PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA DI SDN BANJARWORO II BANGILAN

Authors

  • Siti Farikatu Roziqoh Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ina Agustin Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

Flashcard, Kemampuan Membaca, Disleksia, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media flashcard, tingkat kevalidan, tingkat kepraktisan, dan tingkat keefektifan dari media flashcard. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan produk media flashcard. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa disleksia yang berada dikelas VI sekolah dasar yang berjumlah 2 (dua) siswa, guru, dan 3 (tiga) validator, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), evaluate (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes kemampuan membaca siswa berupa tes.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan, dan analisis data keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media flashcard yang dikembangkan memiliki kriteria valid dan cukup valid digunakan dengan persentase untuk ahli materi 98%, ahli media 80%, dan ahli bahasa 72,30% serta telah dilakukan revisi produk sehingga dapat diuji cobakan dilapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media flashcard yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis digunakan untuk pembelajaran dengan persentase angket respon guru 91% dan angket respon siswa 87%. Dan hasil tes siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai N-Gain 0,4 yang menunjukkan kriteria sedang. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan siswa serta tes siswa menunjukkan bahwa media flashcard yang dikembangkan valid, cukup valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan.

References

S. Surayya and H. Mubarok, “Pengaruh Aplikasi Marbel Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Anak Disleksia,” Ibriez J. Kependidikan Dasar Islam Berbas. Sains, vol. 6, no. 2, pp. 193–204, 2021, Accessed: Mar. 30, 2022. [Online]. Available: https://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/165

A. Fatoni and I. M. A. K. Ainin, “Identifikasi Siswa Disleksia Di Sekolah Dasar Negeri Inklusi Surabaya Timur,” J. Pendidik. Khusus, vol. 12, no. 3, 2019, Accessed: Apr. 06, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/28890

S. R. I. Romadyati, “Penerapan Metode Silaba Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Murid Disleksia Kelas Dasar V Di SD Negeri Kalukuang III Makassar,” 2022. Accessed: Apr. 06, 2022. [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/22206/

B. Rahman and H. Haryanto, “Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2,” J. Prima Edukasia, vol. 2, no. 2, pp. 127–137, 2014, Accessed: Apr. 02, 2022. [Online]. Available: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/2650

Y. Afrianti and A. Wirman, “Penggunaan Media Busy Book Untuk Menstmulasi Kemampuan Membaca Anak,” J. Pendidik. Tambusai, vol. Volume 4, pp. 1156–1163, Mar. 2020, Accessed: Apr. 07, 2022. [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/578

I. Nugraheni, T. Harsiati, and A. Qohar, “Media Buku Cerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 4, no. 3, pp. 322–329, 2019, Accessed: Apr. 05, 2022. [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

A. Arsyad. 2014. Media pembelajaran; Edisi revisi. Bandung: PT. Rajagrafindo Persada,

N. A. Wiratama, “Pengembangan Media Flashcard Pada Siswa Kelas IV SDN Bendo 2 Kota Blitar Subtema Hewan Dan Tumbuhan,” in Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 2021, vol. 5, no. 1, pp. 509–516. Accessed: Apr. 02, 2022. [Online]. Available: https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/649

D. Indriana. 2011. Ragam Alat Bantu Media Pengajaran. Jogjakarta:Diva Pers.

D. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

I. Reynaldo, “Pengembangan E-Book Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Sigil Pada Materi Alat Optik SMA/MA.,” UIN Raden Intan Lampung, 2020. Accessed: Apr. 06, 2022. [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/10732/1/PUSAT 1-2.pdf

A. Budiarti, “Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar bab III,” 2017. Accessed: Apr. 06, 2022. [Online]. Available: https://eprints.umm.ac.id/35515/

P. Aprillianti and W. Wiratsiwi, “Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Book Creator Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masayarakat, 2021, vol. 6, no. 1, pp. 80–88. [Online]. Available: http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM

R. M. Khoirudin, “Pengembangan Modul Biologi Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada Materi Animalia Kelas X-MIPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik,” 2019, Accessed: Apr. 06, 2022. [Online]. Available: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/11570/

H. Latief, “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas Vii Di Smpn 4 Padalarang),” J. Geogr. Gea, vol. 14, no. 2, 2014, Accessed: Apr. 15, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/gea/article/view/3395

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Roziqoh, S. F., & Agustin, I. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA DI SDN BANJARWORO II BANGILAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 124–133. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1210