IBM HOME INDUSTRI KERUPUK LELE

Authors

  • Anita Theresia Kurniawati Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Wiwik Widyo Widjajanti Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Evi Yuliawati Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Keywords:

Krupuk Lele, Budidaya Lele, Produksi, Pemasaran

Abstract

Home Industri krupuk lele didaerah Sidoarjo dijadikan Mitra 1 dalam kegiatan pengabdian dengan skema Iptek bagi Masyarakat. Sedangkan yang dijadikan Mitra 2 adalah peternak ikan lele sebagai pensuply bahan bagi Mitra 1. Dalam menjalankan usahanya, kedua Mitra mengalami permasalahan yang harus diselesaikan baik dalam aspek produksi, keuangan, produk, pemasaran maupun budidaya lele. Permasalahan tersebut adalah keterbatasan modal, menajemen keuangan masih belum terstruktur, waktu proses produksi lama dikarenakan pemotongan krupuk lele mentah dengan pisau dan pembuatan adonan dilakukan manual. Mitra 1 belum bisa memasarkan produknya ke Toko ternama karena belum mempunyai sertifikat Pangan dan Industri Rumah Tangga dari Dinas Kesehatan. Pengetahuan kedua Mitra mengenai strategi pemasaran khususnya online masih kurang. Pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) Mitra 2 mengenai budidaya ikan lele khususnya pembuatan pakan alternatif masih kurang. Tim mengadakan pendampingan untuk mengatasi permasalahan hanya pada aspek produksi, produk, pemasaran, dan budidaya lele. Hal ini bertujuan agar ada peningkatan kualitas dan pendapatan Mitra. Tim melakukan pengadaan mesin pemotong krupuk lele, mesin pencampur adonan untuk Mitra 1. Tim juga membuatkan desain kemasan dan mengurus sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) ke Dinas Kesehatan Sidoarjo. Tim melakukan pelatihan pemasaran (strategi pemasaran) khususnya online untuk kedua Mitra dan pembuatan blogs dengan alamat www.krupukleleblog.wordpress.com untuk Mitra 1. Tim melakukan pengadaan mesin pembuat pakan seperti pellet untuk Mitra 2. Setelah dilakukan pendampingan tersebut, manfaat yang didapat Mitra antara lain proses produksi lebih cepat, kualitas krupuk lebih bagus, lebih mudah memasarkan, pengetahuan mengenai strategi pemasaran bertambah dan dapat membuat pakan alternatif sendiri sehingga biaya produksi rendah.

References

Alamtani, Budidaya Ikan Lele, http://alamtani.com/budidaya-ikan-lele.html, Mei 2013, diakses 2016.
Kotler, P. (2002). Manajeman Pemasaran. Prentice Hall, inc. New Jersey

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Anita Theresia Kurniawati, Wiwik Widyo Widjajanti, & Evi Yuliawati. (2017). IBM HOME INDUSTRI KERUPUK LELE. Prosiding SNasPPM, 2(1), 309–312. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/127