PENGEMBANGAN MEDIA “SMART BOOK” UNTUK MENGENALKAN KOSA KATA SEDERHANA BAHASA INGGRIS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK PGRI BINA SISWA
Keywords:
Anak Usia Dini, Kemampuan Bahasa, Media , smart bookAbstract
Media pembelajaran merupakan alat atau benda yang mampu menunjang proses pembelajaran, terutama pada bidang pendidikan. Media pembelajaran mempunyai peranan penting dalam membantu anak usia dini dalam proses pembelajarannya. Media “Smart Book” merupakan media yang digunakan dalam memberi bantuan pengajar untuk memberi informasi atau perkembangan Bahasa, seperti pengenalan anggota tubuh manusia dalam bentuk Bahasa inggris. Dengan adanya media “Smart Book” dapat lebih mudah dipahami oleh peserta didik dari yang pendidik sampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan desain media “Smart Book” di anak 4-5 tahun. Metode yang dipergunakan Borg& Gall jugadipergunakan dalam penelitian ini, dimana subyek penelitiannya peserta didik 4-5 tahun TK PGRI Bina Siswa desa Dawung kecamatan Palang kabupaten Tuban. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan Bahasa khusunya Bahasa Inggris anak 4-5 tahun TK PGRI Bina Siswa masih rendah. Dengan menggunakan media “Smart Book” hasil pembelajarannya dikategorikan baik.
References
I. Sayfi’i and A. F. F. Ilmayanti, “Pengembangan Instrumen Penilaian Pada Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Tari Kelompok B di TK Hasyim Asyari Suarabaya,” Islam. Edkids J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, pp. 44–51, 2021.
P. H. Pebriana, “Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, p. 1, 2017, doi: 10.31004/obsesi.v1i1.26.
W. Trisnawati, T. J. Raharjo, and B. Kisworo, “Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Koronka Bawen Kabupaten Semarang,” Jendela PLS, vol. 6, no. 1, pp. 50–57, 2021, doi: 10.37058/jpls.v6i1.2309.
M. R. Andhika, “Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini,” At-Ta’Dib J. Ilm. Prodi Pendidik. Agama Islam, vol. 13, no. 1, p. 73, 2021, doi: 10.47498/tadib.v13i01.466.
U. Hasanah, “Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, vol. 5, no. 1, pp. 717–733, 2016, doi: 10.21831/jpa.v5i1.12368.
K. Faktor and L. Keluarga, Pengasuh informal di perkotaan.
M. A. Musi and W. Winata, “Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak,” PEMBELAJAR J. Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, vol. 1, no. 2, p. 93, 2017, doi: 10.26858/pembelajar.v1i2.4418.
L. Syaipudin, “Peran Komunikasi Massa Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung),” Kalijaga J. Commun., vol. 2, no. 1, pp. 14–34, 2020.
I. K. Sukendra, S. Pd, M. Si, and M. Pd, MICRO TEACHING.
I. Nurjaman, T. Rachmi, and A. -, “Persepsi Orang Tua Terhadap Pemerolehan Bahasa Inggris Anak Usia Dini,” Early Child. J. Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 82–90, 2020, doi: 10.35568/earlychildhood.v3i2.528.
T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., vol. 2, no. 2, p. 103, 2018, doi: 10.32585/jkp.v2i2.113.
T. Nurrita, “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” MISYKAT J. Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarb., vol. 3, no. 1, p. 171, 2018, doi: 10.33511/misykat.v3n1.171.
Nurdyansyah and E. F. Fahyuni, Inovasi Model. 2016.
A. Kurniati, “Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 4, no. 1, pp. 43–58, 2018, doi: 10.24256/jpmipa.v4i1.251.
K. A. Imania and S. K. Bariah, “Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring,” J. Petik, vol. 5, no. 1, pp. 31–47, 2019, doi: 10.31980/jpetik.v5i1.445.
Rusefrinaria, “Peningkatan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Melalui Permainan Tebak Suara Dengan Kartu Gambar Binatang Di PAUD Palapa I Kecamatan Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman,” J. Pesona PAUD, vol. I, no. 1, pp. 1–12, 2003.