PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS DIGITAL DENGAN APLIKASI EDUCANDY UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

studi kasus di SDN Sambonggede 1

Authors

  • Saadatin Nazaidah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Keywords:

alat evaluasi berbasis digital, aplikasi educandy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan alat evaluasi berbasis digital dengan aplikasi educandy untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan alat evaluasi dengan aplikasi educandy untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa alat evaluasi dengan aplikasi educandy yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid untuk digunakan dengan presentase untuk ahli materi 75% ,ahli media 73% dan ahli bahasa 80 %, serta telah dilakukan revisi produk sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa alat evaluasi dengan aplikasi educandy yang dikembangkan memiliki kriteria praktis digunakan untuk pembelajaran dengan presentase angket respon guru 84% dan angket respon siswa 86%. Dan hasil tes siswa menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan klasikal memperoleh hasil sebesar 81% dengan 26 siswa mendapat nilai di atas KKM dan 6 siswa mendapat nilai di bawah KKM.  Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan siswa serta tes siswa menunjukkan bahwa alat evaluasi dengan aplikasi educandy yang dikembangkan layak / valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

References

Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2016 . Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.

Budiarti, Ariyani. 2017. Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Kelas IV Sekolah Dasar. University of Muhammadiyah Malang. (Online). (https://eprints.umm.ac.id/35515/. Diakses pada tanggal 30 April 2022)

Kurnia Dewi,Cahya.2018.Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Pada Pembelajaran Matematika Kelas X.. UIN Raden Intan Lampung(http://repository.radenintan.ac.id/4286/1/SKRIPSI%20CAHYA%20KURNIA.pdf. Diakses pada tanggal 7 Mei 2022).

Hamzah, Ali.2014. Evaluasi Pendidikan Matematika. Jakarta: Rajawali.

Isnaini, Eri. 2014. Pengembangan Sumber Belajar IPS Bentuk Majalah dengan Materi Interaksi Manusia dan Lingkungan Untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. (Online). (https://eprints.uny.ac.id/18586/. Diakses pada tanggal 06 Mei 2022)

Khoirudin, Rizal Miftakhul. 2019. Pengembangan Modul Biologi Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada Materi Animalia Kelas X-Mipa untuk Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. (Online). (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/11570/. Diakses pada tanggal 30 April 2022)

Naimah, Siti Maimudah. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Materi Kecepatan dan Debit untu Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Reynaldo, Imam. 2020. Pengembangan E-Book Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Aplikasi Sigil pada Materi Alat Optik SMA/MA. UIN Raden Intan Lampung. (Online). (http://repository.radenintan.ac.id/10732/1/PUSAT%201-2.pdf. Diakses pada tanggal 06 Mei 2022)

Sugiyono.2016.Metode Penelitian & Pengembangan(Research and Development.

Bandung: Alfabeta.

Vitianingsih, A. V. 2016. Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal INFORM. 1 (1): 1-8.

Yuliantina, Ivone. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pasurlut dalam Materi Pasang Surut Air Laut pada Kelas 6 SD. University of Muhammadiyah Malang. (Online). (https://eprints.umm.ac.id/39449/. Diakses pada tanggal 10 Mei 2022)

Yumarlin MZ. 2013. Pengembangan Permainan Ular Tangga untuk Kuis Mata Pelajaran Sins Sekolah Dasar. Vol.3, No.1 & pp. 1-10.

Additional Files

Published

2023-01-26

How to Cite

Nazaidah, S., & Wiratsiwi, W. (2023). PENGEMBANGAN ALAT EVALUASI BERBASIS DIGITAL DENGAN APLIKASI EDUCANDY UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR: studi kasus di SDN Sambonggede 1. Prosiding SNasPPM, 7(2), 1196–1203. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1261