PENERAPAN MODEL KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SDN 1 BRONDONG
Keywords:
Penerapan pembelajaran, Kooperatif STAD, Student teams achievement division, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya proses hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Brondong pada pembelajaran tematik tema 8 subtema 1 dimana data siswa pada prasiklus yang mencapai KKM hanya sebanyak 4 (13,8%) siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertempat di kelas IV SDN 1 Brondong dengan jumlah subjek sebanyak 29 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Keterlaksanaan aktivitas guru pada siklus I diperoleh 71,33% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,33%. Pada aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 75,03% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,10%. Analisis data hasil belajar pada siklus I rata-rata kelas yang diperoleh adalah 64,57 dan pada siklus II mengalami peningkatan rata- rata menjadi 74,1. Hasil belajar siswa pada siklus I yang mencapai KKM berjumlah 17 orang (58,62%) dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 24 orang (82,76%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV tema 8 subtema 1 dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Brondong.
References
Permendikbud No 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum/Struktur Kurikulum 2013 SD.
Suparno, P, 2012, Filsafat Konstruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Kanisius.
Chatib, M, 2012, Orang tuanya Manusia: Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Dengan Menghargai Fitrah Setiap Anak, Bandung: Kaifa.
Kember, D, 2012, Action learning and Action Research, London: Stylus Publishing.
Slameto, 2010, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Riyanto, Y, 2012, Paradigma Baru Pembelajaran, Jakarta: Prenada Media Group.
Rusman, 2012, Model – Model Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Maulana, P; Akbar, A, 2017, "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman di Sekolah Dasar," Jurnal Pesona Dasar, vol. 5.
Slavin, Robert E, 2012, Cooperatif Learning, Bandung: Nusa Media.
Suprijono, A, 2012, Cooperative Learning, Yogyakarta, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mulyasa, 2009, Menjadi Guru Profesional. Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Resdakarya.
Arikunto, S, 2010, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Paizaluddin and Ermalinda, 2016, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).
Arifin, Z, 2016, Evaluasi Pembelajaran, Jakarta: Rosda Karya.
Zainal, A, 2011, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: CV. Yrama Widya.
Sudjana, N, 2017, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.