PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN APLIKASI WEB PIXTON UNTUK SISWA KELAS VI

Authors

  • Adisa Ika Nurmala Universitas PGRI Ronggolawe
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Komik Digital, Pendidikan Karakter, Web Pixton

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan melihat kegiatan pembelajaran di kelas VI Sekolah Dasar, yang dilatar belakangi dengan seringnya diterapkan metode ceramah pada pembelajaran dan pendidikan karakter yang ditanamkan juga masih kurang. Tujuan pengembangan komik digital berbasis pendidikan karakter menggunakan aplikasi web pixton ini digunakan untuk mengukur seberapa valid, praktis dan efektif media ini digunakan dalam pembelajaran. Pengembangan ini dilakukan menggunakan model ADDIE, dengan menganalisis instrument penelitian berupa lembar validasi para ahli, lembar angket guru dan siswa, serta hasil tes siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa presentase kelayakan produk diperoleh 94% hasil validasi ahli media dan 92% hasil validasi ahli materi, kriteria kepraktisan diperoleh presentase 93% dari angket guru dan 90% dari angket siswa serta kriteria kevalidan diperoleh 88% dari 15 siswa yang memperoleh nilai diatas KKM dengan pemahaman nilai karakter yang ditunjukkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komik digital berbasis pendidikan karakter ini valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas VI Sekolah Dasar.

References

Putri, S. M. D., & Kurniawan, R. (2019). Komik pendidikan karakter sebagai upaya penanaman pendidikan karakter di SD. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019, 132–141. (Online).(http://seminar.uad.ac.id/index.php/ppdn/article/view/1362/645. Diakses pada tanggal 26 Maret 2022)

Suratno, E., & Wiratsiwi, W. (2018). Kelayakan Modul Ips Berwawasan Pendidikan Karakter Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Education and Human Development Journal, 3(2), 143–148. (Online). (https://doi.org/10.33086/ehdj.v3i2.54. Diakses pada tanggal 20 Maret 2022)

Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Smartphone Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan. 5(1), 81–90. (Online) (https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081. Diakses pada tanggal 3 April 2022)

Havifazrin, Lutvi. (2017). Pengembangan Media Komik Berbasis Information Technology Dengan Powerpoint Pada Pembelajaran Pkn Materi Keputusan Bersama Kelas V SDN Salaman Mloyo Semarang. Universitas Negeri Semarang. (Online).(http://lib.unnes.ac.id/31253/1/1401413085.pdf. Diakses pada tanggal 5 April 2022)

Adnan, D. R. N. (2011). Pengembangan Komik Pengukuran Dasar untuk Meningkatkan Prestasi Siswa SMK Ma’arif Salam. Universitas Negeri Yogyakarta. (Online). (http://eprints.uny.ac.id/24984/1/Dana%20Rizki%20Nur%20Adnan%2009503242002.pdf. Diakses pada tanggal 6 April 2022)

Indaryati, Jailani. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Prima Edukasia. 3(1). 83-96. Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/4067. Diakses pada tanggal 5 April 2022)

Diananda, A. (2018). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Konsep Diri Anak. Journal ISTIGHNA, 1(2), 1–21. (Online).(https://doi.org/10.33853/istighna.v1i2.1. Diakses pada tanggal 27 Maret 2022)

Hendriana, E. C., Jacobus A. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. 1 (2), 25-29. (online). (https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPDI/article/view/262 . Diakses pada tanggal 29 Maret 2022)

Mustakim. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Fisika Menggunakan Aplikasi Pixton Berbasis Pendekatan Kontekstual Di MTS Al-Furqon Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. (online).(http://repository.uinjambi.ac.id/4940/1/MUSTAKIM%20%2CTF%20151094.pdf. Diakses pada tanggal 24 Maret 2022)

Lee, Vivian WH. (2013). Using Pixton As a Tool in the Classroom. (http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Using_Pixton_As_a_Tool_in_the_Classroom. Diakses pada tanggal 2 April 2022)

Juanda, N. I., Waluyanto, H. D., & Zacky, A. (2015). Perancangan Komik Pembelajaran Bertemakan Fabel untuk Pembentukan Karakter pada Anak. Jurnal DKV Adiwarna. (Online). (http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/viewFile/3220/2910. Diakses pada tanggal 7 April 2022)

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman. 4 (2), 129-150. (online). (http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/1204. Diakses pada tanggal 7 April 2022)

Aprillianti, Prima. (2021). Pengembangan E-BOOK Dengan Aplikasi Book Creator Pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban: Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Panjaitan, S, M., Alpusari, M., & Lazim, N. (2019). Penerapan Model Quantum Teaching Utntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IIIB SD Negeri 188 Pekanbaru. Jurnal Tunjuk Ajar. 2 (2), 134-147. (online).(https://jta.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTA/article/download/7270/pdf. Diakses pada tanggal 3 April 2022)

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Nurmala, A. I., & Wiratsiwi, W. (2022). PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER MENGGUNAKAN APLIKASI WEB PIXTON UNTUK SISWA KELAS VI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 269–273. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1266