PENGARUH ALAT PERMAINAN EDUKATIF DADU PINTAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI DI TK MEKAR SARI DESA LABUHAN KIDUL KECAMATAN SLUKE KABUPATEN REMBANG
Keywords:
kemampuan kognitif, alat permainan dadu pintar, logika matematikaAbstract
Kemampuan kognitif merupakan suatu proses kemampuan berpikir seorang individu untuk menghubungkan, menilai, dan menimbangkan suatu kejadian maupun peristiwa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Alat Permainan Edukatif Dadu Pintar dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Logika Matematika Anak Usia Dini di TK MEKAR SARI Desa Labuhan Kidul Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang.’Penelitian ini menggunakan kuantitiatif dengan jenis pre-experimental desing dan desain melalui one group pre test – pro test desain.‘Subyek dalam penelitian ini berjumlah 29 anak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh data T Hitung=0 lebih kecil dari T Tabel secara signifikan 5%=52, dapat diambil hasil keputusan yaitu Ha dapat diterima karena T Hitung < T Tabel (0 < 52) dan Ho ditolak karena T hitung > T Tabel (0 > 52).'Kesimpulan yang dapat diambil dari proses penelitian ini adalah alat permainan dadu pintar berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan kemampuan kognitif logika matematika di TK MEKAR SARI Desa Labuhan Kidul Kecamatan Sluke Kabupaten Rembang.
References
Susanto, A. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyani, M. 2016. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.
El-Khuluqo, I. 2015. Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Pendidikan Taman Kehidupan Anak).Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: IKAPI.
Mufarizzuddin. 2017. “Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Bermain Kartu Angka Kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 1, No. 1, p. 62—71.
Rozi, Nova. 2012. “Peningkatan Kecerdasan Logika Matematika Anak Melalui Permainan Berhitung Menggunakan Papan Telur di TK Aisyiyah 7 Duri”. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD. Vol. 1, No. 1, p. 1-10.
Susanto, A. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Elfiadi. 2016.”Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.7. Hal 53
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Hartini, P. (2012). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Melalui Media Permainan Memancing Angka Di Taman Kanak-Kanak Fathimah Bukareh Agama. Jurnal Pesona PAUD
Imrayanti. 2012. Peningkatan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan kotak mate-matika di Taman Kanak-Kanak Padang. Padang.
Mutia, D. 2010. Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung: Remaja Rosda Karya.
Surya, M. 2015. Strategi Kognitif Dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.