PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI NUMERASI PADA MATERI PECAHAN KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Mohammad Soheb Universitas PGRI Ronggolawe
  • Ifa Seftia Rakhma Widiyanti Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

e-modul, literasi numerasi, materi pecahan

Abstract

Kemampuan literasi numerasi merupakan pengetahuan yang harus dikuasai siswa. Berdasarkan data dari PISA dan TIMSS, kemampuan literasi numerasi siswa di Indonesia masih rendah. Bahan ajar berbasis literasi numerasi masih belum tersedia. Kebanyakan pendidik masih menggunakan bahan ajar terbitan Kemendikbud. Maka dari itu dibutuhkan bahan ajar yang kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan E-Modul berbasis literasi numerasi pada materi pecahan kelas III sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD. Instrumen pengumpulan data berupa wawancara, lembar validasi, angket respon siswa dan guru, serta lembar tes siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah produk yang dikembangkan pada tahap validasi materi mendapat hasil 94% dan dinyatakan sangat valid. Validasi bahasa mendapat hasil persentase sebesar 77,14% dan dinyatakan valid. Validasi media mendapat hasil persentase sebesar 90% dan dinyatakan sangat valid. Hasil uji keefektifan dari e-modul ini mendapat hasil 84,28% dan dinyatakan sangat efektif. Sedangkan uji kepraktisan dari pengguna (guru) mendapat hasil persentase sebesar 95,55% dan dinyatakan sangat praktis dan uji kepraktisan peserta didik mendapatkan nilai sebesar 91,26% dan dinyatakan sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan telah valid, efektif, dan praktis untuk digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah.

References

N. Ayuningtyas and D. Sukriyah, "Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru," Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, vol. 9, no. 02, pp. 237-247, 2020.

N. K. K. Widiantari, I. N. Suparta, and Sariyasa, "Meningkatkan literasi numerasi dan pendidikan karakter dengan e-modul bermuatan etnomatematika," Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, vol. 10, no. 2, pp. 331-343, 2022.

Kemendikbudristek, Dirjen PAUD, Pendidikan Dasar, and Pendidikan Menengah, Direktorat Sekolah Dasar, Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar, Jakarta: Kemendikbudristek, 2021.

E. Setyawati, “Pengembangan bahan ajar modul berbasis literasi bahasa dan numerasi dikelas IV SD.” UIN Raden Intan Lampung, 2022.

A. Susanto, Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, 4th ed. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.

Subanar, Solikhatun, and N. Susyanto, Senarai Penelitian Seminar Nasional Matematika Ke-11 Universitas Gadjah Mada "Peran Matematika dalam Permodelan Risiko Keuangan Yogyakarta, 22 September 2019", Yogyakrta: Deepublish, 2020.

Kemendikbud, Dirjen Pendidikan Dasar and Menengah, Panduan Praktis Penyusunan E-Modul, Jakarta: Kemendikbud, 2017.

N. Najuah, P. S. Lukitoyo, and W. Wirianti, Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

M. A. Zakariah, V. Afriani, and M. Zakariah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R&D), Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah, 2020.

U. L. Furi, and Mustaji, "Pengembangan media video mata pelajaran komposisi foto digital bagi siswa kelas XI multimedia di sekolah menengah kejuruan," Kwangsan Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 5, no. 2, pp. 91-100, 2017.

A. Hidayat and I. Irawan, "Pengembangan LKS berbasis RME dengan pendekatan problem solving untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa," Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 2, pp. 51-63, 2017.

N. Sugihartini, N. L. Jayanta, N. P. D. S. Dartini, "E-Modul mata kuliah asesmen dan evaluasi berbasis CAI (Computer Assisted Instruction)," Seminar Nasional Riset Inovatif, pp. 824-830, 18 November, 2017.

Y. N. Putri, N. L. S. Nuraini, and E. Adhianto, "Pengembangan e-modul menggunakan software flip PDF professional materi pecahan kelas V sekolah dasar," Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, vol. 1, no. 9, pp. 746-753, 2021.

S. A. Rahman, "Pengembangan e-modul matematika dengan menggunakan software flip PDF professional pada materi bentuk aljabar," UIN Sultan Syarif Kasim, 2021.

Tim GLN Kemendikbud, Panduan Gerakan Literasi Nasional, Jakarta: Kemendibud, 2017.

Additional Files

Published

2022-10-31

How to Cite

Mohammad Soheb, & Ifa Seftia Rakhma Widiyanti. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LITERASI NUMERASI PADA MATERI PECAHAN KELAS III SEKOLAH DASAR. Prosiding SNasPPM, 7(1), 373–380. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM/article/view/1327