PENGARUH MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

Authors

  • SITI NUR KHASANAH UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE
  • allan firman jaya UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE

Keywords:

media kartu angka, keterampilan kognitif, anak usia dini

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kemampuan rendah keterampilan kognitif. Penelitian berencana agar memutuskan hubungan  bermain kartu angka sama peningkatan kemampuan kognitif pada anak. Penelitian ini bertujuan untukee tahu hubunganii satu variabelsi dengan variabeliii lainnya. Lokasinya penelitianiiiiniii dilakukan diii Taman Kanak Bina Wiyata Desa Kepohagung  Kecamatan Plumpang. Penelitian ini mengunakan metode pengujian kuantitatif  menggunakan strategi yang korelasional dan rencana eksplorasi logis. Penelitian disini memiliki populasi 30 anak. Contoh yang digunakan adalah 30 anak. Informasi dikumpulkan dengan menggunakan strategi persepsi dan dokumentasi. Hasil tersebut dibedah menggunakan koneksi. 73 skor postest tampilan bahwa adanya positif hubungan pada bermain kartu angka dan peningkatan kemampuan kognitif anak. Dengan demikian, bermain memakai kartu angka bisa dimanfaatkan sebagai satu latihan bermain saat mencari cara mengasah kemampuan keterampilan kognitif anak.

References

F. Fahmi and R. W. Ningsih, “Eksistensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini,” J. pendidkan dan koseling, vol. 4, no. 1, 2021, doi: 10.46963/mas.

A. Aeni, “Persepsi Guru SD Dan Mahasiswa Calon Guru SD Tentang Kualitas Pendidikan Di Indonesia,” Rekonstruksi Pendidik. Anak Usia Dini, 2019.

A. Tridhonanto, Meraih Sukses Dengan Kecerdasa Emosional, 1st ed. Jakarata: Prenadamedia Group, 2010.

A. N. Rahayu, P. I. Lestari, I. Made, and E. Cahaya, “Implementasi Alat Permainan Edukatif Pohon Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Dan Lambang Bilangan,” Media Edukasi J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 1, Sep. 2019, Accessed: Sep. 17, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/730

D. Suryana, Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Prenadamedia Group, 2018.

M. Sholihah, M. Afifulloh, and Y. F. Lismanda, “Penerapan Metode Bermain Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di RA Al Amin Pakis Malang,” J. Ilm. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, 2019.

K. Metafisika, “Penilaian Keterampilan Bertanya Calon Guru PAUD sebagai Strategi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini,” Journal, K Metafis. - Child Educ., vol. 1, no. 2, 2019, Accessed: Oct. 17, 2022. [Online]. Available: http://journal2.unusa.ac.id/index.php/CEJ/article/view/1413

A. Triharso, Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Pres, 2013.

N. Oktriyani, “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Lingkaran Angka Di Taman Kanak-Kanak Qatrinnada Kecamatan Koto Tangah Padang,” PAUD Lect. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 82–96, Oct. 2017, doi: 10.31849/Paudlectura.V1I1.510.

L. Rozalina, “Pengembangan Aspek Kognitif Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Permainan Outdoor Di Paud Harapan Ananda Kota Bengkulu,” skripsi, Jan. 2019.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

KHASANAH, S. N., & jaya, allan firman. (2022). PENGARUH MEDIA KARTU ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Prosiding SNasPPM, 7(1), 828–831. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1282