PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Authors

  • Puji Rahayu Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah evaluasi proses hasil belajar program studi pendidikan matematika FKIP UNIROW Tuban. Jenis penelitian ini ádalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa program studi pendidikan matematika FKIP UNIROW Tuban yang sedang menempuh mata kuliah evaluasi proses hasil belajar pada semester genap tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 23 mahasiswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes tulis dan tes kinerja. Disamping itu untuk melihat keaktifan selama proses perkuliahan digunakan metode observasi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes tulis, tes kinerja dan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah evaluasi proses hasil belajar program studi pendidikan matematika FKIP UNIROW Tuban. Disamping itu melalui penelitian ini juga mahasiswa tampak lebih termotivasi belajar dilihat dari aktivitas mengerjakan proyek, kerjasama dalam mengerjakan proyek, presentasi proyek, dan diskusi. Mahasiswa merasa senang karena tugas-tugas pada proyek dapat memberikan banyak manfaat terutama dalam mendukung kompetensi mahasiswa sebagai calon guru matematika dan kerja sama diantara mahasiswa lebih tinggi.

References

Arief S. Sadiman, dkk. 1983. Media Pendidikan.Jakarta: Rajawali.
Blumenfeld, P., Fishman, B.J., Krajcik, J., Marx, R. W., & Soloway, E. (2000). Creating Usable Innovations in Systemic Reform: Scaling-up Technology- Embedded Project-Based Science in Urban Schools. Educational Psychologist, 35(3):149-164.
Depdikbud. 1988/1989. Petunjuk Pembuatan dan Penggunaan Program Kaset Audio. Jakarta: Direktorat Sarana Pendidikan.
Halil, T. 2008. Prospective of Science Teachers Conceptualizations about Project-Based Learning. International Journal of Instruction, 1(1): 61-79.
Herminarto Sofyan. 2006. Implementasi pembelajaran Berbasis Proyek Pada Bidang Kejuruan. Cakrawala Pendidikan. Yogyakarta: LPM UN
Hutasuhut Saidun.2010.Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning ) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Ekonomi Pembangunan Pada Jurusan Manajemen Fe Unimed. Pekbis Jurnal, Vol.2, No.1, Maret 2010: 196-207
Mardhiyana Dewi.2017.Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Mahasiswa Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Mata Kuliah Evaluasi Proses Dan Hasil Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.ISSN:2303-3983 e.ISSN:2548-3994
Vol. 5 No. 1 Januari 2017 Hal. 1–8
Rais.2010. Model Project Based-Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, Jilid 43, Nomor 3, Oktober 2010, hlm.246-252
Sungkono. 2004. Pengembangan Media Audio.Yogyakarta: FIP UNY

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Rahayu, P. . (2017). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. Prosiding SNasPPM, 2(1), 291–296. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/124