PENGARUH PERBANDINGAN KOMPOSISI HASIL TANGKAPAN IKAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE YANG DIDARATKAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PELABUHAN PERIKANAN PANTAI BULU

Authors

  • Ahmad Mualim universitas PGRI Ronggolawe
  • Suwarsih Suwarsih Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Komposisi hasil tangkapan, purse seine

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar dapat membandingkan komposisi dari ikan khasil tangkapan dengan purse seine yang ukuran kapalnya 11-20 GT dan 21 -30 GT. Penelitian ini di mulai pada bulan Mei - Juni 2022 di UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Bulu. Metode penelitian ini yaitu: survey,wawancara partisipasi aktif dan analisis data menggunakan ms excel. Selanjutnya data dianalisa menggunakan analisis data koparatif dan analisis indipenden T test. Berdasarkan komposisi ikan hasil tangkapannya terdapat 19 jenis yang dominan. Kesimpulan data tersebut diketahui bahwa hasil tangkapan menggunakan alat tangkap purse seine adalah ikan pelagis (ikan tembang dengan persentase 51 %, teri dengan persentase 7%, layang dengan persentase 6%, selar kuning  dengan persentase 4%, selar bentong dengan persentase 4%, tetengkek dengan persentase 4 %, tongkol dengan persentase 4%, cumi-cumi  dengan persentase 4%, peperek bondolan dengan persentase 3%, kembung dengan persentase 3%, semar dengan persentase 1%, tenggri dengan persentase 1%, alu-alu, bawal hitam, golok-golok, japuh, lemadang manyung/Jahan.) dengan menggunakan ukuran 11–20 GT, sedangkan 21 – 30 GT (ikan Tembang dengan persentase 34%, Layang dengan persentase 27%, Tongkol dengan persentase 8%, Layur dengan persentase 7%, Kembung dengan persentase 4%, Selar Kuning dengan persentase 4%, Cumi–cumi dengan persentase 4%, Selar Bentong dengan persentase 3%, Semar dengan persentase 2%, Peperek Bondolan dengan persentase 2%, Teri dengan persentase 2%, Tenggri dengan persentase 1%, Tetengkek dengan persentase 1%, Alu-alu dengan dengan persentase 1%, Bawal hitam, Golok-golok, Japuh, Lemadang, Manyung/Jahan). Saran untuk mendapatkan hasil tangkapan ikan pelagis kecil  lebih efisien menggunakan kapal purse seine 11–20 GT.

References

A. Suman, H. E. Irianto, F. Satria, and K. Amri, “Potensi dan tingkat pemanfaatan sumber daya ikan di wilayah pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia (WPP NRI) Tahun 2015 serta Opsi Pengelolaannya,” J. Kebijak. Perikan. Indones., vol. 8, no. 2, pp. 97–100, 2017.

R. Kurniawan, “Pemetaan Potensi Desa Pesisir Boncong Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban Propinsi Jawa Timur.” Universitas Brawijaya, 2013.

A. Suman and F. Satria, “Strategi pengelolaan sumber daya udang laut dalam secara berkelanjutan di Indonesia,” J. Kebijak. Perikan. Indones., vol. 5, no. 1, pp. 47–55, 2013.

S. D. I. Di Wppnri, “5. Potensi, Kelimpahan Stok, Dan Tingkat Eksploitasi,” Potensi Sumber Daya Kelaut. Dan Perikan. WPPNRI 713, p. 53, 2014.

M. N. dan M. A. Y. Alfa F.P. Nelwan*, Sudirman, “Produktivitas Penangkapan Ikan Pelagis di Perairan Kabupaten Sinjai pada Musim Peralihan Barat-Timur,” J. Fish. Sci., vol. 17, no. 1, pp. 18–26, 2015.

L. Rita, “Tingkat Pemanfaatan Ikan Layang (Decapterus Spp) Berdasarkan Hasil Tangkapan Pukat Cincin di Perairan Timur Sulawesi Tenggara.”

R. S. Mardiah, S. Y. Roza, P. P. Kelana, R. Y. F. Hutapea, and M. Afrizal, “Analisis Komposisi Hasil Tangkapan Purse Seine Di Daerah Penangkapan Ikan Sibolga,” J. Bahari Papadak, vol. 1, no. 2, pp. 100–104, 2020.

S. Safruddin and M. Zainuddin, “Prediksi Daerah Potensial Penangkapan Ikan Pelagis Besar di Daerah Kabupaten Mamuju,” J. IPTEKS Pemanfaat. Sumberd. Perikan., vol. 1, no. 2, 2014.

H. O. Damayanti, “Produktivitas Perikanan Tangkap Jaring Purse Seine,” J. Litbang Media Inf. Penelitian, Pengemb. dan IPTEK, vol. 16, no. 1, pp. 29–46, 2020.

R. Cahyadi, “Nelayan dan Pertarungan terhadap Sumber Daya Laut,” J. Kependud. Indones., vol. 7, no. 2, pp. 127–144, 2016.

L. Yustitianingtyas, “Pengamanan dan Penengakan Hukum di Perairan Indonesia sebagai Konsekuensi Penetapan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI),” Pandecta Res. Law J., vol. 10, no. 2, pp. 143–152, 2015.

D. A. N. N. Dewi and I. A. Husni, “Komposisi Hasil Tangkapan Dan Laju Tangkap (CPUE) Usaha Penangkapan Purse Seine Di Pelabuhan Perikanan Nusantara (Ppn) Pekalongan, Jawa Tengah,” JFMR (Journal Fish. Mar. Res., vol. 2, no. 2, pp. 68–74, 2018.

R. Utami, “Peran Humas Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia,” 2020.

W. Murdaningsih, “Komposisi Hasil Tangkapan Purse Seine Di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan Dan Perikanan (P2SKP) Bulu Kabupaten Tuban Provinsi Jawa Timur.” Universitas Brawijaya, 2017.

M. Mirnawati, “Studi Tentang Komposisi Jenis Hasil Tangkapan Purse Seine Berdasarkan Lokasi Penangkapan Di Perairan Tanah Beru Kecamatan Bonto Bahari Kabupaten Bulukumba.” Universitas Hasanuddin, 2019.

F. K. Aliyubi, H. Boesono, and I. Setiyanto, “Analisis perbedaan hasil tangkapan berdasarkan warna lampu pada alat tangkap bagan apung dan bagan tancap di perairan muncar, kabupaten banyuwangi,” J. Fish. Resour. Util. Manag. Technol., vol. 4, no. 2, pp. 93–101, 2015.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Mualim, A., & Suwarsih, S. (2022). PENGARUH PERBANDINGAN KOMPOSISI HASIL TANGKAPAN IKAN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE YANG DIDARATKAN DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PELABUHAN PERIKANAN PANTAI BULU. Prosiding SNasPPM, 7(1), 852–856. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1304