PELATIHAN PEMANFAATAN FITEL (FITUR TELEGRAM) UNTUK EVALUASI PEMBELAJARAN BAGI GURU DI SMP NEGERI 2 GRABAGAN

Authors

  • Dyah Kurniawati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Agus Wardhono Universitas PGRI Ronggolawe
  • Christina I.T. Panggabean Universitas PGRI Ronggolawe
  • Mansur Mansur Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

pelatihan., telegram, evaluasi, guru

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk membantu pendidik dalam melakukan  transformasi pengetahuan peserta didik yang bisa dilakukan tanpa adanya kendala ruang dan waktu  sehingga pendidik mampu melakukannya dimana saja dan kapan saja. Proses transformasi pengetahuan yang konvensional bagi generasi milenial yang rata-rata lahir di jaman internet tidak lagi menarik bagi mereka. Generasi yang lebih melek gadget ini amatlah tidak tertarik jika mereka melakukan kegiatan belajar mengajar atau transfer pengetahuan secara konvensional, generasi mereka menuntut sesuatu bisa dilakukan secara tepat dan cepat tanpa terhalang ruang dan waktu. Dalam hal ini, media pendidikan merupakan salah satu pendukung yang efektif dalam membantu terjadinya proses belajar. Telegram merupakan salah satu produk teknologi informasi atau media komunikasi yang mampu menjembatani permasalahan tersebut diatas. Penguasaan teknologi informasi atau media komunikasi antara pendidik dan peserta didik yang berbeda menjadikan permasalahan tersebut menjadi tambah besar. Pengabdian masyarakat ini berupa pelatihan pemanfaatan fitur telegram yang dilakukan di SMP Negeri 2 Grabagan. Pelatihan ini berupaya untuk membantu guru dalam mengevaluasi pembelajaran dengan memanfaatkan fitur evaluasi dalam telegram untuk memperkaya wawasan guru selain dengan cara evaluasi manual yang biasa guru lakukan.

References

H. L. Az-eddine Khaloufi, “An examination of the impact of computer skills on the effective use of ICT in the classroom,” Indones. J. EFL Linguist., vol. 2, no. 1, pp. 53–69, 2017.

Juhana, “Teaching English to Young Learners: Some Points to be Considered,” Asian J. Educ. e-Learning, vol. 02, no. 01, pp. 43–46, 2014.

K. A. Bingimlas, “Barriers to the Successful Integration of ICT in Teaching and Learning Environments: A Review of the Literature,” 2009, [Online]. Available: http://www.ejmste.com/v5n3/E

M. Mahdum, Hadriana, & Safriyanti, “Exploring Teacher Perceptions and Motivations to ICT Use in Learning Activities in Indonesia.,” J. Inf. Technol. Educ. Res., pp. 293-317., 2019, [Online]. Available: https://doi.org/10.28945/4366

A. Ghanizadeh, A., & Razani, “The impact of using multimedia in English high schoolclasses on students language achievement and goal orientation,” Int. J. Res. Stud. Educ. Technol., pp. 31–42, 2015.

A. Fedorov, “Media Education Must Become Part and Parcel of the Curriculum: Interview in Thinking Classroom.,” pp. 25–30, 2006.

A. Arifani, Y., Natchiar, F., Khaja, M., Suryanti, S. R. I., & Wardhono, “The influence of blended in-service teacher professional training on ELF teacher creativity and teaching effectiveness,” pp. 126–136, 2019, [Online]. Available: http://ejournal.ukm.my/31article/view/32674

S. Haygood, E., Garner, R., & Johnson, “Blended Learning:Using Web 2.0S to Enhance Classroom Instruction,” 2012, [Online]. Available: http://www.cehs.ohio.edu/

F. Fahana, J. F., & Ridho, “Pemanfaatan Telegram Sebagai Notifikasi Serangan untuk Keperluan Forensik Jaringan,” JOM FISIP, pp. 1–11, 2018.

F. Vahdat, S., Shooshtari, Z. G., & Mazareian, “The impact of Telegram on learning of collocational knowledge among EFL high school students,” Appl. Linguist. Res. J. (ALR Journal), vol. 4(03), pp. 37-51., 2020.

A. Lestari, S., & Wardhono, “The Use of Telegram Apps in Basic Grammar Class at English Study Program Unirow Tuban,” 2019.

P. B. S. A. Wardhono, A. Kalista, D. Kurniawati, “Quiz Training Program through iSpring Suite 8.0 to Junior High School Teachers Tuban,” 2019, [Online]. Available: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Axiologiya/article/view/2326

S. Wardhono, A., & Spanos, “Assessing English Speaking and Listening Skills with the Mobile Application Telegram,” Indones. EFL J. J. ELT, Linguist. Lit., 2018, [Online]. Available: http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/efi/article/view/3636

M. Finn, A., & Bucceri, “A case study approach to blended learning,” 2008, [Online]. Available: http://www.centra.com/download/whitepapers/CaseStudy_BlendedLearning.pdf

R. Slavin, Educational research in an age of accountability. Boston: Pearson, 2007.

Additional Files

Published

2023-01-26

How to Cite

Kurniawati, D., Wardhono, A., Panggabean , C. I., & Mansur, M. (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN FITEL (FITUR TELEGRAM) UNTUK EVALUASI PEMBELAJARAN BAGI GURU DI SMP NEGERI 2 GRABAGAN. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1209–1215. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1256