KEEFEKTIFAN PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BATHOK KELAPA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI TK ʼAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III TUBAN

Authors

  • Dwi Septi Trisna Wulandari Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Dwi Imam Efendi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

kuantitatif, egrang bathok, motorik kasar, permainan tradisional

Abstract

Perkembangan motorik kasar pada anak adalah sebuah aktifitas yang mengasah seluruh potensi anak, dimana potensi itu berupa sikap dan karya, arahan mengarah pada kepribadian sesuai dengan cita-cita masa depan anak, dapat dipastikan keterampilan pengembangan motorik anak adalah salah satu dari bagian pendidikan. Ada beberapa jenis permainan, utamanya tradisional yang dapat mengembangkan keterampilan aspek perkembangan motorik kasar anak kecil salah satunya adalah permainan egrang batok. Beberapa manfaat dari permainan egrang bathok yaitu; 1. Meningkatkan keseimbangan, 2. Melatih ketahanan tangan dan kaki, 3. Melatih kelincahan ketetapan dan kecepatan gerak tubuh. Masih banyak lagi manfaat dari main egrang bathok yang mampu didapatkan oleh anak kecil pada saat main. Dalam artikel ini  menggunakan jenis kuantitatif yang mana penelitian ini di gunakan untuk mengukur perilaku pengetahuan pendapat maupun sikap seseorang.

References

Yus, A. (2013). Bermain Sebagai Kebutuhan Dan Strategi Pengembangan Diri Anak. Medan: Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI.

Efendi, D. I. (2015). Permainan Tradisional Sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. 12-13. (online)

Efendi , D. I., & Ekayati, I. A. (2017). Pengaruh Permainan Tradisional Bentenga Terhadap Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Proseding Seminar Nasional Unirow Tuban, 28-29.

Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.

Fatmawati, F. A. (2020:6-7). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Gersik: Caremedia Communication.

Rudianto, A. (2016). Perkembangan Motorik Kasar dan motorik halus anak usia dini. Lampung: Darussalam Perss Lampung.

Sukamti, E. R. (2018). Perkembangan Motorik (1 ed.). Yogyakarta: UNY Perss.

Adrini, P. P., & Lestaningrum, A. (2018). Bermain dan Permainan Anak Usia Dini. Nganjuk: Adjie Media Nusantara.

Yulita, R. (2017). Permainan Tradisional Anak Nusantara. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Mulyani, N. (2016). Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.

Saputra, A. E., & K, D. S. (2012). Websaite Pusat Data Permainan Tradisional. SMATI, 2.

Zaman, B., & Hermawan, A. H. (2020). Media dan Sumber Belajar Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Supiyanto, A. (2018). Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu. Jakarta Timur: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Badan Pengembangan dan Pembinaan.

Sugiyono, P. D. (2017: 298). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabet Bandung.

Sari, L. P. (2020). Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. Early Childhood Education, 3-4.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Wulandari, D. S. T., & Efendi , D. I. (2022). KEEFEKTIFAN PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG BATHOK KELAPA DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI TK ʼAISYIYAH BUSTANUL ATHFAL III TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 804–808. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1221