PEMANFAATAN SERABUT KELAPA SEBAGAI BAHAN DASAR PEMBUATAN SOFA DENGAN METODE ADHESIVE GUNA MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT SERTA PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PRODUK
Keywords:
Pemanfaatan, Serabut Kelapa, SofaAbstract
Sebagai negara kepulauan dan berada di daerah tropis dan kondisi agroklimat yang mendukung, Indonesia merupakan negara penghasil kelapa yang utama di dunia. Pada tahun 2000, luas areal tanaman kelapa di Indonesia mencapai 3,76 juta Ha, dengan total produksi diperkirakan sebanyak 14 milyar butir kelapa, yang sebagian besar (95 persen) merupakan perkebunan rakyat. Kelapa mempunyai nilai dan peran yang penting, baik ditinjau dari aspek ekonomi maupun sosial budaya.Sabut kelapa merupakan hasil samping, dan merupakan bagian yang terbesar dari buah kelapa, yaitu sekitar 35 persen dari bobot buah kelapa. Dengan demikian, apabila secara rata-rata produksi buah kelapa per tahun adalah sebesar 5,6 juta ton, maka berarti terdapat sekitar 1,7 juta ton sabut kelapa yang dihasilkan. Potensi produksi sabut kelapa yang sedemikian besar belum dimanfaatkan sepenuhnya untuk kegiatan produktif yang dapat meningkatkan nilai tambahnya. Furniture dijadikan sebuah kebutuhan penting bagi setiap orang serta digunakan dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam hal pembuatan furniture pengerajin telah banyak menggunakan berbagai jenis bahan yang berbeda agar memiliki ciri khas dari pengerajin yang lain meskipun produknya sama, namun bahan dasar tersebut lah yang membedakan produk dari pengerajin satu dengan yang lainnya. Hal ini tentunya memacu untuk para pengerajin lain untuk memunculkan ide baru untuk membuat sebuah produk dengan bahan dasar yang belum pernah dipergunakan seperti limbah serabut kelapa. Pada Program KKN-PPM ini tim akan melakukan pemanfaatan serabut kelapa sebagai bahan dasar pembuatan furniture(sofa) dengan metode adhesive meliputi tahapan analisis permasalahan dan kebutuhan, sehingga produk yang dihasilkan memiliki nilai lebih dan memiliki fungsi yang optimal dalam penggunaanya. Selain itu Program KKN-PPM ini memanfaatkan media online sebagai salah satu strategi pemasaran produk yang dihasilkan.
References
Andi dan Madcoms, 2013, Mahir Dalam 7 hari Adobe Dreamweaver CS6 dengan Pemrograman PHP & MySQL
Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit M.Sc, MBA, 2002, Konsep dan Aplikasi e-Business, Andi Yogyakarta
Riyeke Ustadiyanto, SE, 2002, e- Business Plan Perencanaan Pembangunan dan Strategi di Inter-net, Andi Yogyakarta
Tyasno Nurhadi, 2003, Pemrograman WML DAN WMLS Hadirkan Diri Anda di Mobile Internet, Andi Yogyakarta