UJI VALIDITAS ALAT PERMAINAN ESTAFET PIPA BOLA PING PONG UNTUK KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Authors

  • SITI NURHIDAYAH Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dwi Imam Efendi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Kemampuan kerjasama, alat permainan estafet pipa bola ping pong

Abstract

Masalah yang ditemukan oleh peneliti yaitu kurangnya alat permainan yang mendukung perkembangan kemampuan kerjasama anak, sehingga anak-anak lebih mementingkan diri sendiri dan kurang peduli dengan teman lainnya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang akan menghasilkan produk alat permainan estafet pipa bola ping pong. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan media alat permainan estafet pipa bola ping pong dan untuk mengetahui kelayakan media alat permainan estafet pipa bola pingopong  yang digunakan dalam proses bermain. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan 5 dari 10 tahapan yang ada yaitu 1) potensi masalah 2) pengumpulan informasi 3) desain produk 4) validasi desain 5) revisi produk. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan angket yang diajukan kepada validator selaku para ahli yang terdiri dari dua ahli media dan dua ahli materi. Berdasarkan hasil validasi alat permainan estafet pipa bola ping pong mendapat hasil rata-rata 4,15 atau 83% dengan kriteria “Sangat Layak” sedangkan dari hasil validasi materi mendapat hasil rata-rata 3,6 atau 71% dengan kriteria “Layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media alat permainan estafet pipa bola ping pong “Sangat Layak” untuk digunakan untuk menumbuhkan kemampuan kerjasama anak.

References

P. Bermutu, “No Title,” vol. 3, pp.676– 684, 2019.

I. B. Maryatun, “Peran Pendidik Paud Dalam Membangun Karakter Anak,” J. Pendidik Anak, vol. 5, no. 1, pp. 747– 752,2016,doi: 10.21831/jpa.v5i1.12370.

D. Waskitawati and I. Widianingsih, “Pendampingan Pengembangan Paud Inklusif Di Kota Bandung,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 3, p. 227, 2019,

Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan anak usia dini. Jakarta: Bumi Aksara.

Abidin, Ratno & Aristiana prihatining rahayu, (2016). Pendampingan Pendidikan Anak Usia (Paud) Cahaya Bunda Di Jembatan Merah Kota Surabaya. Axiologiya Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1 (1): 8

Mujib Fathul Dan Nailur

Rahmawati, (2013). Permainan edukatif pendukung pembelajaran bahasa arab (2). Diva press: Yogyakarta.

Sajirun, Muhammad, Membentuk Karakter Islami Anak Usia Dini, Solo: Era Adicitra Intermedia, 2012

Guslinda & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV. Jakad Publishing

Azhar Arsyad, (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: raja Grafindo Persada

A. Asmariani, “Konsep media pembelajaran PAUD,” Al-Afkar J. Keislam. Perad., vol. 5, no. 1, 2016.

Wiarto, Giri. 2013. Atletik. GrahaIlmu. Yogyakarta

Adistyasari, Ria. 2013. Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Kerjasama Anak Dalam Bermain Angin Puyuh. Semarang: UNNES. Skripsi Online diakses pada tanggal 17 Februari 2020 jam 18.21

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya

Yusuf, Syamsu LN. (2014). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Triyanti, Enda,Dkk. 2016. Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Melalui Bermain Simbolik. Jurnal Ilmiah Potensia. Nomor 1. Volume 1

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Alfabet, 2015.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

NURHIDAYAH, S., & Efendi, D. I. (2022). UJI VALIDITAS ALAT PERMAINAN ESTAFET PIPA BOLA PING PONG UNTUK KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 274–279. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1271