BIODIVERSITAS FITOPLANKTON SEBAGAI BIOINDIKATOR KESUBURAN PERAIRAN DI DANAU BEKAS LAHAN TAMBANG TANAH LIAT PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK PABRIK TUBAN

Study case PT Semen Indonesia (tbk) pabrik Tuban.

Authors

  • Agung Saputra Universitas PGRI Ronggolawe
  • Dwi Oktafitria

Keywords:

Air Tanah, Air Bersih, Kualitas Air, Air Tambak

Abstract

Kabupaten Tuban secara geologi termasuk daerah yang memiliki banyak sumberdaya alam yaitu berupa clay, ball clay, phospat, pasir silica, dolomit dan trass. Banyaknya sumberdaya yang melimpah dimanfaatkan oleh banyak industri pertambangan, namun dengan banyaknya industri pertambangan khususnya tanah liat, memberikan dampak lingkungan yang cukup besar. Seperti halnya danau buatan hasil proses pertambangan tanah liat. Walaupun sudah dilakukan pengelolaan terhadap danau buatan tersebut, namun belum sepenuhnya termanfaatkan secara optimal. Hal ini perlu dilakukan kajian monitoring dan evaluasi melalui pemanfaatan parameter bioindikator agar dapat memberikan rekomendasi pengelollaan danau secara optimal. Bioindikator yang digunakan adalah fitoplankton. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui struktur komuitas fitoplankton di danau bekas tambang tanah liat PT Semen Indonesia (Persero) Tbk pabrik Tuban. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan di interpretasikan melalui uji T test. Selanjutnya akan untuk mengetahui struktur komunitas fitoplankton di analisis menggunakan indeks keanekaragaman Shannon Wiener. Penelitian ini dilakukan di dua danau Tlogowaru yang memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga nantinya hasil dari penelitian ini bisa di perbandingkan antara kedua danau tersebut. Penelitian ini mendapati adanya perbedaan antara fitoplankton di kedua danau tersebut di tandai dengan H' 2,7 di danau Tlogowaru (TLO), dan H' 2,65 di danau Sugihan (SUG). Danau yang memiliki kondisi kedalaman permukaan air rendah cenderung lebih banyak terdapat fitoplankton dari pada yang kedalaman permukaanya tinggi.

Author Biography

Dwi Oktafitria

  •  

References

Dinas Pertambangan Dan Energi "Bahan Galian Tambang Di Kabupaten Tuban" 2016.

Wetzel, "Limnological Analysis," Third Edition Springer Verlag, New York, 2000.

Damayanti, "Tingkat Pencemaran Berdasarkan Saprobitas Plankton Di Perairan Pelabuhan Benoa, Kota Denpasar, Bali,"Jurnal Marine And Aquatic, 2017.

Suin, "Metoda Ekologi Bah Bolon Kabupaten Simalungun" Universitas Sumatera Utara, 2002.

Susiani, Ni Made, "Perubahan Penggunaan Lahan Dan Hubungannya Dan Tingkat Pencemaran Danau Buyan Di Desa Pancasari Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng ," IKIP Negri Singaraja, 2005.

Yuningsih, "Hubunan Bahan Organik Dengan Produktivitas Perairan Pada Kawasan Tutupan Eceng Gondok Perairan Terbuka Dan Keramba Jaring Apung Di Rawa Pening Kabupaten Semarang Jawa Tengah, " Jurnal Management Aquatic, 2014.

Hatta, "Hubungan Antara Produktivitas Primer Fitoplankton Dengan Unsur Hara Pada Kedalaman Secchi Di Perairan Waduk PLTA Kota Panjang Riau," IPB, 2007.

A. Y. Pambudi and E. Purnomo, “Identification and Analysis of Macrozoobenthos in The Reclamation Land Area of Lime Mining,” Environ Sci (Ruse), vol. 6, no. 2, pp. 45–49, 2022.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Saputra, A., & Oktafitria, D. (2022). BIODIVERSITAS FITOPLANKTON SEBAGAI BIOINDIKATOR KESUBURAN PERAIRAN DI DANAU BEKAS LAHAN TAMBANG TANAH LIAT PT SEMEN INDONESIA (PERSERO) TBK PABRIK TUBAN: Study case PT Semen Indonesia (tbk) pabrik Tuban . Prosiding SNasPPM, 7(1), 314–318. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1289