IPTEK BAGI MASYARAKAT PETANI JAMUR TIRAM DI KABUPATEN PASURUAN JAWA TIMUR

Authors

  • Untung Usada Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo
  • Sugiyanto Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya

Keywords:

Baglog Jamur, Budidaya Jamur, Jamur Tiram, Pemasaran

Abstract

Kondisi geografis desa Pintrang kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan sangat mendukung untuk pertumbuhan jamur tiram. Banyak warga yang bertani jamur tiram termasuk pak Dahlan. Ketekunan dan kegigihan pak Dahlan dalam bertani jamur, membuat tim dari Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo menjadikan mitra dalam kegiatan IbM. Dalam melakukan kegiatan bertani, Pak Dahlan tidak lepas dari permasalahan. Keterbatasan pengetahuan tentang pembuatan baglog, membuat pak Dahlan mendatangkan boglog dari CV Surya Mandiri mushroom (mitra 2) yang meru-pakan produsen baglog. Beberapa permasalahan yang mendapatkan prioritas dalam kegiatan ini adalah aspek sarana prasarana, SDM dan pemasaran. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, pendekatan yang ditawarkan adalah pelatihan dan workshop bagi peningkatan kemampuan dan kualitas SDM dalam bidang budidaya maupun pemasaran, perbaikan/rekayasa dan pengadaan sarana prasarana. Pelatihan yang diberikan adalah pelatihan tentang pembuatan baglog. Saran pemasaran dibuatkan blog. Untuk meningkatkan daya tampung baglog, kumbung mitra 1 dilakukan perbaikan kumbung dengan daya tampung 3000 baglog dan pengadaan alat pengontrol suhu (thermometer, higrometer dan hand sprayier). Musibah yang menimpa mitra 2 dengan meledaknya boiller membuat produksi baglog berhenti total. Perbaikan boiller merupakan hal yang vital bagi proses berlangsungnya produksi baglog. Untuk itu, tim melakukan perbaikan terhadap sisa-sisa boiller yang masih bisa digunakan. Selain itu juga dilakukan pengadaan neon box untuk melakukan pemasaran secara offline. Dengan pendekatan yang dilakukan tim, hasil produksi mitra 1 dapat meningkat dan mitra 2 dapat melakukan produksi.

References

Akhmad, A. N., Hadi,S. 2013 “Budidaya Jamur Tiram Melalui Media Bekatul dan Pemberian Pupuk Organik di Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember”.
Astutik . Z., Ahmad. 2014. Pengembangan Usaha Produktif Kelompok Afinitas Tunggaksemi Dalam Rangka Peningkatan Ketahan Pangan Masyarakat Desa Sumberrejo Kecamatan Batu Kota Batu. AGRISE Volume XIV No. 1 Bulan Januari 2014. ISSN:1412-1425. Batu.
Hidayat, 2007. “Teknik Budidaya Jamur Tiram “. www.blogusahawanjamurtiram.com

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Untung Usada, & Sugiyanto. (2017). IPTEK BAGI MASYARAKAT PETANI JAMUR TIRAM DI KABUPATEN PASURUAN JAWA TIMUR. Prosiding SNasPPM, 2(1), 321–324. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/130