PERBEDAAN BERPIKIR KREATIF ANTARA PENGGUNAAN METODE PROJECT BASED LEARNING DAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEUANGAN SISWA KELAS XI SMK PGRI 2 TUBAN

Authors

  • Erna Lia Zulfika Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Yudi Supiyanto UNIROW

Keywords:

Berpikir Kreatif, Metode Project Based Learning, Metode Ceramah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan berpikir kreatif siswa kelas XI SMK PGRI 2 Tuban mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan dengan menggunakan metode Project Based Learning dan metode Ceramah. Penelitian dilatarbelakangi oleh penggunaan metode yang kurang beragam, penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu penelitian eksperimen dengan jenis eksperimen quasy eksperimen. Jumlah sampel kelas ekperimen adalah 22 siswa, dan jumlah sampel kelas kontrol adalah 22 siswa. Hasil yang diperoleh dari hasil analisis data kemudian menunjukkan bahwa: 1) Berpikir kreatif lebih baik pada kelas eksperimen dengan metode Project Based Learning, 2) Berpikir kreatif masih belum pada di kelas kontrol, 3) Terdapat perbedaan berpikir kreatif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan uji-t bahwa thitung > ttabel yaitu 2,633 > 2,018 dibuktikan dengan nilai Sig. 0,012 < 0,05. Dengan demikian diperol.eh hasil H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaaan berpikir kreatif antara penggunaan metode Project Based Learning dan metode Ceramah pada mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan siswa kelas XI SMK PGRI 2 Tuban.

References

R. Surya Rohana and D. Wahyudin, “Project Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa SD Pada Materi Makanan dan Kesehatan,” Serang.

S. Tan, L. Zou, T. T. Wijaya, N. Suci, and S. Dewi, “Improving Student Creative Thinking Ability With Problem Based Learning Approach Using Hawgent Dynamic Mathematics Software,” Journal On Education, vol. 02, pp. 303–312, Aug. 2020, [Online]. Available: (http://www.hawgent.com, diakses 23 Maret 2022).

S. Jumroh, “Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMA Perintis 2 Bandar Lampung,” Lampung, 2017.

Suryanto, “Meningkatkan Prestasi Belajar Pelajaran Ips Melalui Gabungan Metode Ceramah Dengan Metode Belajar Aktif Model Pengajaran Autentik,” 2017.

M. Ayu Sasmita and N. Listya Purnamasari, “Perbandingan Metode Pembelajaran Edutainment Dan Metode Pembelajaran Konvensional Terhadap Prestasi Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Di SMA Negeri 1 Kalidawir,” Tulungagung, Oct. 2018.

N. Rahmah Wardani, Juariah, and Nuraida dan Tutut Widiastuti A T, “Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif melalui penerapan model pembelajaran JUCAMA,” Jurnal Analisa, vol. 7, no. 1, pp. 87–98, 2021, [Online]. Available: (http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/analisa/index, diakses 25 Maret 2022)

A. P. Surya, S. C. Relmasira, A. Tyas, and A. Hardini, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga,” Jurnal Pesona Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 41–54, Apr. 2018.

S. Ashriah, A. Muis, and A. Faridah Arsal, “Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Yang Diajar Melalui Model Pembelajaran PJBL Dan Model Konvensional Materi Pencemaran Lingkungan,” Makaassar.

R. Ismail, R. Rifma, and Y. Fitria, “Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model PJBL di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 2, pp. 958–965, Mar. 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.808.

L. Sari, T. Taufina, and F. Fachruddin, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 4, no. 4, pp. 813–820, Jun. 2020, doi: 10.31004/basicedu.v4i4.434.

W. Sugiyastini, D. Nym Sudana, and I. Kd Suartama, “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Gugus V Banjar,” 2013.

E. W. Winarni, Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D, Cetakan Pertama. Jakarta: Bumi Aksara, 2018.

M. Safitri, “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Matematis Siswa,” 2019.

S. P. Sari, U. Manzilatusifa, and S. Handoko, “Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik,” Dec. 2019.

B. P. Santoso and F. E. Wulandari, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu Dengan Metode Pemecahan Masalah Pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa,” Sidoarjo, Aug. 2020.

R. T. Sari and S. Angreni, “Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa,” Varia Pendidikan, vol. 30, no. 1, pp. 79–83, Jul. 2018.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Erna Lia Zulfika, & Supiyanto, Y. (2022). PERBEDAAN BERPIKIR KREATIF ANTARA PENGGUNAAN METODE PROJECT BASED LEARNING DAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN OTOMATISASI TATA KELOLA KEUANGAN SISWA KELAS XI SMK PGRI 2 TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 296–300. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1281