UJI VALIDITAS MEDIA MAGNETIC BOARD PADA KONSEP MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA IX PARENGAN TUBAN

Authors

  • Pipit Eka Marliana Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

media magnetic board, mengenal lambang bilangan, kognitif

Abstract

Tujuanapenelitianainiaadalahauntukamengetahuiauji validasi ahliamediaaterhadapamedia magnetic board yang telah dikembangkan. Media magnetic board adalah media yang dibuat untuk mengenal lambang bilangan 1-10 usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita IX Parengan Tuban, dimana kemampuan mengenal lambang bilangan termasuk dalam aspek perkembangan kognitif. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan (R&D). Media magnetic board telah di uji oleh tiga validator ahli media untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kelayakan media. Nilai rata-rata skor kevalidan validator I yaitu 3,23, validator II yaitu 4,30 dan validator III yaitu 5. Dari ketiga skor tersebut diperoleh hasil akhir rata-rata kevalidan media jam warna adalah 4,17 yang masuk ke dalam kategori “sangat layak”. Sedangkan untuk kelayakan media diperoleh nilai prosentase dari validator I yaitu 64,61%, validator II yaitu 86,15% dan validator III yaitu 100% , sehingga diperoleh rata-rata prosentase kelayakan media adalah 83,58% yang masuk ke dalam kategori “sangat layak”. Dariahasilavaliditas diatasadapatadisimpulkanabahwaamedia magnetic board dari segi kevalidan dan kelayakan media adalah “sangat layak” sehingga media magnetic board dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita IX Parengan Tuban.

References

N. Mubarokah, “PAUD: Pengembangan Media Bambu Aroma Berbantuan Kartu Gambar pada Kemampuan Indra Penciuman Anak,” Paudia, vol. 11, no. 1, pp. 408–416, 2022.

I. A. S. Ekayati and H. Henita, “Uji Validitas Media Busy Book Kain Flanel Untuk Pembelajaran Bahasa Anak Usia 3-4 Tahun,” Pros. SNasPPM, vol. 5, no. 2, pp. 180–182, 2021.

A. Azhar, “Media Pembelajaran (Depok: PT Rajagrafindo Persada),” 2014.

D. I. Efendi and I. A. S. Ekayati, “Rekognisi Miskonsepsi Anak Usia Dini Pada Konsep Gizi Untuk Tumbuh Kembang Anak.”

I. A. S. Ekayati and N. L. Rokhmah, “Pengembangan Media Baju Aritmatika Terhadap Kemampuan AritMATIKA PADA ANAK USIA DINI,” GCEJ (Golden Child. Educ. Journal), vol. 2, no. 1, pp. 14–19, 2021.

E. D. Afriyanti and R. D. Permata, “Perancangan Media Pembelajaran Papan Abjad Untuk Menstimulasi Perkembangan BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 680–685, 2021.

A. Taşpolat, F. Özdamli, and E. Soykan, “Programming Language Training With the Flipped Classroom Model,” SAGE Open, vol. 11, no. 2, p. 21582440211021404, 2021.

R. D. Permata, “Pengaruh Permainan Puzzle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Anak Usia 4-5 Tahun,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 5, no. 2, pp. 1–10, 2020.

P. Predikasari and I. S. A. Ekayati, “Desain Media Pembelajaran Untuk Mengenalkan Tekstur Anak Usia Dini,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 667–670, 2021.

D. I. Efendi and E. N. Azizah, “Penerapan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok B di KB Putra Bangsa,” Thufuli J. Ilm. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 14–23, 2020.

D. Fitriani and I. A. S. Ekayati, “Desain Media Pembelajaran Terhadap Pengenalan Macam-Macam Profesi Anak Usia Dini,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 499–502, 2021.

N. Nurmayasari and I. A. S. Ekayati, “Design Pengembangan Media Untuk Mengasah Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia DinI,” Pros. SNasPPM, vol. 6, no. 1, pp. 402–406, 2021.

P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bagian III.” Bandung: Alfabeta. Cv, 2015.

R. P. Rufi’atna and M. Markhamah, “Pengelolaan Pembelajaran Di TK Sabilul Falah Dan Ba Aisyiyah Al-Hidayah Kecamatan Baki.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.

D. Susilowati, S. Sugiyo, and J. Sutarto, “The Effectiveness of Learning Dolanan Song and Traditional Javanese Games on Early Childhood Character Development,” J. Prim. Educ., vol. 10, no. 2, pp. 151–162, 2021.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Eka Marliana, P., & Sandra Ekayati, I. A. (2022). UJI VALIDITAS MEDIA MAGNETIC BOARD PADA KONSEP MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA IX PARENGAN TUBAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 847–851. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1302