IDENTIFIKASI TELUR CACING PARASIT PADA SAYURAN SELADA (Lactuca sativa) YANG DIJUAL DI PASAR BLIMBING KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN

Authors

  • Ummu Rosyidah Universitas PGRI Ronggolawe
  • Annisa Rahmawati Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

telur cacing parasit, selada

Abstract

Konferensi pangan sedunia pada tahun 1992 di Roma telah merubah “Nutrition Guide For Balanced Diet” dari “Basic Four” untuk semua negara terutama negara dengan status berkembang. Salah satu konsep penting “Nutrition Guide For Balanced Diet” adalah memakan sayuran seperti sayuran selada (Lactuca sativa) yang mengandung vitamin A  dan E, zat besi, potasium, antioksidan, folat mineral dan karoten. Sayuran selada ini menjadi sayuran yang di gemari untuk dikonsumsi secara mentah maupun diolah. Namun morfologi daun sayuran selada yang berlekuk-lekuk dan berkontak langsung dengan tanah dikhawatirkan dapat meningkatkan penularan telur dan larva cacing parasit apabila tertelan oleh manusia.Pengamatan bertujuan mengidentifikasi telur cacing parasit pada sayuran selada (Lactuca sativa) yang dijual di Pasar Blimbing Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Pengamatan merupakan deskriptif kualitatif. Metode pada pengamatan adalah sedimentasi. Kemudian diamati di bawah mikroskop. Hasil pengamatan menunjukkan adanya telur cacing pada 4 sampel sayuran selada dan 1 sampel negatif. Jenis telur cacing parasit diantaranya Ascaris lumbricoides, Trichuris trichiura dan Hookworm.

References

Laraswati, T. D. 2017. Masalah Gizi dan Peran Gizi Seimbang. Agrotech, vol 2

Dharmadewi, A. M. 2020. Analisis Kandungan Klorofil pada Beberapa Jenis Sayuran Hijau Sebagai Alternatif Bahan Dasar Food Suplement. Jurnal edukasi matematika dan sains

Rosita, M. D. 2020. Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sayuran selada (Lactuca sativa) Pada Berbagai Dosis Pupuk Kandang Ayam. e-j. Agrotekbis 8 (3) , 580-578.

Utami, P. E. 2021. Analisis Usaha Budidaya Tanaman Sayuran Selada Kepala Secara Konvensional: Studi Kasus di Gapoktan Lembang Agri. Media Agribisnis .

Romalasari, A., & Sobari, E. 2019. Produksi Sayuran Selada (Lactuca sativa) Menggunakan Sistem Hidroponik dengan Perbedaan Sumber Nutrisi. Jurnal Of Applied Agricultural Sciences , Vol.3. No. 1. Hal 36-41.

Nitaselly, R., Joseph, & Rimper., J. R. 2015. keberadaan Cemaran Telur Usus pada Sayuran Kemangi (Ocium basilicum) dan Kol (Brassica oleracea) sebagai Menu Pada Ayam Lalapan Di Warung Maakan Jalan Piere Tendean Kota Manado Tahun 2015. Jurnal Kesehatan .

Ramadhani, S. N. 2015. Komunitas Soil Transmitted Helminths (STH) pada Sayuran selada Keriting (Lactuca sativa L) dari Pasar Tradisional, Pasar Swalayan dan Warung Makan di Kota Tanggerang Selatan. Skripsi.

Merselly, F., Hanina.,& Iskandar, M. M. 2021. Identifikasi Telur Soil Transmitted Helminths pada Sayuran Kubis, Kemangi dan Sayuran selada Di Pasar Tradisional dan Pasar Modern Dikota Jambi. Medic, Vol. 4. No. 1. Hal 131-139.

Satria, A., & Yulfi, H. 2021. Gambaran Pencemaran Sayuran Organik Oleh Soil Transmitted Helminths (STH). Jurnal Ilmiah Kohesi, Vol. 5 No. 2 .

Indriyani, Y. 2020. Identifikasi Soil Transmitted Helminth (STH) Pada Sayuran selada dan Kubis dari Perkebunan dan Pasar Ciwidey Bandung Selatan, Jawa Barat.Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah .

Indriani, D. N. 2020. Deteksi Kontaminasi Soil Transmitted Helminth (STH) pada Kubis yang Dijual di Pasar Megaluh. Karya Ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika. Jombang.

Mutiara, H. 2015. Identifikasi Kontaminasi Telur Soil Transmitted Helminths pada Makanan Berbahan Sayuran Mentah yang Dijajakan Kantin Sekitar Kampus Universitas Lampung Bandar Lampung. Jurnal Kedokteran Unila.

RI, Depkes. 2010. Kumpulan Modul Kursus Hygiene Sanitasi Makanan & Minuman. Jakarta: Depkes RI.

Munasari, A. 2019. Identifikasi Kontaminasi Telur Nematoda Sth (Soil Trasmitted Helminths) pada Sayuran Kangkung (Ipomoea Aquatica) dan Sayuran Kemangi (Ocimum basilicum L) di PasarKrian Sidoarjo. Karya Ilmiah. Stikes Rumah Sakit Anwar Medika Jombang.

Natadisastra., Djaenuddin., & Agoes, R. 2009. Parasitologi Kedokteran. Jakarta. Penerbit: EGC

Irianto, K. 2009. Parasitologi Berbagai Penyakit yang Mempengaruhi Kesehatan Manusia. Bandung. Penerbit: CV Yrama widya.

Soedarto. 2011. Buku Ajar Parasitologi Kedokteran. Jakarta. Penerbit: Sagung Seto.

Tri-Widyaningsih, N. K., Yuliana, E.D., & Suardana, A.A. 2019. Kontaminasi Soil Transmitted Helminths Pada Helaian Daun Dan Cara Pencucian Sayuran Kubis Di Pasar Tradisional Kabupaten Tabanan. Vol. 1 No.1

Putri, A. A. 2021. Perbandingan Kejadian Kontaminasi Soil Transmitted Helminthes Pada Sawi Hijau (Brassica juncea L) Yang Di Jual Di Pasar Modern Dan Pasar Tradisional Di Kota Medan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Asihka, V. N. (2014). Distribusi Frekuensi Soil Transmitted Helminth pada Sayuran Selada (Lactuca sativa) yang Dijual di Pasar Tradisional dan Pasar Modern di Kota Padang. Jurnal Kesehatan Andalan, Vol. 3(3).

Natadisastra, Djaenuddin, & Agoes, R. 2009. Parasitologi Kedokteran : ditinjau dari organ tubuh yang diserang. Jakarta. Penerbit: EGC. Hal. 72.

Additional Files

Published

2022-11-03

How to Cite

Rosyidah, U., & Rahmawati, A. (2022). IDENTIFIKASI TELUR CACING PARASIT PADA SAYURAN SELADA (Lactuca sativa) YANG DIJUAL DI PASAR BLIMBING KECAMATAN PACIRAN KABUPATEN LAMONGAN. Prosiding SNasPPM, 7(1), 1112–1116. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1305