PROFIL BERPIKIR KRITIS SIWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN METEMATIKA

  • Retno Kusuma Wardhani Universitas PGRI Ronggolawe
  • Warli Universitas PGRI Ronggolawe
  • Surawan Universitas PGRI Ronggolawe
Keywords: Berpikir Kritis, Kemampuan Matematika, Ketrampilan Matematika

Abstract

Setiap siswa memiliki tingkat berpikir kritis yang berbeda-beda. Untuk itu dalam pembelajaran seorang guru harus bisa memperhatikan tingkat berpikir kritis yang dimiliki setiap siswa, agar tepat dalam memberikan pembelajaran sesuai dengan tingkat kemampuan matematika dari setiap siswa. Hal tersebut berguna untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menghadapi permasalahan sehari – hari, terutama masalah matematika. Adapun tujuannya dari penelitian ini adalah mendeskripsikan profil berpikir kritis ditinjau dari kemampuan matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Instrumen penelitiannya berupa tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis serta wawancara. Subjek penelitian sebanyak 6 orang siswa yang dipilih berdasarkan hasil dari nilai tes kemampuan matematika yang memiliki nilai tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis data penelitian ini berupa analisis data deskriptif kualitatif yang digunakan untuk menganalisis hasil tes berpikir kritis dan hasil wawancara siswa berdasarkan indikator berpikir kritis yaitu interprestasi, analisis, evaluasi, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Siswa berkemampuan matematika tinggi dapat melalui seluruh indikatot berpikir kritis sehingga tergolong baik. Siswa berkemampuan matematika sedang dan rendah tidak dapat melalui seluruh tahapan berpikir kritis sempurna maka siswa tergolong sukup dan kurang.

References

Ani, Elya Umi. Profil Kemampuan Pemcahan Masalah Matematika Siswa Berentuk Soal Cerita pada Materi Bangun Ruang . Tidak ditrebitkan. Tuban. program Saejana UNIROW Tuban.
Haryanti, Dwi. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Kesebangunan. Prosiding konferensi nasional penelitian matematika dan pembelajarannya (KNPM I) Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Hendriana, Heris dan Soemarmo Utari.2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Ban-dung: PT Refika Aditama.
Karim, Normaya. 2015. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Metematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Jucama di Sekolah Menen-gah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, Volum 3. Halama 92-104.
Lestari, Sri dan Wijayanti, Pradnyo. 2013. Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Memec-ahkan Masalah Matematika Open Ended Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa Dan Perbedaan Jenis Kelamin Pada Materi Kubus Dan Balok jurusan Ma-tematika, FMIPA, Unesa. Online. Tersedia di : http://ejournal.unesa.ac.id/article/6278/30/article.pdf, diakdes pada tanggal 10 Maret 2017.
Manfaat, Budi. 2013. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Dengan Menggunakan Graded Response Models (GRM). Prosiding Seminar Nasional Ma-tematika dan Pendidikan Matematika di Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Mulyana, Yeni. 2016. Profil Berpikir Kritis dan Krestif Siswa dalam Memecahkan Masa-lah Terbuka (Open Ended Problem) Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Skripsi tidak dipublikasi. Tuban: UNIROW Tuban.
Ristontowi. 2011. Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Me-lalui Pembelajaran Creativ Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA. UNILA
Published
2017-09-23
How to Cite
Retno Kusuma Wardhani, Warli, & Surawan. (2017). PROFIL BERPIKIR KRITIS SIWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN METEMATIKA. Prosiding SNasPPM, 2(1), 297-302. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/125