PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANEL KATA (FLANKAT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DISLEKSIA DI SDN TAMBAKBOYO II
Keywords:
papan flankat, kemampuan membaca, disleksiaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media papan flanel kata, tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development) yang menghasilkan media papan flanel kata untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa disleksia. Model yang digunakan dalam peneltian ini yaitu ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Subjek penelitian ini yaitu kelas III yang berjumlah 4 siswa di SDN Tambakboyo II. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli media, bahasa, dan materi, serta tes kemampuan membaca siswa yang berupa soal evaluasi, angket respon guru dan siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi analisis data tingkat kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Hasil pengembangan mendapat skor sebesar 95% dari ahli media, 85% dari ahli bahasa, dan 80% dari ahli materi. Hal tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan dinyatakan sangat valid digunakan dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam membaca dilihat dari nilai rata-rata N-Gain yang diperoleh adalah 60%, sehingga berdasarkan nilai tersebut maka media papan flanel kata dikategorikan efektif. Sedangkan angket respon guru dan siswa mendapat skor sebesar 88% dan 86%. Jadi dapat disimpulkan bahwa media papan flanel kata dinyatakan sangat valid, efektif, dan praktis digunakan dalam pembelajaran.
References
N. Haifa, A. Mulyadiprana, and R. Respati, “PEDADIDAKTIKA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Pengenalan Anak Pengidap Disleksia,” vol. 7, no. 2, pp. 21–32, 2020.
I. B. Putrayasa and I. N. Sudiana, “Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar,” vol. 8, no. 1, pp. 733–739, 2022.
W. Krismanto, A. Halik, and S. Sayidiman, “Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare,” Publ. Pendidik., vol. 5, no. 3, 2015, doi: 10.26858/publikan.v5i3.1616.
I. F. Laily, “Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar,” Eduma Math. Educ. Learn. Teach., vol. 3, no. 1, 2014, doi: 10.24235/eduma.v3i1.8.
S. Lutfia, S. Yuwana, and H. Hendratno, “Pengembangan Media Papan Balik (Flipchart) Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Hambatan Autis Di Sekolah Inklusi,” Autentik J. Pengemb. Pendidik. Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 126–137, 2021, doi: 10.36379/autentik.v5i2.144.
R. Amalia and A. Kurniawan, “Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Permulaan pada Siswa Tunagrahita Ringan,” J. ORTOPEDAGOGIA, vol. 7, no. 2, p. 140, 2021, doi: 10.17977/um031v7i22021p140-143.
A. Juliansyah, I. Nurasiah, A. E. Wardana, D. Sumiarsa, and A. Sukandi, “Komunikasi instruksional pada anak disleksia di sekolah dasar,” JDPP J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 6, no. 3, pp. 119–131, 2018.
O. Rombot, E. Boeriswati, and M. A. Suparman, “Improving Reading Comprehension Skills of International Elementary School Students through Blended Learning,” Al Ibtida J. Pendidik. Guru MI, vol. 7, no. 1, p. 56, 2020, doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6045.
N. Hidayah and F. Hermansyah, “Hubungan antara motivasi belajar dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v madrasah ibtidaiyah negeri 2 bandar lampung tahun 2016/2017,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 1–21, 2016, [Online]. Available: https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190.
A. D. Pertiwi, “Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, vol. 5, no. 1, pp. 759–764, 2016, doi: 10.21831/jpa.v5i1.12372.
U. S. Alfiah Fatriani, “Pengembangan Media Big Book Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata,” Joyf. Learn. J., vol. 7, no. 1, pp. 1–9, 2018.
D. Kahar, “Pengaruh Penggunan Media Papan Flanel Kata Terhadap Kemampuan Membaca Permulan Sisw Kelas I Sdn 19 Landang Kecamatan Erem,” Pustak. Amaluddin Zaihal, no. fabruari, 2020, [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/19016.
T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.
N. Mile, “Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Pembelajaran Konstruktivisme Dan Penggunaan Papan Flanel di Kelas I SD Negeri 1 Palu,” J. Kreat. Tadulako, vol. 04, no. 4, pp. 259–268, 2014.
L. Hasanah and A. Nurhasanah, “Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Anak Usia 4-5 Tahun,” J. Paud Agapedia, vol. 2, no. 1, pp. 12–22, 2020, doi: 10.17509/jpa.v2i1.24384.
S. Purnama, “Metode Penelitian Dan Pengembangan,” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), vol. 4, no. 1, p. 19, 2016, doi: 10.21927/literasi.2013.4(1).19-32.
I. M. Tegeh and I. M. Kirna, “Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model,” J. IKA, vol. 11, no. 1, p. 16, 2013, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145.
N. S. Muhammad Akbar, Muhammad Nizar, Sukron Fujiaturrahman, Haifaturrahmah, “Keefektifan Media Audio Visual Berbasis Etnosains Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 17–23, 2022, [Online]. Available: http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/9702.