PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK MISTERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VI SDN I BRONDONG LAMONGAN

Authors

  • FIRNANDA ALVIANA FIRDAUS UNIVERSITAS PGRI RONGGOLAWE TUBAN
  • SAEFUL MIZAN universitas pgri ronggolawe tuban

Keywords:

media, kotak misteri, media bangun ruang

Abstract

Kotak Misteri adalah Media yang terbuat dari papan kayu yang di dalamnya menjelaskan tentang materi Bangun Ruang.Dengan semakin berkembangnya alat tehnologi dalam dunia pendidikan, peneliti mengembangkan media Kotak Misteri. Tujuan dari peneliti adalah untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Kotak Misteri dan bangaimana kelayakan media pembelajaran Kotak Misteri. Penelitian ini di laksanakan sesuai dengan metode Research dan Development (R&D) dengan menggunakan modifikasi model ADDIE yang memiliki 5 tahapan penelitian, yaitu (1) Analisis, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa, lembar angket respon guru dan siswa, serta lembar tes siswa. Berdasarkan uji validasi diperoleh hasil bahwa media KOTAK MISTERI yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak untuk digunakan dengan persentase untuk ahli materi 76%, ahli media 88% dan ahli bahasa 84%, serta telah dilakukan revisi produk sehingga dapat diuji cobakan di lapangan. Lembar angket respon guru dan siswa diperoleh hasil bahwa media KOTAK MISTERI yang dikembangkan memiliki kriteria praktis digunakan untuk pembelajaran dengan persentase angket respon guru 91 % dan angket respon siswa 89%. Dan hasil tes siswa menunjukkan kriteria efektif digunakan dengan nilai ketuntasan klasikal sebesar 89%. Data yang dihasilkan dari angket respon guru dan siswa serta tes siswa menunjukkan bahwa media KOTAK MISTERI yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan.

References

Akhiruddin, Sujarwo, Haryanto Atmowardoyo & Nurhikmah. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Gowa: CV.Cahaya Bintang Cemerlang.

Arifin, Zainal. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarta

Arikunto, Suharsimi. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Asmawati. (2010). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Elisa Diah Masturah, Putu Putrini Mahadewi, L.,& Alexander S. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Singaraja. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. Klaten :In Tahta Media Group.

Hasil, M., & Siswa, B. (2017). Penggunaan Media KOMISI Kotak Misteri Akuntansi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Akuntansi. Sumatra Utara. In Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi 2(1), 53–67.

Sanaky, Hujair. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaubaka Dipantara.

Sanjanya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaan Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Simamora, L. H. (2019). Pengaruh Penerapan Permainan Magic Box (Kotak Misteri) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Al-Fajar Medan Denai. Jurnal Raudhah, 7(2), 91– 105.

Subarinah,Sri. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jakarta: DEPDIKNAS DIRJENDIKTI Direktorat Ketenagaan

Sudijono, Anas. (2010). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sumanto Y.D, Heny K, & Nur Aksin. (2008). Gemar Matematika 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Tegeh, I Made , I Nyoman Jampel & Ketut Pudjawan. (2014). Model Penelitian Pengemba ngan. Yogyakarta: Graha Ilmu dan Undiksha Press.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Predana Media Group.

Yuliantina,I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Pasurlut Dalam Materi Pasang Surut Air Laut Pada Kelas 6 SD. Universitiy of Muhammadiyah Malang.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

FIRDAUS, F. A., & MIZAN, S. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK MISTERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VI SDN I BRONDONG LAMONGAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 301–307. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1283