PEMBINAAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA GURU-GURU MI SEMPU

Authors

  • Rachmaniah Mirza Hariastuti Universitas PGRI Banyuwangi

Keywords:

Kemampuan Literasi Matematika, Guru Matematika, Olimpiade

Abstract

Secara umum kondisi pendidikan yang masih belum dapat dinikmati secara merata menimbulkan berbagai kajian dari sisi yang berbeda. Dunia pendidikan masih banyak menyorot peran guru sebagai tonggak utama dalam kemajuan pendidikan. Di lain pihak sumber daya manusia guru juga masih banyak yang terbatas. Keberadaan guru yang tidak sesuai dengan dasar pendidikannya membuat guru sendiri juga kesulitan dalam menyampaikan dan memahamkan materi pada siswa. Hal ini tidak dapat begitu saja diputuskan untuk mengganti posisi guru karena belum tentu ada guru lain yang sesuai sebagai penggantinya. Salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kemampuan guru yang memiliki peminatan terhadap bidang matematika. Pelatihan pembelajaran dengan memfokuskan pada konsep dasar materi dan penyelesaian soal-soal diharapkan mampu memberikan pengetahuan lebih pada guru sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa nya. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan terstruktur dan berkala. Sasaran kegiatan adalah guru matematika dalam lingkup Kelompok Kerja Guru (KKG) MI Kecamatan Sempu, Banyuwangi. Target kegiatan jangka pendek adalah peningkatan kemampuan guru dalam memahami, menyelesaikan, dan mengajarkan soal-soal olimpiade matematika pada siswanya. Target jangka panjang adalah pelaksanaan olimpiade matematika bersama yang soal-soalnya dibuat sendiri oleh anggota KKG. Kegiatan dilaksanakan selama 3 bulan dan baru memberikan hasil 75% dari target jangka pendek.

References

Arniato & Dewi, Asmi Yuriana. 2010. Kemampuan Pemecahan Masalah Matemat-ika (Online). Padang. UNP.), http://rian.hilman.web.id/?p=52. Diakses tang-gal 8 September 2017.
Johar, Rahmah. 2012. Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika, Jurnal Pelu-ang Vol 1., No. 1 (Online), http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/download/1296/1183, di-akses 10 September 2017.
Wardono. 2013. Peningkatan Literasi Matematika Melalui Pembelajaran Inivatif Berpenilaan Programme For International Student Assessment. Prosiding Seminar Nasional Evaluasi Pendidikan. Semarang:UNNES

Additional Files

Published

2017-09-23

How to Cite

Rachmaniah Mirza Hariastuti. (2017). PEMBINAAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA GURU-GURU MI SEMPU. Prosiding SNasPPM, 2(1), 325–330. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/131