PENGEMBANGAN MODEL BUKU AJAR IPA TERPADU MITIGASI BENCANA BAGI SEKOLAH DASAR KABUPATEN SINTANG KALIMANTAN BARAT

Authors

  • Nelly Wedyawati STKIP Persada Khatulistiwa Sintang
  • Yasinta Lisa STKIP Persada Khatulistiwa Sintang

Keywords:

Buku, Pembelajaran, IPA, Sekolah, Dasar, Mitigasi, Bencana Alam

Abstract

Penelitian bertujuan menghasilkan buku ajar yang layak digunakan pada proses pembelajaran bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar di Sintang, Kalimantan Barat dan mengetahui efektivitas buku ajar yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model Borg dan Gall. Tahapan penelitian yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan, (3) tahap validasi; validasi ahli desain pembelajaran IPA mitigasi bencana & ahli media pembelajaran, (4) tahap implementasi dan (5) tahapan diseminasi. Analisis kelayakan buku dan efektivitas dengan cara: menguji normalitas, homogenitas, hipotesis, dan efektivitas buku ajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi IPA mitigasi bencana pada kualifikasi Sangat Baik ( 94,4%) (2) uji ahli media pembelajaran pada kualifikasi Sangat Baik ( 96,3%) (3) kelayakan buku oleh pengguna pada kualifikasi Sangat Baik ( 85,9 %) untuk guru dan kualifikasi Sangat Baik ( 90,1%) untuk siswa. (4) pada uji coba terbatas dan ujicoba luas menunjukkan data berdistribusi normal tetapi tidak homogen sehingga digunakan uji Kruskall Wallis dengan p-level 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05 (p < 0,05) yang berarti bahwa ada pengaruh penerapan buku ajar IPA terpadu mitigasi bencana terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar di kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

References

Belawati, T. 2003. Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.
BSNP. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Munandar, A. 2016. Banjir 11 Sekolah Libur. http://www.equator.co.id/banjir-11-sekolah-libur/ diakses 19 Mei 2017.
Radiansyah. 2010. Efektivitas Pembelajaran IPA Terpadu Bervisi SETS bagi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana UNNES.
Rusilowati A., Supriyadi, Binadja A., dan Mulyani S.E.S. 2012. Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Bervisi Science Environment Technology and Society. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 8 (2012) Januari 2012 hal 51-60.
Samatowa, U. 2011. Pembelajaran iPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indexs.
Sugiyono, A. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukerni, Putu. 2014. Pengembangan Buku Ajar Pendidikan IPA Kelas IV semester 1 SD No. 4 Kaliuntu dengan Model Dick and Carey. Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 3 Hal 386-396.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.
Wawan, A. Dan Dewi, M. 2010. Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
Wedyawati, N. 2014. Pembelajaran IPA Bervisi SETS untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Peningkatan Sikap Tanggap Bencana Siswa Kelas IV SD Swasta dan SD Negeri Nanga Pinoh. Jurnal Vox Education. Volume 5 Nomor 2 Hal 43-50.
Yosep, Patandung. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Peningkatan Motivasi Belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology, Volume 3 Nomor 1 Hal 9-17.

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Nelly Wedyawati, & Yasinta Lisa. (2017). PENGEMBANGAN MODEL BUKU AJAR IPA TERPADU MITIGASI BENCANA BAGI SEKOLAH DASAR KABUPATEN SINTANG KALIMANTAN BARAT. Prosiding SNasPPM, 2(1), 285–290. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/123