TINGKAT VALIDITAS BUTARTUN (BUKU PINTAR BERPANTUN) BAGI SISWA KELAS V SD
Keywords:
validitas, BUTARTUN (buku pintar berpantun)Abstract
Pada penelitian adalah mengembangkan BUTARTUN (Buku Pintar Berpantun). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan di mana peneliti mengembangkan sebuah produk buku yaitu BUTARTUN untuk siswa kelas V SD. BUTARTUN adalah salah satu media visual berbentuk buku yang disusun untuk mempermudah siswa dalam membuat pantun dengan desain yang menarik dan bahasa yang mudah dipahami sehingga dapat menumbuhkan minat belajar siswa. Dengan adanya pembelajaran tematik membuat pembelajaran hanya berfokus pada tema-tema yang dekat dengan kehidupan siswa tidak ada buku khusus yang menguraikan materi tentang pantun. Tujuan khusus dari penelitian ini salah satunya adalah, mendeskripsikan tingkat validitas atau kelayakan dari BUTARTUN yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian dari validator. Validitas BUTARTUN dilihat skor yang diberikan oleh validator. Ahli bahasa, ahli desain, dan ahli materi menjadi valodator pada penelitian ini. Adapun metode yang digunakan dalam peneitian adalah penelitian pengembangan, dengan demikian instrumen yang digunakan adalah lembar validasi yang dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Validitas yang didapatkan dari ahli bahasa sebesar 80% dengan kriteria layak, dari hasil dari ahli desain sebesar 84% dengan kriteria sangat layak, dan penilaian dari ahli materi sebesar 95% dengan kriteria sangat layak. Adapun hasil validasi dari ketiga ahli tersebut menunjukkan hasil presentase tingkat kelayakan BUTARTUN sebesar 85% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut maka BUTARTUN memiliki tingkat validitas sangat layak sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran terhadap kelas V SD.
References
Marita, R. (2019). Peningkatan Ketrampilan Menulis Teks Pantun Melalui Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas III Di SD Negeri 006 Rambah Kabupaten Rokan Hulu, IV. Jurnal Pendidikan Rokania. 4(3), 431-441. (online) Diakses 12 November 2019 Dari https://www.e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/257
Taringan, H.G. 2018. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Pujiastuti, A. U. (2021). Validitas Modul Berbasis Kearifan Lokal Kabupaten Tuban Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA. 7(1), 82-99.(Online) Diakses 31 Juli 2022 Dari https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pgsd/article/view/15855.
Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(1), 20-29. (Online) Diakses 31 Juli 2022 Dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/viewFile/10126/6451.
Suastika, I. K., & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 4(2), 60. (Online) Diakses 31 Juli 2022 Dari https://core.ac.uk/download/pdf/300026131.pdf.
Ariffuddin, M. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Pada Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi. Fakultas keguruan dan ilmu pengetahuan. Universitas PGRI Ronggolawe. Tuban
Oktaviana, D., Hartini, S. , & Misbah. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala IlmIah Pendidikan Fisika, 5: 272-285. (online) Diakses 31 Juli 2022 Dari https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/3894/pdf.
Anwar., Mohammad, N.F., Ruminiati, S. 2017. Pengembanagn Modul Pembelajaran Tematik Terpadu Berbais Kearifan Lokal Kabupaten Sumenep Kelas IV Sub Tema Lingkungan tempat Tinggalku. Jurnal Pendidikan Teori Penelitian dan Pengembangan, 10: 1291-1297. (Online) Diakses 31 Juli 2022 Dari http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10059/4793.
Marita, R. (2019). Peningkatan Ketrampilan Menulis Teks Pantun Melalui Teknik Mind Mapping Pada Siswa Kelas III Di SD Negeri 006 Rambah Kabupaten Rokan Hulu, IV. Jurnal Pendidikan Rokania. 4(3), 431-441. (online) Diakses 12 November 2019 Dari https://www.e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/jpr/article/view/257
Azizah, A. (2015). Inovasi Pembelajaran Menulis Cerita dengan Memanfaatkan Model Bersafari bagi Peserta Didik Sekolah Dasar. Publikasi Ilmiah. (online) Diakses 19 Desember 2015 Dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/6359
Fajri, K., & Taufiqurrahman. (2017). Pengembangan Buku Ajar Menggunakan Model 4d Dalam Peningkatan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JPII. 2(1), 1–15. (online) Diakses 31 Agustus 2022 Dari https://ojs.pps-ibrahimy.ac.id/index.php/jpii/article/view/56
Lela, N. N. (2021). PENGEMBANGAN BUKU PINTAR BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS V SD NEGERI 02 CISAMPIH LEBAK–BANTEN. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1627-1642. (online) Diakses 06 Desember 2021 Dari https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/8352
Oktaviani, N.R. (2017). Penggunaan Media Kartu Sampiran dan Isi (Kasamsi) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun dalam Subtema Memelihara Ekosistem Siswa Kelas V SD. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 5(1), 1-16. (online) Diakses 13 Mei 2022 Dari https://www.jurnalpendidikan.unisla.ac.id/index.php/reforma/article/view/24.
Susilowati, E. (2020). Buku Pintar untuk Peningkatan Prestasi Belajar Menulis Teks Persuasif Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 1 Wonomerto. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik. 1(1), 17-27. (online) Diakses 20 September 2020 Dari https://ahlimedia.com/jurnal/index.php/jira/article/view/20/14.