PENGARUH PRIVASI, KEAMANAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIAPLIKASI TOKOPEDIA
STUDI KASUS MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI
Keywords:
privasi, keamanan, kepercayaan, keputusan pembelianAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh privasi, keamanan dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian di aplikasi tokopedia ( studi mahasiswa prodi pendidikan ekonomi unirow tuban). Data yang diolah merupakan hasil dari penyebaran kusioner kepada 55 responden mahasiswa prodi PE Unirow Tuban. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria terntentu. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, uji hipotesis terdiri dari regresi linier berganda, uji T, uji F dan koefisien determinasi (). Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator bersifat valid dan reliabel. Pada uji asumsi klasik data berdistribusi normal, tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Pada regresi linier berganda menunjukkan hubungan linier variabel. Pada hasil uji T menjelaskan bahwa X1 sebesar (2,546) > 2,008 dengan nilai signifikan 0,014 < 0,05 maka H0 ditolak. X2 sebesar(2,627) > 2,008 dengan nilai signifikan 0,011 < 0,05 maka H0 ditolak.. X3 sebesar(4,027) > 2,008 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak. Kemudian pada hasil uji F secara simultan variabel X berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y dengan nilai sebesar(19,297) > 2,78 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,0. Hasil uji koefisisen determinasi menunjukkan besarnya pengaruh variabel X ke Y sebesar 53,2%.
References
Z. A. Mohammed and G. P. Tejay, “Examining privacy concerns and ecommerce adoption in developing countries: The impact of culture in shaping individuals’ perceptions toward technology,” Comput. Secur., vol. 67, pp. 254–265, 2017.
CNBC Indonesia, “Cerita Lengkap Bocornya 91 Juta Data Akun Tokopedia,” cnbcindonesia.com, 2020. .
Martin, “Mobile Retail: Almost Half European Shoppers Use Smartphones for Impulse Buys,” ibtimes.co.id, 2014. .
A. Aggarwal and M. Rahul, “The effect of perceived security on consumer purchase intensions in electronic commerce,” Int. J. Public Sect. Perform. Manag., vol. 4, no. 1, 2018.
P. Kanthawongs, P. Kanthawongs, and F. A. Jabutay, “Information Quality, Word of Mouth Intentions, and Trust Towards Customer Satisfaction of Mobile Banking Services of Bank C in Thailand,” J. Bus. Adm., 2015.
I. putu agus eka Pratama, E-Commerce, E-Business dan Mobile Commerce berbasiskan open source. Bandung: Informatika, 2015.
G. Carlina and S. Ekowati, “Pengaruh Kreativitas Dan Inovasi Terhadap Minat Beli Kons umen Bakso O ’ Boss Di Kota Bengkulu,” J. Ilm. Ekon. dan Bisnis, vol. 10, no. 2, pp. 599–608, 2022.
S. Kim and H. Park, “Effects of Various Characteristics of Social Commerce (S-Commerce) on Consumers’ Trust and Trust Performance,” Int. J. Inf. Manage., vol. 33, pp. 318–332, 2013.
G. Baptista and T. Oliveira, “Understanding mobile banking: The unified theory of acceptance and use of technology combined with cultural moderators,” Comput. Human Behav., vol. 50, pp. 418–430, 2015.
Soediro, “Prinsip Keamanan, Privasi, Dan Etika Dalam Undang-Undang Informasi Dan Transaksi Elektronik Dalam Perspektif Hukum Islam. Fakultas Hukum. Universitas Muhammadiyah Purwokerto,” J. Kosmik Huk., vol. 18, no. 2, 2018.
K. C. Laudon and J. P. Laudon, Sistem informasi manajemen : mengelola perusahaan digital. Jakarta: Salemba Empat, 2015.
Sopiah and E. M. Sangadji, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Yogakarta: CV Andi Offset, 2018.
A. Kotler, Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi 12. Jakarta: Erlangga, 2001.
F. B. A. Anandita and S. D. Saputra, “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Akan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial,” J. Ekon. Dan Kewirausahaan, 2015.
A. Al Zu’bi, “E-Banking Functionality and Outcomes of Customer Satisfaction. An Emirical Investigation,” Int. J. Mark. Stud., vol. 3, no. 1, 2011.
Farohi, M. I. (2017). Pengaruh Keamanan, Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Social Networking Site (Studi Pada Buyer Toko Online Lazada. Co. Id Di Kota Semarang). Skripsi, Universitas Negeri Semarang.