PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, DISCOUNT, DAN FASHION INVOLVEMENT TERHADAP IMPULSIVE BUYING PADA KONSUMEN MARKETPLACE SHOPEE
STUDI KASUS MAHASISWA PRODI PE UNIROW TUBAN
Keywords:
Shopping Llifestyle, Discount, Fashion Involvement, Impulsive BuyingAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh shopping lifestyle, discount, dan fashion involvement terhadap impulsive buying pada konsumen marketplace shopee (studi kasus mahasiswa prodi pendidikan ekonomi unirow tuban). Data yang diolah adalah hasil dari penyebaran kuisioner kepada 73 mahasiswa prodi PE Unirow Tuban. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling yang dimana memiliki kriteria pada responden penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji T, uji F dan koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator- bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Pada regresi linier berganda terdapat hubungan linier antar variabel, Pada hasil uji T menjelaskan bahwa thitung X1 sebesar (3,000)> t tabel 1,995 dengan taraf signifikan 0,004<0,05 maka H0 ditolak. T hitung X2 sebesar (2,518)> t tabel 1,995 dengan taraf signifikan 0,014<0,05 maka H0 ditolak. thitung X3 sebesar (3,767)> t tabel 1,995 dengan taraf signifikan 0,000<0,05 maka H0 ditolak. Kemudian pada hasil uji F secara simultan variable X berpengaruh secara signifikan terhadap variable Y dengan nilai F hitung (31,968) > F tabel (2,73) dengan taraf signifikasi 0,000<0,05. Dan hasil uji koefisien determinasi menunjukkan besarnya pengaruh variabel X ke Y sebesar 58,2%.
References
Umboh, Z., Mananeke, L., & Samadi, R. L. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Behaviour Konsumen Wanita Di Mtc Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(3).
Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 360-368.
Prihastama, B. V. (2016). Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Minimarket (skripsi tidak dipublikasikan) Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
I Made Willy Setiadi & I Gede Ketut Warmika, (2015). Pengaruh Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Konsumen Fashion yang Dimediasi
Positive Emotion di Kota Denpasar, E-Jurnal Manajemen 4(6), 1684-1700
Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Suhriyanto dan Arifin, Rois. (2018). “Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Mahasiswa Pengunjung Matos (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEB UNISMA)”. e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma. Vol. 7 (7): hal. 58.
Huda, S. (2021). Pengaruh Shopping Lifestyle dan Disvcount terhadap Impulsive Buying pada Marketplace Lazada (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Malang).http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/7219
Sari, N.A & Indrawati, F (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Pada “Butik Kanabini” Di Tenggarong. jurnal ekonomi dan manajemen VOL. 18 NO. 2 https://doi.org/10.53640/jemi.v18i2.536
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Siregar, Sofyan (2018). Metode penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan manual dan SPSS. Jakarta: Kencana.
Gunawan, Imam. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.
Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.
Widiyanto Agus Mikha. (2013). Statistika Terapan (Konsep & Aplikasi SPSS/LISREL dalam Penelitian Penelitian Pendidikan, Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya). Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Febriani,S.F & Purwanto, N. (2019) Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Hijab Butik Rabbani Jombang, JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara
Engel, James F, Blackwell, Roger D, & Miniard, Paul W. (2019). Perilaku Konsumen. Edisi ke-6 Jilid Pertama. Jakarta: Binarupa Aksara.
C.M. Wonggo. (2020) Dampak Discount, Brand Image Dan In Store Display Terhadap Impulse Buying Pada Pt. Matahari Departement Store Mantos 2. Jurnal EMBA Vol. 8 No. 3. Hal. 124-133
Sutisna. 2012. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT. Remaja Rusdakarya
Amrullah, Kholikuddin. Rachma, N. ABS, M. Khoirul. (2019). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Toko Three Second Jalan Soekarno Hatta Malang). e-Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisma. Vol. 8 (20): hal. 115.
Temaja Wisnu Bayu, I Km.,dkk. (2015). Pengaruh Fashion Involvement, Atmosfer Toko, Dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Pada Matahari Department Store Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 6, 2015: ISSN: 2302-8912