PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERWAWASAN PENDDIKAN KARAKTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SD/MI

Authors

  • Farda Nurul Izzah Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Wendri Wiratsiwi Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media pembelajaran, pop up book, pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pop up book berwawasan pendidikan karakter untuk peserta didik kelas III SD/MI serta untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pop up book berwawasan pendidikan karakter untuk peserta didik kelas III SD/MI. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE  yang terdiri atas 5 (lima) tahap yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Instrumen yang pengumpulan data yang digunakan adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi ahli materi dan ahli media, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil wawancara dan observasi, sedangkan kuantitatif untuk analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan uji validasi media pop up book yang dikembangkan memiliki kriteria layak dan valid untuk digunakan dengan presentase ahli materi 89% dan ahli media 96%. Lembar angket respon guru dan peserta didik diperoleh hasil bahwa media pop up book  yang dikembangkan memiliki kriteria sangat praktis digunakan untuk pembelajaran dengan presentase angket respon guru 96% dan angket respon peserta didik 98%. Hasil tes peserta didik menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan klasikal memperoleh hasil sebesar 92% dengan 33 peserta didik mendapat nilai di atas KKM dan 3 peserta didik mendapat nilai di bawah KKM. Data yang dihasilkan dari validasi, angket respon guru dan peserta didik, serta tes peserta didik menunjukkan bahwa media pop up book  yang dikembangkankan layak/valid, sangat praktis, dan efektif untuk digunakan.

References

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan Pendidikan dalam Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 08(01), 28-37. (Online). (https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/69/70. Diakses pada tanggal 18 Maret 2022)

Harun, C. Z. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(3), 302-308. (Online). (https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/2752/2284. Diakses pada tanggal 16 September 2022)

Prasetyo, D., Marzuki, & Riyanti, D. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru. Jurnal Harmony, 4(1), 19-32. (Online). (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/31153. Diakses pada tanggal 25 Maret 2022)

Santika, I. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesia Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19. (Online). (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IVCEJ/article/view/27830. Diakses pada tanggal 3 April 2022)

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Informasi, 14(1), 15-20. (Online). (https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/artice/view/467/424. Diakses pada tanggal 4 April 2022)

Ekayani, N. P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-10. (Online). (https://scholar.google.co.id/scholar?q=ekayani+2017+media+pembelajaran&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart#d=gs_qabs&t=1656421444467&u=%23p%3D89OKTGDOtvUJ. Diakses pada tanggal 4 April 2022)

Sholeh, M. (2019). Pengembangan Media Pop Up Book Berbasis Budaya Lokal Keberagaman Budaya Bangsaku Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentela Pendidikan Dasar, 4(1), 138-150. (Online). (https://online-journal.unja.ac.id/gentala/article/view/6979. Diakses pada tanggal 28 Maret 2022)

Dewanti, H., Toenlioe, A. J., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan Media Pop Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228. (Online). (http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551. Diakses pada tanggal 16 Maret 2022)

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & H. I. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. Jurnal Pendidikan dasar, 1(2), 1-11. (Online). (https://journal.uwks.ac.id/index.php/trapsila/article/view/857/744. Diakses pada tanggal 28 Maret 2022)

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alvabeta.

Aisyah, R. (2021). Validitas Media Pembelajaran Inspring Suite Berbasis Android Pada Pemahaman Shalat Jama' dan Qashar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 169-178. (Online). (http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TARLIM/article/view/5423/3483. Diakses pada tanggal 30 Maret 2022)

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian dan Pengembangan dengan ADDIE Model. Jurnal Undiksha, 11(1), 12-26. (Online). (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145. Diakses pada tanggal 30 Maret 2022)

Aprilianti, P. (2021). Pengembangan E-book dengan Aplikasi Book Creator pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar . Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Ronggolawe: Tuban.

Khoirudin, R. M. (2019). Pengembangan Modul Biologi Berbais PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Review) pada Materi Animalia Kelas X-Mipa untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. (Online). (http://repo.iain-tulungagung.ac.id/11570/. Diakses pada tanggal 31 Maret 2022)

Elfiani, L. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Audio pada Materi Bangun Datar Segi Empat Di SMP. Skripsi, Diterbitkan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Malang:Malang. (Online). (https://eprints.umm.ac.id/43252/. Diakses pada tanggal 28 Maret 2022)

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Farda Nurul Izzah, & Wiratsiwi, W. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERWAWASAN PENDDIKAN KARAKTER UNTUK PESERTA DIDIK KELAS III SD/MI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 289–295. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1275