ANALISIS DATA EKSPLORATIF PRESTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA MATEMATIKA II

Authors

  • Tanti Nawangsari Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Analisis Data Eksploratif, Prestasi Belajar, Statistika Matematika

Abstract

Analisis data eksploratif dapat dilakukan untuk mengetahui karateristik dari data seperti bagaimana bentuk atau pola dari sebaran data dan apakah ada pencilan dari data tersebut. Analisis data eksploratif dapat dilakukan secara grafis yaitu misalnya dengan diagram batang dan daun dan boxplot. Diagram batang dan daun adalah diagram yang menyajikan penyebaran data sehingga secara keseluruhan data-data individu dapat terlihat cenderung memusat atau mengumpul serta dapat diketahui nilai manakah yang sering atau jarang muncul. Boxplot adalah diagram yang dibuat dengan berlandaskan pada ringkasan lima angka yaitu kuartil pertama (Q1), median atau kuartil kedua (Q2), kuartil ketiga (Q3), nilai minimum dan nilai maksimum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah dalam melakukan analisis data eksploratif dengan menggunakan diagram batang daun dan boxplot serta mendeskripsikan hasil analisis data eksploratif pada data prestasi belajar mahasiswa dalam mata kuliah Statistika Matematika II semester genap TA. 2016/2017. Informasi yang dapat diperoleh dari hasil analisis ini yaitu antara lain keragaman, sebaran data, posisi relatif median terhadap kuartil dan ada atau tidak adanya pencilan dari data prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah Statistika Matematika II.

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Junaidi. 2010. Mengenal Boxplot, (Online), https://junaidichaniago.wordpress.com/2010/02/0 2/mengenal-boxplot/, diakses 16 September 2017.
Kristanto, Yosep dwi. 2013. Diagram Batang Daun, (Online), https://yos3prens.wordpress.com/2013/08/23/diag ram-batang-daun/, diakses 16 September 2017.
Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif.
Bandung: Penerbit Alfabeta
Suliyanto. 2014. Statistika Non Parametrik dalam Aplikasi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sunarto. 2001. Metodologi penelitian Ilmu-Ilmu Sosial & Pendidikan. Surabaya: UNESA University Press.
Turmudi dan Harini, Sri. 2008. Metode Statistika Pendekatan Teoritis dan Aplikatif. Malang: UIN- Malang Press.

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Tanti Nawangsari. (2017). ANALISIS DATA EKSPLORATIF PRESTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH STATISTIKA MATEMATIKA II. Prosiding SNasPPM, 2(1), 303–308. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/126