Hasil penelitian Signifikansi dari uji F didapat 0,143.Karena nilai sinifikansi > 0,05 ( 0,143 > 0,05), maka kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Talking Chips memiliki varians yang sama. Dari Uji t, karena nilai t hitung > t tabel (2,419 > - 2,007) maka H0 ditolak Kesimpulan model pembelajaran Talking Stick berpengaruh lebih baik daripada model pembelajaran Talking Chips.

References

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian, Suatu Praktek. Jakarta:Bina Aksara.
Hamalik,Oemar.2004.Proses Belajar Mengajar.Jakarta:Bumi Aksara
Huda,Miftahul.2011.Cooperative Learning.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Sa’ud, Syaefudin U. 2008.Inovasi Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Slameto.1995. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka cipta
Subini, N. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Yogyakarta: Javalitera.
Sugiyanto.(2010). Model-model Pembelajaran Inovatif.Surakarta: Yuma Pustaka.
Sulistiyaningrum,Heny.2007.teori-teori belajar.tuban:unirow
Suprijono,Agus.2009.Cooperative learning.Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Wina, Senjaya. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wina, Senjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Mawartiningsih, L. (2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STIC TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KENDURUAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Prosiding SNasPPM, 2(1), 275–278. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/121