DESAIN MEDIA KOTAK ANGKA UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK INFARUL GHOY III TRITUNGGAL

Authors

  • Mutiara Perssa Martono Putri Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Dwi Imam Efendi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Media Kotak Angka, Kemampuan Kognitif

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat atau benda yang mampu menunjang proses pembelajaran. Media pembelajaran mempunyai peranan sangat penting dalam membantu proses pembelajaran pada anak usia dini. Media “Kotak Angka” merupakan media yang digunakan untuk membantu pendidik dalam menstimulus kemampuan mengenal angka 1-10. Dengan adanya media “Kotak Angka” peserta didik akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan oleh pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan desain media “Kotak Angka” pada anak usia 4- 5 tahun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D), dengan subyek penelitian 14 peserta didik usia 4- 5 tahun di TK  Infarul Ghoy III Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan Kognitif khususnya mengenal angka 1-10  anak usia 4- 5 tahun di TK  Infarul Ghoy III Desa Tritunggal Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan masih rendah. Dengan menggunakan media “Kotak Angka” hasil pembelajarannya dikategorikan baik

References

A. Priyanto,l“PengembanganlKreativitas PadalAnaklUsialDinilMelaluilAktivitas Bermain,” Journal.Uny.Ac.Id, no.l02, l2014.

B.lMAHMUD,l“UrgensilStimulasi KemampuanlMotoriklKasarlPadalAnak UsialDini,”lDidakt.lJ.lKependidikan,lvol. 12,lno.l1, pp. 76–87, 2019, doi: 10.30863/didaktika.v12i1.177.

A. Y. PRASETIAWAN, “PERKEMBANGAN GOLDEN AGE DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM,” vol. 15, no. 2, pp. 1–23, 2016.

R.lJawati,l“PENINGKATAN KEMAMPUANlKOGNITIFlANAK MELALUIlPERMAINANlLUDO GEOMETRIlDIlPAUDlHABIBUL UMMIlI,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

D. Suryana, “PendidikanlAnaklUsialDini Terori danlPraktiklPembelajaran,” Pendidik.lAnaklUsialDini Terori dan Prakt.lPembelajaran, vol. 1999, no. December,lpp.l1–6, 2006.

D.lMarlina,lN.lLina,lA.lFernando,land A.lRamadhan,l“ImplementasilAlgoritma K-MedoidsldanlK-Meansluntuk PengelompokkanlWilayahlSebaranlCacat padalAnak,” J.lCoreIT J.lHas.lPenelit. IlmulKomput.ldanlTeknol.lInf.,vol. 4, no. 2, p.l64,l2018,ldoi: 10.24014/coreit.v4i2.4498.l

U.lSulaiman,lN.lArdianti,landlS. Selviana,l“TingkatlPencapaianlPada AspeklPerkembanganlAnaklUsialDini 5-6lTahunlBerdasarkanlStrandarlNasional PendidikanlAnaklUsia Dini,”lNANAEKE Indones.lJ. Early Child. Educ., vol. 2, no. 1, p. 52, 2019, doi: 10.24252/nananeke.v2i1.9385.

A. Izzuddin, “Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Sains,” Oktober, vol. 3, no. 3, pp. 542–557, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

L. IzzatilandlYulsyofriend,l“Pengaruh MetodelBerceritaldenganBonekalTangan TerhadaplPerkembanganlKognitiflAnak UsialDini,” J. Pendidik.lTambusai, vol. 4, no. 1, pp. 472–481, 2020, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/486/431

Khadijah,lPengembanganlKognitiflAnak UsialDini.l2016.l[Online].lAvailable: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://core.ac.uk/download/pdf/53037014.pdf&ved=2ahUKEwjO79-u9vHrAhVLfSsKHYWkCSgQFjAAegQIAxAB&usg=AOvVaw0_S_abnQpYEkF4FJ8At0XT

Raudhatul Jannah, “PerananlMedialKartu AngkalDalamlPeningkatanlKemampuan MengenallLambanglBilanganlPadalAnak Usial3-4lTahun,” Riskesdas 2018, vol. 3, pp. 103–111, 2015.

D. A. Pertiwi, S. F. Fitroh, and D. Mayangsari, “Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun,” J. PG-PAUD Trunojoyo J. Pendidik. dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 86–100, 2018, doi: 10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4883.

R. Nugrahani and J. S. Rupa, “Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar,” Lembaran Ilmu Kependidikan, vol. 36, no. 1, pp. 35–44, 2017.

A. & Y. D. Hanina, Putri & Faiz, “Upaya Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Putri Hanina 1 , Aiman Faiz 2 , Dewi Yuningsih3,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3791–3798, 2021, [Online]. Available: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1402

Sugiyono. 2018. “Metode PenelitianPendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung. Penerbit Alfabeta.

Y. Yulysyofriend, 2013. Permainan Membaca dan Menulis Anak Usia Dini. Padang: Sukabina Press, 2013.

Additional Files

Published

2022-11-03

How to Cite

Putri, M. P. M., & Efendi, D. I. (2022). DESAIN MEDIA KOTAK ANGKA UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK INFARUL GHOY III TRITUNGGAL. Prosiding SNasPPM, 7(1), 1027–1030. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1214