PENGEMBANGAN MEDIA MISTERY BOX BERWAWASAN KARAKTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI

Authors

  • Bungsu Zulina Dewi Pamungkas Universitas PGRI RONGGOLAWE TUBAN
  • Wendri Wiratsiwi

Keywords:

media pembelajaran, media mistery box, pendidikan karakter, media mistery box berwawasan karakter, karakteristik peserta didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media mistery box berwawasan karakter untuk peserta didik kelas IV SD/MI serta untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan dari media mistery box. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu Analysis (analisis), Design (desain atau perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon guru, angket respon peserta didik dan lembar tes peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data observasi dan wawancara, analisis data kevalidan, data kepraktisan, dan data keefektifan. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa media mistery box berwawasan karakter yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid digunakan dengan presentase ahli materi 92% dan ahli media 96%, serta telah dilakukan revisi produk sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan peserta didik diperoleh hasil bahwa media mistery box berwawasan karakter yang dikembangkan memiliki kriteria praktis digunakan untuk pembelajaran dengan presentase angket respon guru 96% dan angket respon peserta didik 98%. Dan hasil tes peserta didik menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan klasikal memperoleh hasil sebesar 93% dengan 38 peserta didik mendapat nilai di atas KKM dan 3 peserta didik mendapat nilai dibawah KKM. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan peserta didik, serta tes peserta didik menunjukkan bahwa media mistery box berwawasan karakter yang dikembangkan layak/valid, praktis, dan efektif untuk digunakan.

References

Prasetiyo , D. A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Skripsi. (Online). (http://eprints.ums.ac.id/75947/1/NASPUB.pdf. Diakses pada tanggal 5 April 2022)

Nuralan, S. (2021). Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Media Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA NEGERI 1 TOLITOI. Jurnal Inovasi Penelitian , 2 (7). 1917-1923. (Online). https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/download/1041/785. (Diakses pada tanggal 2 April 2022).

Zubaidah, Enny. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Menciptakan Lingkungan Kelas SD (Alternatif Penciptaan Laboratorium SD Yang Efektif). jurnal Prima Edukasia. 3 (1). 47-60. (Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/download/4064/3519. Diakses pada tanggal 3 April 2022)

Simamora, L. H., Hasibuan, H. B., & Lubis, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Mistery) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di RA AL-Fajar Medan. Jurnal Raudhah, 7 (2), 97. (Online). (https://www.researchgate.net/publication/338394070_PENGARUH_PENERAPAN_PERMAINAN_MAGIC_BOX_KOTAK_MISTERI_TERHADAP_PERKEMBANGAN_BAHASA_ANAK_USIA_5-6_TAHUN_DI_RA_AL-FAJAR_MEDAN_DENAI/fulltext/5e11dbbf92851c8364b12f5a/PENGARUH-PENERAPAN-PERMAINAN-MAGIC-BOX-KOTAK-MISTERI-TERHADAP-PERKEMBANGAN-BAHASA-ANAK-USIA-5-6-TAHUN-DI-RA-AL-FAJAR-MEDAN-DENAI.pdf. Diakses pada tanggal 1 April 2022).

Khasanah, N. (2021). Pengaruh Model Talking Stick Berbantuan Media Mystery Box Terhadap Hasil Belajar IPA. Skrispsi (Online). (http://eprintslib.ummgl.ac.id/3300/1/16.0305.0111_BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA%20-%20Nur%20Khasanah.pdf. Diakses pada tanggal 1 April 2022).

Arumsasi, D. (2022). Mistery Box Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Kompetensi Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang. Jurnal Inovasi Pendidikan Menengah , 2 (1). 111. (Online). (https://jurnalp4i.com/index.php/secondary/article/view/883. Diakses pada tanggal 18 April 2022)

Alfajar, L. H. (2014). Upaya Pengembangan Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Negeri Sosrowijayan. Skripsi. (Online). (https://eprints.uny.ac.id/13480/1/SKRIPSI_LUKMAN%20HAKIM%20ALFAJAR_PGSD_09108241083.pdf. Diakses pada tanggal 4 April 2022).

Supraptiningrum, & Agustini. (2015). Membangun Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter , 6 (2). 219-228. (Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/download/8625/7118. Diakses pada tanggal 10 April 2022).

Sumanti, N. (2021). Pengembangan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 1 (2). 183-190. (Online). (http://202.162.210.184/index.php/guau/article/download/50/50/201. Diakses pada tanggal 12 April 2022).

Firdaus, K. M. (2019). Pengembangan Multimedia Animasi ARC Metal Spraying. Skripsi. (Online). (http://repository.upi.edu/40925/4/S_TM_1501879_Chapter3.pdf. Diakses pada tanggal 15 April 2022).

Anggara, D. S., & Abdillah, C. (2019). Modul Metode Penelitian. Pamulang, Tangerang Selatan: UNPAM PRESS. (Online). (http://eprints.unpam.ac.id/8584/2/METODE%20PENELITIAN.pdf. Diakses pada tanggal 20 April 2022)

Arini, N. K., Syahrudin, H., & Sudatha, I. G. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran ADDIE Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Di Desa Pedawa. (Online). (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/670/544. Diakses pada tanggal 22 April 2022)

Sabdarini, C., Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2021). Pengembangan LKS Tematik Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU , 5, (5). 3765-2777. (Online). (https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/1393/pdf . Diakses pada tanggal 28 April 2022)

Dalimunthe, A., Affandi, M., & Suryanto, E. D. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Teknik Digital Model ADDIE. Jurnal TIK Dalam Pendidikan, 8 (1). 17-22. (Online). (https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/26777/0. Diakses pada tanggal 25 April 2022)

Khoirudin,R. M. (2019). Pengembangan Modul Biologi Berbasis PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) pada Materi Animalia Kelas X-Mipa untuk Menigkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. (Online).(http://repo.iain-tulungagung.ac.id/11570/. Diakses pada tanggal 24 April 2022)

Aprillianti, P. (2021). Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Book Creator Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi. Skripsi Tidak Diterbitkan. Tuban. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban.

Yuliantina,Ivone. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pasurlut dalam Materi Pasang Surut Air Laut pada Kelas 6 SD. University of Muhammadiyah Malang. (Online).(https://eprints.umm.ac.id/39449/. Diakses pada tanggal 25 April 2022)

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Bungsu Zulina Dewi Pamungkas, & Wendri Wiratsiwi. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA MISTERY BOX BERWAWASAN KARAKTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 280–288. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1274