PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS APLIKASI QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VI SDN BOTO KECAMATAN SEMANDING KABUPATEN TUBAN
Keywords:
Alat evaluasi, Aplikasi quizizzAbstract
Alat evaluasi berbasis aplikasi quizizz sangat penting dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan peserta didik saat evaluasi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan alat evaluasi berbasis aplikasi quizizz pada pembelajaran matematika kelas VI SDN Boto. Penelitian ini menggunakan jenis pengembangan atau Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, lembar angket respon guru dan peserta didik, serta lembar tes peserta didik. Hasil akhir penelitian pengembangan alat evaluasi berbasis aplikasi quizizz berdasarkan uji kevalidan yaitu validasi ahli materi mendapatkan presentase 95% yang artinya sangat valid dan sangat layak digunakan, validasi ahli media mendapatkan presentase 82,8% yang artinya sangat valid dan sangat layak digunakan, validasi ahli bahasa mendapatkan presentase 88% yang artinya sangat valid dan sangat layak digunakan. Tingkat kepraktisan yaitu penilaian angket respon guru mendapatkan presentase 89,3% yang artinya sangat praktis dan sangat layak digunakan sedangkan penilaian angket respon peserta didik mendapatkan presentase 96,8% yang artinya sangat praktis dan sangat layak digunakan. Untuk tingkat keefektifan yang diperoleh dari menghitung hasil evaluasi 18 peserta didik memperoleh presentase ketuntasan klasikal yaitu 77,7% yang artinya efektif dan sangat layak digunakan. Dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi berbasis aplikasi quizizz yang dikembangkan pada pembelajaran matematika sangat layak sebagai alat evaluasi pembelajaran di SDN Boto Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban.
References
Asrul, R. Ananda, and Rosinta, Evaluasi Pembajalaran. 2014.
Tanwir, “Dasar-Dasar dan Ruang Lingkup Evaluasi Pendidikan,” Al-Ishlah J. Pendidik. Islam, vol. 13, no. 1, pp. 56–57, 2015.
R. Febriana, Evaluasi Pembelajaran. Bumi Aksara, 2019.
D. S. Fauziya and A. M. Suhara, “Evaluasi Pembelajaran Melalui Penulisan Jurnal Reflektif Berbasis Penilaian Diri Di PBS. Indonesia STKIP Siliwangi,” J. Ilm. UPT P2M STKIP Siliwangi, vol. 2, no. 1, pp. 46–52, 2015.
H. S. Fitri, H. S. Iriansyah, and A. S. Barkah, “Pengembangan Alat Evaluasi Berbentuk Tes Online Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Materi Keberagaman Masyarakat Indonesia Kelas IV SD Fadilah Tangerang,” pp. 393–403, 2020.
F. Zhao, “Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom,” Int. J. High. Educ., vol. 8, no. 1, pp. 37–43, 2019, doi: 10.5430/ijhe.v8n1p37.
A. D. Cahyanti, “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Dengan Ispring Suite 8,” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG, 2018.
M. Syaifulloh, “Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII Di MTs Negeri 7 Malang,” Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2020.
D. I. N. Lestari and W. Wiratsiwi, “PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS QUIZIZZ TEMA I INDAHNYA KEBERSAMAAN SUB TEMA I KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU,” Pros. Semin. Nas. Penelit. dan Pengabdi. Masayarakat, vol. 6, no. 1, pp. 60–64, 2021.
F. Rozi and C. B. Hanum, “Pembelajaran IPA SD Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) Menjawab Tuntutan Pembelajaran Di Abad 21,” Semin. Nas. Pendidik. Dasar Univ. Negeri Medan, vol. 2, no. 1, pp. 246–311, 2019.
H. S. Fitri, H. S. Iriansyah, and A. S. Barkah, “Pengembangan Alat Evaluasi Berbentuk Tes Online Menggunakan Aplikasi Quizizz pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Materi Keberagaman Masyarakat Indonesia Kelas IV SD Fadilah Tangerang,” in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 2020, pp. 393–403.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung, 2013. doi: 10.17509/ijpe.v1i1.7497.
T. D. Kurnia, C. Lati, H. Fauziah, and A. Trihanton, “Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D Pageflip,” Semin. Nas. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 1, pp. 516–525, 2019.
N. A. Wiratama and I. Agustin, “Pengembangan Modul Pembelajaran Tema Sistem Tata Surya Pada Siswa Kelas IV SDN Gedongombo 6 Kabupaten Tuban,” vol. 8, no. 1, pp. 69–78, 2021.
W. M. G. Iqbal, “Pengembangan Alat Evaluasi Berbasis Wondershare Quiz Creator Pada Materi Koloid Kelas XI di SMA Koperasi Pontianak,” Universitas Muhammadiyah Pontianak Pontianak, 2017.